Pantai Depok Jogja, Piknik Asik Sambil Wisata Kuliner

Pantai Depok Yogyakarta memang terkenal dengan keindahan pantainya dan juga wisata kuliner yang menyajikan aneka olahan menu seafood yang menggoda lidah. Bagi Anda yang sedang berada di Jogja, tak ada salahnya mencicipi menu makanan di pantai ini sambil rekreasi bersama keluarga tercinta.

pantai depok jogja
Pantai Depok – Dok.pribadi

Semua sajian menu makanan ikan laut disini diolah dari ikan segar yang diambil langsung dari para nelayan setempat. Jadi, bagi Anda yang ingin mencicipi menu seafood di pantai ini tentunya tidak akan mencium bau apek/tidak enak dari menu ikan disini.

Mau tau seperti apa Pantai Depok Jogja ini, Tempat Asik akan membahas lengkap di artikel ini.

Lokasi

spot foto di pantai depok jogja
Spot foto di tepian pantai – Dok.pribadi

Lokasi Pantai Depok ini berada di sebelah baratnya Pantai Parangtritis (berjarak sekitar 1,5 km) dan Pantai Parangkusumo. Dari pusat kota Jogja berjarak sekitar 40 kilometer ke arah selatan. Tepatnya berada di Jl. Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok, Bantul, Yogyakarta.

Rute Perjalanan

Rute menuju Pantai Depok dari kota Jogja searah dengan rute menuju Pantai Parangtritis, jadi anda bisa sekaligus berwisata ke beberapa tempat wisata.

rute menuju pantai depok
Rute ke pantai cukup mudah – dok.pribadi

Dari kota Jogja menuju selatan melalui Jl. Parangtritis, ikuti jalan utama. Sebelum masuk TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) Pantai Parangtritis belok ke kanan menuju TPR Pantai Depok. Perjalanan dari kota Jogja sekitar 1 – 1,5 jam tergantung kecepatan laju kendaraan.

Ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi, selain nyaman Anda bisa tenang jika ingin berpindah ke lokasi wisata lainnya.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Depok ini bisa dibilang cukup murah dan terjangkau, cukup membayar biaya retribusi Rp 5.000,-/orang sudah bisa menikmati wisata pantai dan bermain air dan pasir di tepian. Pantai ini buka setiap hari 24 jam, bagi Anda yang ingin berlibur ke pantai ini bisa datang sewaktu-waktu.

tiket masuk pantai depok
Harga tiket masuk pantai cukup murah – dok.pribadi

Untuk tarif parkir kendaraannya sebagai berikut :

  • Sepeda motor Rp 3.000,-/unit.
  • Mobil Rp 7.000,-/unit.
  • Minibus Rp 10.000,-/unit.
  • Bus Rp 15.000,-/unit.
tarif parkir di pantai depok
Tarif parkir di lokasi pantai – dok.pribadi

Piknik Asik di Pantai Depok

Selain menjadi tempat rekreasi terkenal di kota Jogja, kawasan pantai ini juga menjadi pusat wisata kuliner menu ikan laut segar. Tak heran jika setiap musim liburan dan akhir pekan pantai ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang memang sengaja ingin berlibur sambil menikmati menu seafood yang segar.

BACA JUGA:  Watu Goyang Dlingo Dengan Keindahan Sunset di Atas Bukit
spot unik di pantai depok
Spot unik di kawasan pantai – dok.pribadi

Saat pertama masuk lokasi parkir kendaraan, Anda akan dihampiri oleh ibu-ibu yang merupakan pengantar pengunjung jika berminat ingin membeli ikan segar lalu dimasak di warung-warung terdekat.

Jika Anda belum lapar dan belum berminat membeli ikan, bisa langsung menuju pantai untuk menikmati pemandangan pantai berpasir hitam dengan ombak yang cukup besar. Ombak disini memang lebih besar daripada ombak di Pantai Kukup Gunungkidul.

Anda cukup bermain air dan pasir di tepi pantai saja, karena pengunjung disini dilarang mandi karena cukup berbahaya. Bagi pengunjung yang membawa putra-putri kesayangan, harus selalu mengawasinya saat bermain di pantai.

spot di pantai depok
Spot foto yang unik di sekitar pantai – dok.pribadi

Selain itu, Anda bisa berfoto di spot foto yang tersedia di tepian pantai ini. Untuk bisa berfoto di spot disini Anda hanya perlu membayar Rp 3.000,- (1 orang), Rp 5.000,- (2 orang) dan rame-rame Rp 5.000,-. Spot disini sebenarnya hampir sama dengan spot yang ada di Waduk Sermo ataupun di Mangrove Kulon Progo, hanya saja spot disini menjadi salah satu fasilitas pelengkap lokasi wisata.

Bagi Anda berjiwa petualang, disini ada fasilitas ATV dengan biaya sewa yang terjangkau untuk berputar-putar menyusuri hamparan pasir pantai yang luas bersama teman Anda.

fasilitas pantai depok
Fasilitas bagi para pengunjung – dok.pribadi

Ingin mengabadikan kenangan di pantai ini dengan berfoto? Disini ada penyedia jasa cetak foto alami dengan tarif Rp 5.000 (ukuran 5R) dan Rp 10.000 (ukuran 10R) untuk satu gambar/foto.

Bagi Anda yang datang kesini hanya sekedar menikmati pemandangan pantai bisa memanfaatkan fasilitas sewa payung dan tikar di tepian pantai dengan harga cukup murah. Lebih seru lagi jika Anda sekaligus menikmati es kelapa muda yang segar disaat cuaca cerah.

lokasi pantai depok
Lokasi pantai wisata dilengkapi sewa tikar – dok.pribadi

Jika putra-putri Anda ingin bermain mobil-mobilan mini, disini ada penyewaan dengan harga Rp 10.000,-/anak yang berada di halaman depan.

BACA JUGA:  Pantai Kuta Bali, Pantai Favorit di Pulau Dewata

Wisata Kuliner Pantai Depok

Jika Anda sudah puas bermain di tepian pantai dan perut sudah mulai lapar, Anda bisa langsung mampir ke warung makan terdekat untuk menikmati olahan menu ikan laut. Jika Anda menginginkan olahan ikan dari tangkapan nelayan langsung, bisa menuju kapal nelayan yang baru mendarat untuk membeli ikan tersebut.

jenis ikan di pantai depok
Jenis ikan di Pantai Depok – dok.pribadi

Anda bisa membelinya dengan harga terjangkau dan lebih murah. Ada berbagai macam jenis ikan laut berukuran kecil hingga besar. Tim tempat asik membeli ikan yang sudah ditimbang nelayan di lokasi dengan harga sekitar Rp 60.000,- dengan berbagai macam jenis ikan, ada belut laut, cakalang, tuna dan lainnya

Anda harus pandai memilih jenis ikan yang berduri banyak atau tidak agar lebih mudah menikmatinya jika sudah dimasak. Jika sudah memilih ikannya, Anda bisa langsung membawa ke warung terdekat untuk segera dimasak sesuai selera. Jika sebagian ingin dibawa pulang, Anda bisa memesan di warung untuk digoreng dengan biaya tambahan sesuai banyaknya ikan.

kuliner pantai depok
Menu makanan setelah dinikmati – dok.pribadi

Sambil menikmati hidangan makanan yang lezat, Anda sekaligus bisa melihat pemandangan pantai yang indah karena jajaran warung di tepi pantai ini menghadap ke arah pantai. Suasana disini juga hampir mirip dengan nuansa di Ledok Gebang, bedanya di Ledok Gebang ini bisa menikmati makanan diatas saung diantara kolam pemancingan ikan.

Lokasi pantai ini juga menjadi lokasi untuk menikmati keindahan sunset di sore hari saat cuaca cerah. Bagi Anda yang hanya sekedar menikmati pemandangan sunset ini bisa datang saat siang menjelang sore hari.

Bagi pengunjung yang tidak berkesempatan membeli ikan langsung dari nelayan, bisa menuju lokasi pasar ikan segar yang berada di utara jajaran warung di sisi barat. Disini Anda bisa membeli berbagai macam jenis ikan laut segar yang diambil langsung dari para nelayan.

Ada jenis ikan tuna, kakap, cakalang, tongkol, bandeng, udang, kepiting, kerang, belut laut, kepiting, layur, ikan pari, cumi-cumi dan lainnya. Harga ikan di Pantai Depok cukup terjangkau sesuai dengan harga pasaran, tergantung jenis ikan yang Anda pilih.

BACA JUGA:  Cuma Punya 48 Jam Di Jogja? Jangan Galau, 12 Tempat Wisata Ini Pasti Bisa Kamu Kunjungi

Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh khas pantai seperti peyek ikan, ikan goreng tepung dan lainnya disini tersedia dengan harga cukup murah dan bisa langsung dibawa pulang.

Sejarah

Sejarah Pantai Depok Yogyakarta ini berawal dari perpecahan kerajaan majapahit. Karena hal ini, para prajurit meninggalkan kerajaan dan sampai berada di suatu tempat untuk membangun padepokan. Nama tempat tersebut lalu dinamakan Depok.

Depok ini lalu dipegang oleh Tunggul Wulung yang punya anak angkat bernama Aris Baya. Aris Baya ini yang menjadi pengelola dusun Depok. setelah Tunggul Wulung wafat, terjadi perebutan wilayah. Akhirnya, wilayah terbagi menjadi dua.

sejarah pantai depok
Kapal nelayan setempat – dok.pribadi

Tahun 1947 Kelurahan Sono dan Grogol menjadi Kelurahan Tirtoarjo, Kelurahan tersebut kemudian menjadi Kelurahan Parangtritis dan ramai dikunjungi.

Pantai ini memang sudah menjadi pusat wisata kuliner laut dan pelelangan ikan yang terkenal sejak lama. Konon, di tahun 1997 ada nelayan dari Cilacap menemukan tempat mendarat di sekitar Pantai Depok dan membawa hasil tangkapan ikan yang cukup banyak. Ikan tersebut dijual kepada warga sekitar yang berprofesi sebagai petani.

Karena warga sekitar tertarik, kemudian warga berubah profesi menjadi nelayan lokal (Tekong). Para nelayan mencari ikan dengan kapal bermotor dilengkapi alat penyeimbang disamping kapal agr aman dari deburan ombak. Hasil tangkapan ikan tiap harinya pun lumayan banyak, kecuali saat musim paceklik (bulan Juni – September). Para nelayan juga tidak mencari ikan di hari keramat (Selasa dan Jum’at Kliwon).

pemandangan pantai depok jogja
Pemandangan pantai – Dok.pribadi

Melihat hasil tangkapan ikan cukup memuaskan, lalu dibuka Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) dilengkapi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang dinamai Mina Bahari 45. Tempat ini juga menjadi tempat penyetoran hasil tangkapan ikan segar yang berasal dari pantai-pantai lainnya.

Karena semakin bertambahnya minat pengunjung datang ke pantai ini, lalu dibuka jajaran warung makan bernuansa tradisional dengan sajian menu berbahan dasar ikan laut segar.

Fasilitas di pantai depok

Fasilitas di kawasan pantai ini sudah cukup lengkap dan memadai. Ada toilet/kamar mandi umum, area parkir yang luas, banyak warung makan, kios oleh-oleh, penjual makanan khas pantai, spot foto, sewa tikar & payung, kolam renang anak dengan tarif Rp 5.000,-/anak, mushola, dan pasar ikan segar.

fasilitas pantai depok jogja
Fasilitas di pantai – Dok.pribadi

Bagi Anda yang ingin bermalam saat berlibur di pantai ini, di sekitar lokasi wisata juga terdapat banyak hotel atau homestay dengan harga sewa kamar yang terjangkau.

Berminat berlibur ke pantai ini? Jika berencana berlibur ke Pantai Depok Jogja ini, jangan sampai lewatkan untuk menikmati wisata Gumuk Pasir Parangkusumo yang berada di timur pantai ini. Anda bisa bermain sandboarding diatas padang pasir yang unik disini. Ada baiknya datang kesini saat musim panas/tidak hujan.

Selamat berlibur dan selamat mencoba menikmati sajian menu di pantai ini. Salam piknik. 😀