5 Situs Sejarah Ini Akan Membuat Kamu Pengen Berkunjung Ke Padang Sumatera Barat

Siapa yang tak mengenal Padang, Sumatera Barat. Tanah Minangkabau ini Banyak melahirkan tokoh – tokoh besar yang ada di negeri ini guys, mungkin kamu kenal dengan Hatta, sang Wakil Presiden Republik Indonesia pertama yang berjuang mendampingi Ir. Soekarno dalam proses merebut kemerdekaan. Kamu juga pasti kenal dengan Buya Hamka, Tuanku Imam Bonjol dan masih banyak tokoh besar lainnya yang merupakan inspirasi bagi Indonesia.

Selain melahirkan tokoh – tokoh hebat, Padang Sumatera Barat juga mempunyai berbagai wisata – wisata sejarah yang harus kamu kunjungi loh guys. Nah, untuk membangkitkan semangat ke Indonesia Raya an kita, kali ini TempatAsik.Com akan mengulas 6 (enam) tempat wisaya yang menyimpan sejarah di Padang, Sumatera Barat. Lanjuut!!

1. Jam Gadang, Ikon nya Kota Bukittinggi

ritaelfianiscom
Jam Gadang malam hari – Pict via ritaelfianis.com

Sekilas Jam Gadang yang berada di Bukittinggi, Sumatera Barat ini mirip seperti menara Big Ben yang ada di Westminister, London, Inggris. Padahal tidak ada sejarah yang berkaitan dengan kedua bangunan ini.

Jam Gadang ini terletak di Kota Bukittinggi, Padang Sumatera Barat, bangunan ini memiliki nilai sejarah yang cukup kental dan merupakan saksi bisu proses menuju kemerdekaan Indonesia.FYI, Jam Gadang ini dibangun pada tahun 1926 sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker yang merupakan Sekretaris atau controleur Fort De Kock pada saat itu (sekarang Kota Bukittinggi). Bangunan ini diarsiteki oleh Yazin Sutan Gigi Ameh.

Saat ini Jam Gadang menjadi salah salah satu simbol kebanggakan Kota Bukittinggi, Padang. Buat kamu yang ingin mempelajari sejarah tempat ini, kamu harus berkunjung kesini yaa.

2. Lobang Jepang, Saksi Bisu Penindasan Rakyat Indonesia

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Eksis Dari Masa Ke Masa, Kamu Harus Tau!
aventureuxdiah.wordpresscom
Salah satu lorong lobang Jepang – Pict via aventureuxdiah.wordpress.com

Gak jauh dari Jam gadang, kamu bisa mampir ke tempat wisata yang menyimpan sejarah berikutnya yaitu Lobang Jepang. Lebih cocok disebut lobang karena situs ini adalah buatan tangan rakyat Indonesia pada masa itu.

Lobang Jepang ini menyimpan begitu banyak cerita pahitnya masa penjajahan pada waktu itu, lobang ini dibangun atas perintah Panglima Divisi ke 25 Angkatan Darat Balatentara Jepang yaitu Letjen Moritake Tanabe dan mempekerjakan secara paksa rakyat Indonesia.

FYI, Lobang Jepang ini memiliki lorong yang cukup banyak guys, jadi jika kamu ingin berkunjung ke lokasi ini gak ada salahnya mengeluarkan sedikit uang untuk membayar tour guide guys, selain kamu punya petunjuk arah kamu juga akan mendapatkan banyak informasi sejarah yang ada di Lobang Jepang ini.

3. Istano Basa Pagaruyung, Sejarah Kerajaan Minangkabau

New_Pagaruyung_Palace
Istana Pagaruyung – Pict via common.wikimedia.org

Istano Basa Pagaruyung berada di Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Bangunan ini merupakan replika dari bangunan istana kerajaan lama yang telah tiada akibat kericuhan pada abad 19 silam. Bangunan ini dibangun sebagai wujud dari harga diri rakyat Sumatera Barat.

Istana Basa Pagaruyung dulunya merupakan tempat tinggal keluarga Kerajaan Minangkabau dan sekaligus menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Minangkabau pada saat itu. Buat kamu yang ingin mendalami sejarah adat dari Kerajaan Minangkabau, kamu bisa berkunjung ke tempat ini, jarak tempuh dari Kota Bukittinggi lebih kurang 35 kilometer guys.

4. Malin Kundang, Cerita Rakyat Yang Mendunia

rinaldimunir
Batu Malin Kundang – Pict via rinaldimunir.wordpress.com

Pernah dengar cerita Malin Kundang saat kamu Sekolah Dasar dulu? Yah, entah ini cerita fakta atau hanya dongeng semata, namun kisah Malin Kundang sarat akan makna yang harus kita pelajari guys.

Keberadaan batu Malin Kundang ini berada di daerah Pantai Air Manis, Kelurahan Aie Manih Kecamatan Padang Selatan Sumatera Barat. Untuk mengetahui lebih dekat dengan cerita rakyat ini, kamu bisa mampir ke Pantai ini, selain menikmati keindahan alam nya, kamu juga bisa memperlajari lebih banyak lagi tentang cerita rakyat ini.

BACA JUGA:  Sindu Kusuma Edupark (SKE) dengan Sensasi Wahana yang Seru dan Unik

5. Museum Negeri Adityawarman, Museum Kebanggakan Tanah Minang

indonesia-tourismcom
Museum Adityawarman Padang – Pict via indonesia-tourism.com

Museum Adityawarman adalah museum budaya kebanggaan warga Sumatera Barat yang terletak di jalan Diponegoro No. 10 Kelurahan Belakang Tangsi, Kota Padang. Museum ini mulai dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977. Nama Adityawarman adalah nama salah seorang Raja Malayaputra pada abad ke – 14. FYI, museum ini memiliki julukan sebagai Taman Mini ala Sumatera Baratguys.

Jika kamu ingin belajar lebih banyak tentang sejarah Sumatera Barat, tempat ini adalah tujuan yang tepat buat kamu. Disini kamu bisa menyaksikan begitu banyak peninggalan – peninggalan sejarah kebudayaan Minang, terdapat 6000 koleksi peninggalan sejarah yang bisa kamu temui disini. Diantara koleksi – koleksi tersebut terdapat pernak pernik, busana, instrumen musik, benda – benda prasejarah dan banyak yang lainnya yang bisa kamu temuin disini.

So guys, di bulan Kemerdekaan ini kamu sudah tau mau berkunjung kemana? Berwisata ketempat bersejarah merupakan salah satu opsi yang tepat loh guys, selain menambah wawasan kamu, kegiatan ini juga akan semakin menebalkan jiwa nasionalisme mu guys.