Situ Patenggang Bandung dengan Pinisi Cafe & Resto yang Hits

Situ Patenggang merupakan danau yang cukup populer di kawasan Jawa Barat dengan dikelilingi pemandangan alam nan hijau. Adanya perkebunan teh di dataran tinggi sekitar danau, tempat wisata ini berudara sejuk dan bisa menjadi tempat tujuan Anda untuk berlibur.

lokasi situ patenggang
Lokasi Situ Patenggang @muhamadiqbalmi84

Daya tarik selain pemandangan danau yang indah, ada kisah melegenda yang kemudian menjadi cerita mitos yang dipercaya masyarakat sekitar.

Selain itu, ada restaurant bertema kapal besar bernama Pinisi Cafe & Resto yang menjadi tempat favorit berfoto para pecinta selfie dan fotografi seperti spot yang ada di Gedong Pass Semarang. Para pengunjung juga bisa mengelilingi danau dengan fasilitas yang tersedia.

pesona situ patenggang
Pesona danau Patenggang @indra_lg

Sejarah Situ Patenggang mulanya hanyalah sebuah cagar alam saja, kemudian tahun 1981 diubah menjadi Taman Wisata Alam Nasional.

Mitos Situ Patenggang

mitos situ patenggang
mitos di sekitar danau @anitasaharah12

Asal nama Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda, kata ‘situ’ artinya danau dan ‘pateangan-teangan’ artinya saling mencari. Makna dari arti “saling mencari” ini merupakan kisah asmara yang melegenda antara Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang tumbuh bersama alam yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Keduanya terpisahkan dengan waktu yang cukup lama dan mereka pun saling mencari karena rasa cinta mereka begitu mendalam. Sampai akhirnya, mereka ditakdirkan bertemu kembali di suatu tempat yang saat ini diberi nama “Batu Cinta”.

Dewi Rengganis kemudian ingin dibuatkan danau dan perahu untuk berlayar bersama dengan Ki Santang. Perahu ini menjadi simbol pemersatu cinta mereka dan akhirnya perahu ini menjadi sebuah pulau berbentuk hati yang disebut Pulau Asmara/Pulau Sasaka.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bali Terbaru yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan
batu cinta situ patenggang
Batu Cinta di kawasan danau @deni_pradyta

Karena kisah ini, mitos di kalangan masyarakat berkembang. Bagi siapa yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, konon cinta mereka akan abadi seperti kisah legenda ini.

Lokasi

Lokasi Situ Patenggang ini berada di sekitar kaki Gunung Patuha dan berada di ketinggian sekitar 1600 m di atas permukaan laut, tepatnya berada di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat. Uniknya, lokasi wisata ini berada tak jauh dari hamparan kebun teh Ciwalini.

Luas danau ini sekitar 45.000 hektar dan luas cagar alamnya sekitar 123.077,15 hektar. Nah, tempat wisata danau ini biasanya dikunjungi wisatawan setelah mengunjungi Kawah Putih Ciwidey yang hanya berjarak sekitar 7 km saja atau 10 – 15 menit perjalanan.

Rute ke Situ Patenggang

Rute menuju lokasi cukup mudah dan bisa menggunakan beberapa jalur alternatif dari Jakarta ataupun Bandung. Akses jalan ke lokasi juga sudah cukup bagus dan bisa dilalui kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Dari pusat kota Bandung ke lokasi berjarak sekitar 48,3 km atau bisa ditempuh sekitar 1 jam 25 menit tergantung kecepatan laju kendaraan. Sedangkan jarak dari Jakarta ke lokasi sekitar 203 km atau bisa ditempuh sekitar 3 jam 5 menit perjalanan.

rute situ patenggang
Rute ke lokasi danau @gilangsunda16

Rute dari Jakarta :

  • Jakarta: 151 km -> Cipularang: 25.3 km -> Pintu Tol Kopo: 15.3 km -> Soreang: 14.2 km -> Ciwidey: 14.2 km -> Patengan / Patenggang
  • Jakarta: 151 km -> Cipularang: 32.5 km -> Tol Buah Batu: 12.4 km -> Banjaran: 9.1 km -> Soreang: 14.2 km -> Ciwidey: 14.2 km > Patengan / Patenggang
  • Jakarta: 151 km -> Cipularang: 19.6 km -> Leuwi Gajah: 16.9 km -> Soreang: 14.2 km -> Ciwidey: 14.2 km -> Patengan / Patenggang
  • Jakarta: 164 km -> Leuwi Panjang: 30.2 km -> Ciwidey: 14.2 km -> Patengan/Patenggang.
BACA JUGA:  Coban Rais Malang dengan Spot Bukit Bulu Batu Flower Garden yang Hits

Jika Anda menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan umum : Anda bisa menggunakan angkutan umum/bus jurusan Leuwi Panjang Bandung. Kemudian Anda bisa naik minibus jurusan Leuwi Panjang Ciwidey, lalu naik angkutan umum menuju jurusan Situ Petenggang.

Rute dari Bandung :

  • Buah Batu – Situ Patenggang :

Dari pintu Tol Buah Batu – Bojong Soang – Banjaran – Soreang – Ciwidey – Situ Patenggang.

Atau : Keluar Tol Buah Batu – Kopo – Soreang – Ciwidey – Situ Patenggang.

  • Majalaya – Patenggang :

Majalaya – Ciparay – Banjaran – Soreang – Ciwidey – Situ Patenggang.

Tiket Masuk Situ Patenggang

Harga tiket masuk ke lokasi cukup murah, pengunjung hanya perlu membayar Rp 20.000,-/orang berlaku saat weekend maupun weekday.

situ patenggang
Pemandangan sekitar danau @annisa.dianti

Tarif parkir kendaraan :

Roda dua : Rp 3.500,-/unit
Roda empat : Rp 11.500,-/unit
Bus/Truk : Rp 22.000,-/unit

Jam operasional : buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB – 20.00 WIB.

Tarif fasilitas/wahana :

  • Teras Bintang : Rp 20.000,-
  • Taman Kelinci : Rp 15.000,-
  • Taman Angsa : Rp 15.000,-
  • Jembatan Pinisi : Rp15.000,-
  • Jembatan Danau : Rp 15.000,-
  • Strawberry Farm : Rp 15.000,-
  • Tea Plantation : Rp 15.000,-
  • Patenggang Lakeside : Rp 20.000,-
  • Batu Cinta : Rp 10.000,-
  • Mandi Lumpur : Rp 10.000,-
  • Kawah Rengganis : Rp 20.000,-
  • Perahu : Rp 25.000,-
  • Hot Spring Walini : Rp 25.000,-

Catatan : Harga tersebut bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Fasilitas

Fasilitas di Situ Patenggang sudah cukup memadai, seperti :

Restaurant (Pinisi Cafe & Resto)

Selain menikmati hidangan makanan khas Bandung dan Sunda di tempat unik dan romantis seperti di Kampung Daun, disini Anda juga bisa mencoba suasana baru yang berbeda. Ada tempat makan sekaligus tempat nongkrong berbentuk kapal layar (Bahtera Nuh) yang terkenal dengan Pinisi Resto & cafe.

BACA JUGA:  Berburu Kuliner Nasi Bebek Mak Isa Yang Melegenda Di Jakarta
pinisi cafe situ patenggang
Pinisi Cafe @jelajahciwidey

Di Pinisi Resto ini menyajikan banyak jenis menu makanan, ada menu tradisional khas Sunda, nusantara, serta menu western dengan rasa yang lezat dan harga juga bervariasi.

Karena unik, tempat ini menjadi populer dan banyak dikunjungi para wisatawan untuk sekedar berlibur dan mencari spot foto kekinian.

Penginapan (Glamping Lakeside)

Selain Glamping (glamour camping) di Dusun Bambu Lembang, Anda bisa mencoba menginap di kawasan wisata ini dengan camping dan difasilitasi seperti hotel. Untuk harga sewa juga cukup terjangkau, lebih seru lagi jika Anda camping dengan rombongan sambil menikmati malam di alam terbuka.

Bagi Anda yang sedang mencari hotel di Lembang ataupun villa di Lembang dengan harga terjangkau, Glamping Lakeside ini bisa menjadi alternatif bermalam saat berlibur di Jawa Barat.

Gazebo

Adanya gazebo di kawasan wisata ini bisa Anda gunakan untuk sekedar bersantai atau beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Tempat ibadah dan toilet

Bagi Anda yang datang berlibur ke tempat satu ini jangan khawatir mencari tempat sholat/ibadah maupun toilet, disini tersedia dengan tempat yang cukup bersih dan terjaga.

Area parkir kendaraan

Bagi Anda yang ingin datang ke empat ini dengan jenis kendaraan apapun, tempat ini mempunyai lokasi parkir yang cukup luas.

Toko souvenir

Bagi Anda yang ingin membeli buah tangan, di tempat ini sudah tersedia bermacam-macam oleh-oleh yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Toko buah

Bagi Anda pecinta buah-buahan, Anda bisa membeli berbagai macam jenis buah segar seperti jeruk, strawberry dan lainnya.

Jadi kapan berlibur ke Situ Patenggang yang indah ini? Jangan lupa juga untuk berkunjung ke wisata Bandung lainnya seperti di The Lodge Maribaya, Farm House Lembang, De’Ranch, dan Dago Dream Park yang seru untuk dikunjungi.

Selamat berlibur dan salam piknik.