Telaga Biru Cisoka, Tempat Asik di Tangerang

Telaga Biru Cisoka juga dikenal dengan sebutan Telaga Biru Cigaru atau Danau Biru Cigaru. Karena keindahan pemandangannya, danau ini bisa menjadi alternatif tujuan wisata Anda saat berada di kota seribu industri Tangerang.

lokasi telaga biru cisoka
Lokasi danau biru @edi_wahyudi3006

Mungkin Anda bisa menjumpai pesona air terjun dua warnanya Jogja, yaitu di Kedung Pedut Kulon Progo. Nah, di sini Anda juga bisa melihat keindahan danau dengan dua warna yang tak kalah indahnya.

Asal mula danau ini dulunya adalah persawahan yang kemudian menjadi lokasi pengerukan pasir sekitar belasan tahun lalu. Tahun 2015 pengerukan/penggalian pasir berhenti beroperasi. Semakin lama bekas galian sedalam 15 meter ini semakin tak terawat dan tergenang air keruh sampai musim hujan menggenangi tempat ini hingga air berubah biru dan menjadi sebuah telaga yang cantik.

telaga biru cisoka
Telaga Biru Cisoka @fauzanhadanybin

Masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Telaga Biru Cigaru karena airnya berwarna biru dan berada di Kampung Cigaru. Walaupun air sering terlihat berwarna biru, terkadang air berubah warna menjadi bening, kadang kekuningan, dan kehijauan.

Lokasi Telaga Biru Cisoka

Telaga ini berada di Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten.

Rute Telaga Biru Cisoka

Akses ke lokasi lebih mudah ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika perjalanan dari Jakarta dengan kendaraan pribadi tentunya akan mengalami kemacetan yang panjang dan menghabiskan waktu yang cukup lama.

rute telaga biru cisoka
Rute ke lokasi @ferrysuryap

Dari Jakarta Anda naik KRL ambil jurusan Tanah Abang – Maja lalu turun di Stasiun Tigaraksa, Tangerang. Dari stasiun Anda bisa menggunakan angkot/ojek  menuju Adiyasa – Balaraja dan turun di pertigaan gang SMA N 08 Cisoka. Dari gang Anda bisa jalan kaki atau naik ojek lagi untuk menuju gerbang masuk danau. Dari gerbang ke lokasi danau , Anda bisa jalan kaki sekitar 200 meter.

BACA JUGA:  Taman Bunga Nusantara dengan Berjuta Keindahan yang Mempesona

Harga Tiket Masuk Telaga Biru Cisoka

Harga tiket masuk ke lokasi cukup murah, Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. Untuk sepeda motor Rp 5.000,/unit dan mobil Rp 10.000,/unit . Untuk harga bisa mengalami perubahan/kenaikan.

harga tiket masuk telaga biru cisoka
Harga tiket ke lokasi yang cukup murah @yohanesatawuwur_jo

Bagi Anda yang ingin masuk gratis tanpa bayar parkir, Anda bisa jalan kaki tanpa membawa kendaraan pribadi ke lokasi (anda bisa dari rumah naik kendaraan umum atau jika punya saudara berdomisili di dekat danau, kendaraan bisa di titipkan sementara).

Pesona Telaga Biru Cisoka

Di sini ada 2 danau yang bisa Anda nikmati keindahannya serta bisa dijadikan background pengambilan foto. Dari lokasi pintu masuk di sebelah kanan ada danau berair biru bertebing pasir putih yang cukup tinggi. Di sebelah kiri ada danau yang lebih luas berair hijau dan tebing ditumbuhi pepohonan.

pesona telaga biru cisoka
Pesona danau @magnoliafitri

Keunikan danau ini adalah warna airnya yang bisa berubah-ubah dan tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan seperti yang ada di Kawah Putih Ciwidey Bandung. Hal ini disebabkan karena adanya kadar keasaman yang cukup tinggi di dalam air danau.

Terkadang, Anda bisa melihat warna dari alga ganggang di dasar danau yang ikut berubah warna saat terkena pantulan sinar matahari. Karena keasaman air yang cukup berbahaya, para wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang di danau ini.

spot di telaga biru cisoka
Spot unik di lokasi Telaga Biru Cisoka @dhalliaoctta

Alternatifnya, Anda bisa menikmati keindahan danau ini dengan menyewa perahu yang tersedia dengan harga terjangkau. Anda cukup membayar Rp 20.000,-/orang saja, untuk harga bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Danau ini sekarang sudah ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah dan menjadi salah satu tempat asik untuk berfoto kekinian di daerah Tangerang. Karena pengunjung semakin ramai, spot foto sudah banyak tersedia. Seperti ayunan santai, floating pondok di tengah danau, spot foto love, spot foto di perahu, serta jajaran kursi untuk menikmati pemandangan sekitar danau. Anda juga bisa mendayung perahu sampan jika ingin ke lokasi floating pondok di danau.

BACA JUGA:  12 Kuliner Jogja Unik Ini Harus Kamu Cobain Ketika Di Jogjakarta
spot foto di telaga biru cisoka
Spot foto kekinian @rifki_khoirul_umam

Bagi Anda yang hobi selfie atau pecinta fotografi tak ada salahnya mengambil gambar di lokasi danau yang ngehits ini. Selain itu, bagi Anda yang ingin mengabadikan foto pre-wedding di lokasi danau ini juga bisa.

Fasilitas sudah tersedia area parkir, toilet, spot foto, tempat sampah, dan di sekitar danau sudah ada jajaran warung makanan dan minuman yang siap melayani para pengunjung. Bagi Anda yang ingin berfoto dengan banyak spot foto menarik dan kekinian dan murah, bisa datang ke Hutan Mangrove Kulon Progo.

Tertarik berkunjung ke Telaga Biru Cisoka yang indah ini? Jangan lupa rencanakan datang ke sini saat cuaca cerah agar hasil foto lebih keren.

Nah, bagi Anda yang ingin melihat pemandangan kota Jogja dari atas ketinggian, bisa berkunjung ke Embung Nglanggeran, Embung Batara Sriten ataupun Pinus Pengger dan Candi Ijo.

Selamat berlibur dan salam piknik. 😀