Demam Aek Sijornih, Air Terjun Bertingkat Dan Terkenal Dari Tapsel Sumut

Aek Sijornih – Semenjak kemunculannya di televisi dalam acara My Trip My Adventure besutan Trans Corporation yang dibuat pada november 2016 lalu, nama air terjun Aek Sijornih kian melambung guys. Tempat wisata eksotis yang satu ini makin ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari luar daerah.Demam Aek Sijornih ternyata udah begitu meluas ke berbagai daerah, salah satunya demam tersebut menyerang teman – teman Tempat Asik yang berasal dari Kota Medan, sengaja meluangkan waktu sehari hanya untuk menjemput keindahan Aek Sijornih. Perjalanan 12 jam pun ditempuh menggunakan kendaraan roda empat. Emejing!

Sekilas Tentang Aek Sijornih

Nico dkk goes to Aek Sijornih – Tapsel

Air Terjun Aek Sijornih yang begitu terkenal di Tapsel ini punya dua aliran air terjun. Berbeda dengan air terjun kebanyakan yang menjulang tinggi sampe puluhan meter, air terjun ini cuma punya ketinggian 10 meter dan posisi jatuh air nya mengikuti kontur tanah yang miring, air yang turun/terjun akan melebar ke sisi kiri dan kanan sehingga menambah keindahan tempat wisata yang satu ini.

Berdasarkan cerita warga setempat, air terjun ini gak pernah mengalami kekeruhan loh guys. Mau musim hujan ataupun kemarau, air yang mengalir akan selalu jernih, yah seperti namanya. Hal ini disebabkan air mengalir diatas tanah yang berbentuk kapur dan keras, sementara yang membuat air keruh adalah tanah yang gembur.

Selain air terjun indah, di tempat wisata Aek Sijornih juga terdapat kolam renang yang air nya bersumber dari air terjun air terjun indah ini. Kolamnya terdiri dari dua bagian, satu untuk anak – anak dengan kedalaman dibawah 1 meter, dan satu lagi untuk dewasa dengan kedalaman lebih dari 1 meter.

BACA JUGA:  Musim Panas Pasangan Kamu Pengen ke Pantai? Ademin Aja ke Pantai Goa Cemara Ala Pegunungan Satu Ini
Air terjun bertingkat – Aek Sijornih Tapsel

Air Terjun Aek Sijornih adalah air terjun bertingkat atau berundak, dimana setiap tingkatan terdapat kolam buatan yang juga bisa kamu jadikan sebagai tempat relaksasi bersama kerabat.

Keindahan lain dari tempat wisata ini adalah pepohonan kelapa yang tumbuh disekitar air terjun, bahkan ada yang tumbuh tepat ditengah – tengah air terjun ini loh, emejing kaaan.

Aek Sijornih Itu Dimana Sih?

Kabupaten Tapanuli Selatan – Sumatera Utara

Aek Sijornih adalah air terjun dengan ketinggian 10 meter yang berada di Desa Aek Libung Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara. Aek Sijornih berarti si air jernih, karena air yang mengalir disini gak pernah keruh guys, walaupun dalam keadaan hujan.

Jarak tempat wisata ini dari Kota Padang Sidempuan sekitar 35 kilometer dan dapat ditempuh sekitar 2 jam guys menggunakan kendaraan pribadi. Kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum dari Kota Padang Sidempuan menuju tempat wisata ini.

Gimana kalau dari kota Medan? Nah, jarak tempuh Medan menuju Kota Padang Sidempuan atau tempat wisata andalan di Tapsel ini sekitar 380 kilometer guys, dan bisa ditempuh sekitar 12 jam perjalanan, menggunakan kendaraan pribadi.

Kalau mau menggunakan kendaraan umum dari Kota Medan, kamu bisa mampir ke terminal Amplas Medan terlebih dahulu, atau kamu juga bisa memilih bus yang mangkal di sepanjang jalan Sisingamangaraja Km. 5 hingga km. 7 Medan. Disana banyak pilihan bus yang menuju Kota Padang Sidempuan.

Fasilitas Wisata Yang Tersedia Di Tempat Wisata Aek Sijornih

Fasilitas di sekitar tempat wisata

Berbagai fasilitas sudah tersedia dikawasan wisata ini, kamu bisa beristirahat di pondokan yang telah disediakan oleh pengelola, selain itu ditempat ini juga tersedia aneka souvenir yang dijual oleh warga setempat.

BACA JUGA:  Candi Ijo, Keindahan yang Tersembunyi di Atas Ketinggian Kota Jogja

Untuk yang Muslim juga disediakan musholla mini yang bisa dijadikan tempat sholat. Mau jajan atau makan? Tenang, dikawasan wisata ini juga ada penjual makanan, mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Toilet dan tempat ganti pakaian juga disediakan, jadi kamu gak perlu basah – basahan pulang kerumah karena gak bisa ganti pakaian. Hehe

Jembatan gantung wisata alam Aek Sijornih

Saat kamu memasuki tempat wisata alam air terjun Aek Sijornih Tapsel, jembatan gantung tua ini akan menyambut kamu. Kamu harus melewati jembatan sepanjang 25 meter yang membelah sungai Batang Angkola sebagai pertanda kamu sudah tiba dikawasan wisata ini.

Harga Tiket Masuk Ke Kawasan Air Tejun

Loket penjualan tiket masuk Aek Sijornih

Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata alam Aek Sijornih relatif murah kok guys. Pada sesi high season saja dibanderol seharga Rp. 10.000 per orang nya, dan sudah termasuk penggunaan pondok pula.

Untuk biaya parkir dilokasi wisata ini masih dinamis, karena belum ada harga yang tetap dari pemerintah setempat. Saat sahabat Tempat Asik mampir kesini akhir Januari 2017 lalu, biaya parkir kendaraan roda 4 dibanderol Rp. 40.000/unit. Untuk kendaraan roda dua Rp. 15.000/unit.

Waktu Terbaik Berkunjung Ke Aek Sijornih

wisata alam aek sijornih
Wisata alam Aek Sijornih – Tapanuli Selatan

Waktu yang paling baik berkunjung ke air terjun Aek Sijornih adalah saat tidak musim hujan, karena kamu akan lebih bebas mengeksplore keindahan air terjun ini.

Kalau punya waktu selain hari libur nasional itu akan jauh lebih baik, karena pengunjung gak begitu membludak, jadi kamu bisa menikmati tempat wisata ini dengan lebih tenang. Dan usahakan sampe disini sekitar pukul 9.00 atau 10.00 pagi yah, supaya kamu bisa menikmati tempat ini lebih lama.

BACA JUGA:  Funland Mikie Holiday Taman Permainan Terbesar Di Sumatera Utara

The end, selamat menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia yah guys, keindahan alam Indonesia akan tetap cantik jika prilaku kita juga cantik terhadapnya. Jangan lupa, tetap jaga kebersihan yah saat berlibur kemanapun. Have a nice day guys!