Cobain Tempat Wisata Romantis Jogja ‘ala’ Cinta Dan Rangga Di AADC 2

Siapa disini fans nya Rangga dan Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta? Hayoo ngaku!! Sejak ditayangkan di bioskop seluruh Indonesia April lalu, film ini menjadi sorotan publik guys, gimana ga di sorot, fans film AADC sudah menunggu belasan tahun untuk seri ke – 2 film ini.

Ada satu hal lagi yang nge-hits banget pasca pemutaran film AADC2, kamu sudah tau belum? Yang nge-hits pasca film ini adalah destinasi wisata yang berada di Jogjakarta yang dijadikan lokasi shooting film ini, karena70% lokasi shooting memang dibuat di kota gudeg ini guys, Bahkan sakin nge-hits nya, ada beberapa perusahaan tour dan travel menawarkan pakettour ala AADC2. Nah, buat kamu yang juga pengen ngerasain sensasi tour romantis ala Cinta dan Rangga dalam film AADC2 tapi mau pergi ‘dewean’ alias tanpa travel agent, berikut TempatAsik.Com kasih info nya.

Berikut 12 spot shooting Cinta dan Rangga yang harus kamu jadikan referensi wisata :

1. Makam Raja Mataram, Napak Tilas Sejarah Indonesia Tempoe Doloe

panorama-tourscom
Gerbang Makam Raja – Raja Mataram – Foto via panorama-tours.com

Kotagede Jogja, selain dikenal dengan pengrajin peraknya, Kotagede juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata sejarah Kerajaan Mataram. Salah satu tempat wisata menarik dan dijadikan lokasi shooting oleh Rangga dan Cinta adalah Makam Raja Mataram Panembahan Senopati.

Untuk masuk ke kawasan Makam Raja Mataram ini kamu harus mengenakan busana adat Jawa. Tenang guys, kamu bisa sewa busananya kok di tempat ini. FYI, kamu hanya bisa berkunjung ke tempat ini pada hari Minggu, Senin, Kamis dan Jumat saja, mulai dari jam 08.00 hingga 16.00 wib. Catet yaa!

Makam Raja Mataram ini terletak Desa Jagalan Kotagede Kabupaten Bantul Jogjakarta, untuk menuju ke lokasi ini, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat. Kalau kamu bingung ga tau peta, kamu bisa manfaatin TransJogja. Selain murah, busway nya Jogja ini menyediakantour guide (kondektur)  dan peta gratis yang bisa kamu tanya sepuasnya. Hehe

BACA JUGA:  5 Situs Sejarah Ini Akan Membuat Kamu Pengen Berkunjung Ke Padang Sumatera Barat

2. Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

beritadaerahcoid
Salah satu adegan di Padepokan Bagong – Foto via beritadaerah.co.id

Padepokan milik ayah dari seniman besar Butet Kertaradjasa ini bernama Yayasan Bagong Kussudiardja, nama tersebut diambil dari nama orang tua Butet Kertaradjasa. Semenjak film AADC 2 ditayangkan, padepokan ini kian terkenal loh guys.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja ini terletak di dusun Kembaran, Taman Tirto, Kasihan, Bantul Jogjakarta. Padepokan ini berdiri sejak 2 Oktober 1978 sebagai lembaga pendidikan kesenian non formal yang meliputi tari, karawitan, teater, ketoprak, musik, wayang dan lain sebagainya.

Selain merasakan sensasitour ala Rangga dan Cinta, di tempat ini kamu juga akan mendapatkan wawasan baru tentang kebudayaan dan kesenian yang ada di Indonesia, khususnya Jawa.

3. Warung Bu Ageng, Pendiri Facebook Saja Sudah Kesini, Kamu Kapan?

1
Salah satu sudut warung Bu Ageng -Foto via jonathaniwan.com

Salah satu adegan film AADC 2 ada di warung ini guys, Warung Bu Ageng namanya. Resto ini milik seniman Butet Kertaradjasa dan memiliki menu khas dan spesial. Warung ini terletak di Jalan Tirtodipuran 13 Jogjakarta, lokasinya gak jauh dari alun – alun Jogja guys.

FYI, Warung Bu Ageng buka setiap Selasa hingga Minggu mulai pukul 11.00 – 23.00 wib. Guys, selain AADC 2 yang sempat take shoot disini, Mark Zuckerberg si pendiri facebook juga beberapa waktu lalu mampir kesini loh.

4. Candi Ratu Boko

ranselwisatacom
Romantisme Candi Ratuboko – Foto via ranselwisata.com

Candi Ratu Boko terletak di Bukit Boko sekitar 2 kilometer dari Candi Prambanan ke arah selatan. Candi ini begitu unik karena terletak di perbukitan, dari sini kamu dapat menyaksikan keindahan alam mulai dari gunung merapi, sawah, Candi Prambanan juga Candi Kalasan.

BACA JUGA:  Inilah 10 Surga Wisata Kebanggaan Masyarakat Kabupaten Batubara Sumatera Utara

Candi ini menawarkan suasana romantis pada sore hari, karena dari sini kamu dan pasangan mu bisa menikmati tenggelamnya matahari. Nah guys, jangan lewatkan tempat yang satu ini yaa

5. Sate Klatak Pak Bari, Idola Para Artis

sate-klatak-pak-pong
Tusuk satenya pake jari sepeda – Foto via bello.id

Sate Klathak Pak Bari memang sudah lama dikenal dikalangan wisatawan guys, beberapa artis Ibukota juga menjadikan tempat ini sebagai salah satu wisata kuliner yang wajib di kunjungi.

Konon, asal mula dinamakan sate Klathak dimulai dari kebiasaan Pak Bari yang berjualan buah melinjo sebagai tambahan dari berjualan sate, orang Jogja menyebut buah melinjo sebagai klathakguys. Maka tercetuslah nama sate Klathak.

Uniknya sate daging kambing ini terletak pada tusuknya, boro – boro terbuat dari bambu atau lidi, disini satenya ditusuk dengan jari sepeda guys. Katanya sih supaya daging kambing nya masak secara merata, karena besi bisa menghantarkan panas secara merata. Bener juga sih.

6. Gereja Ayam, Misterius Tapi Romantis

gereja-ayam3
Tampak dari atas – Foto via pegipegi.com

Gereja Ayam terletak di gugusan Bukit Menoreh di Desa Gombong, Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Bangunan misterius ini merupakan tempat dimana Cinta dan Rangga reunian guys.

Konon, Gereja Ayam ini dulunya dipergunakan sebagai tempat untuk berdoa bagi ummat kristiani, selain itu bangunan ini juga dimanfaatkan sebagai tempat rehabilitasi para pecandu narkoba. Namun, tempat ini ditutup pada tahun 2000 lalu karena kehabisan dana. Dan saat ini dibuka kembali untuk wisatawan.

7. Papermoon Puppet Theatre

papermoonpuppetcom
Koleksi di papermoonpuppet.com

Bagi kamu pecinta seni dan juga sastra seperti Cinta dan Rangga, kamu harus mampir ke Papermoon Puppet Theatre. Theatre ini didirikan oleh Maria Tri Sulistyani, seorang ilustrator, penulis dan juga mantan pemain teater. Selain Ria, teater ini juga didirikan oleh Iwan Effendi, seorang perupa.

BACA JUGA:  Ini Dia Hotel Dan Penginapan Murah Meriah Di Brastagi

Saat di Papermoon Puppet Theatre ini, kamu bisa menyaksikan beberapa pagelaran seni rupa yang menarik, disini jugalah Rangga dan Cinta menyaksikan sebuah teater dengan tema “Secangkir Kopi dari Playa”

8. Greenhost Boutique Hotel Prawirotaman, Hotel Berkonsep Alam

agodanet
Salah satu sudut hotel – Foto via agoda.net

Hotel ini merupakan tempat pertama kali Cinta dan Rangga bertemu, hotel ini menjadi hits dikarenakan film Ada Apa Dengan Cinta 2. Kelebihan hotel ini terletak pada eksterior dan interiornya dipenuhi oleh tanaman hijau dan elemen kayu.

Greenhost Boutique Hotel ini terletak di Jalan Prawirotaman II No. 629 Brontokusuman, Jogjakarta. Sekiatar 15 menitan dari Malioboro. Buat kamu yang ‘mupeng’ untuk nyobain asri nya hotel ini, silakan mampir guys.

9. Klinik Kopi, Tempat Asik Untuk Ngopi Dan Belajar Kopi

klinik-kop pegipegicom
Klinik Kopi- Foto via pegipegi.com

Kopi gak sekedar minuman penghilang rasa ngantuk, saat ini kopi sudah menjadi budaya dantrend, khsususnya dikalangan anak muda Buat kamu pecinta kopi, pas lagi di Jogja, jangan lewatkan kedai kopi yang satu ini, Klinik Kopi namanya.

Yah, namanya memang unik, persis seperti konsep yang disajikan. Disini kamu gak Cuma sekedar menikmati kopi doang, kamu juga bisa menambah wawasan perkopian mu disini, karena barista akan menceritakan seluk beluk kopi kepada pelanggannya.

Seperti halnya Cinta dan Rangga, dalam satu adegan mereka menikmati kopi di tempat ini, sambil menimba ilmu dari sang barista. Klinik Kopi terletak di Jalan Kaliurang KM.7,5 Gang Madukoro, Sleman Jogjakarta

Nah guys, itu tadi beberapa lokasi shooting film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang layak kamu jadikan referensi wisata saat berlibur di Jogja. Jogja memang gak ada habisnya kalau diceritain, oleh sebab itulah masarakatnya menyebut kota ini sebagai :

Jogja Never Ending Asia