Tempat Wisata Di Medan Dan Sekitarnya Yang Lagi Trending Topic Di Sosial Media

Horas Medan!! Pada artikel ini akan diulas beberapa tempat wisata di Medan dan Sekitarnya yang lagi ngetrend di sosial media. Medan adalah Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara yang merupakan kota terbesar ke – 3 di Indonesia. Sumatera Utara memiliki 33 kabupaten/kota yang tersebar di berbagai daerah guys, dan dihuni oleh berbagai macam etnis dan suku seperti Melayu, Batak, Jawa dengan berbagai sub etnis lainnya.

Guys, Sumatera Utara memiliki banyak potensi wisata yang masih tersembunyi dan belum terpublikasi secara luas. Tempat wisata di Medan dan sekitarnya yang ada di berbagai daerah di Sumatera Utara layak kamu kunjungi. Selain pesona yang masih alami, tempat wisata yang ada di Medan dan sektiarnya, saat ini juga menjadi trending topic di berbagai sosial media khususnya di kalangan anak Medan.

Mau tau apa saja tempat wisatanya?

Berikuttempat wisata di Medan dan Sekitarnya yang sangat menarikdan harus kamu kunjungi saat berada di Sumatera Utara.

1. Kawah Putih Tinggi Raja, Pesona Alam Asri Di Kabupaten Simalungun

View Kawah Putih Tinggi Raja
View Kawah Putih Tinggi Raja via @rinaselviasembiring

Kalau Bandung punya kawah putih yang berlokasi di Ciwidey, nah di Medan Sumatera Utara juga ada, Kawah Putih Tinggi Raja namanya, terletak dikawasan cagar alam Dolok Tinggi Raja dengan luas 167 hektar. Kawasan Kawah Putih ini berada di Kecamatan Silau Kahen, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Tempat wisata kawah putih tinggi raja ini memiliki luas 30 hektar dan dikelilingi oleh hutan lindung yang masih asri banget loh guys.

Keindahan dan keunikan tempat wisata di Medan Kawah Putih Tinggi Raja ini, membuat banyak anak muda pengen menjajal keindahan tempat wisata ini. Semenjak booming beberapa tahun terakhir, tempat wisata ini juga ikutan tren di media sosial loh.

Untuk menuju ke sini kamu harus mempersiapkan fisik secara prima, karena akses menuju ke lokasi ini cukup ekstreem. Infrastruktur yang belum tertata rapi menjadi alasan kenapa fisik mu harus oke guys. Untuk mengetahui kordinat tempat wisata cantik ini, kamu bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh mbah Google. Dan jarak tempuh dari Kota Medan sekitar 2,5 jam hingga 3 jam guys.

2. Pantai Lagundri Nias, Salah Satu Spot Surfing Terbaik Di Dunia

lagundri
Spot Surfing Terbaik Di Dunia – via @leehengki

Kita beranjak ke Nias, sudah tau Nias ada dimana? Yap, Nias adalah salah satu kabupaten yang berada di Sumatera Utara. Nias terletak di pulau tersendiri yang lebih dikenal dengan Pulau Nias. Kalo ngomongin Nias, apa sih yang kamu pikirkan guys? loncat batuu…yeaay, kamu bener. Melompati batu yang cukup tinggi adalah kegiatan unik yang asli dari Nias.

BACA JUGA:  Cobain Tempat Wisata Romantis Jogja 'ala' Cinta Dan Rangga Di AADC 2

Pantai Lagundri adalah pantai yang cukup terkenal, apalagi dikalangan pecinta surfing guys. Pantai ini menjadi salah satu pilihan terbaik di Dunia buat kamu yang doyan banget aktivitas surfing. Selain itu pantai ini juga sangat cocok dinikmati keindahan alamnya, apalagi sunset nya.

3. Pelaruga Langkat, Sekali Jajal Banyak Jenis Wisata Terlampaui.

dd
Welcome To Pelaruga via @ikram_superb

Salah satu tempat wisata di Medan dan Sekitarnya yang terkenal adalah Pelaruga. Pelaruga sebenarnya adalah nama sebuah komunitas Pemandu Alam Rumah Galuh, disingkat Pelaruga yang berada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Buat kamu yang demen banget sama wisata alam, Pelaruga harus kamu kunjungi guys. Konsep Jungle Tracking adalah menu utama berwisata di Pelaruga. Banyak spot wisata yang bisa kamu nikmati di areal ini, seperti Air Terjun Lau Bertu, Air Terjun Tongkat, Teroh – Teroh, Kolam Abadi, Air Terjun Pelangi dan juga Namo Belanga. Semua spot wisata tersebut dipastikan akan memanjakan kamu guys.

Untuk menuju lokasi ini dibutuhkan sekitar 2 jam dari kota Medan. Kamu bisa menuju kota Binjai terlebih dahulu, kemudian ke Namu Ukur dan dilanjutkan ke Desa Rumah Galuh. Setiba disana kamu akan menemukan banyak pemandu wisata, tinggal pilih salah satu dari mereka, dan eksplore deh pesona wisata di Pelaruga.

4. Taman Alam Lumbini Brastagi, Pagoda Tertinggi Di Indonesia

lumbini
Replika Shwedagon via @fujilasmini

Tempat wisata di Medan dan sekitarnya yang lagi nge –trend di media sosial adalah Taman Alam Lumbini (TAL) Brastagi. Tempat wisata yang satu ini tergolong baru dan salah satu tempat wisata favorit di Brastagi. Bangunan Pagoda yang berwarna emas ini membuat mata siapa saja yang memandangnya akan berdecak kagum.

Replika Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar ini adalah pagoda tertinggi yang ada di Indonesia, dan sudah mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia alias MURI. Di sekitar pagoda Taman Alam Lumbini ini juga terdapat lembah dan taman yang artistik dan mampu menyejukkan pikiran buat kamu yang lagi stress.

Buat kamu yang pengen mampir ke sini, jangan lewat dari jam 5 sore ya, karena tempat ini akan ditutup karena akan dipergunakan untuk ibadah ummat Budha. Kelebihannya kalau kamu mampir ke area ini adalah, di sekitar Taman Alam Lumbini terdapat perkebunan strowberry dan tomat yang bisa kamu nikmati.

5. Pantai Pandan Sibolga, Tempat Wisata Bahari Kebanggaan Masyarakat Sibolga

pandan
Pantai Pandan Sibolga – via @novirianalisa

Pantai Pandan adalah salah satu pantai yang sangat terkenal di Kota Sibolga, Tapanuli Tengah. Pantai indah ini memiliki pemandangan yang eksotis dan layak kamu singgahi kalau lagi di kota Sibolga.

Keindahan Pantai Pandan Sibolga bisa kamu saksikan sejauh mata memandang, warna air laut yang biru kehijauan dan airnya yang tenang sangat cocok buat kamu yang seneng berenang di laut.

Berbagai fasilitas seperti tempat istirahat, penjual makanan dan akses kendaraan juga mudah didapatkan di sini. So guys, tunggu apalagi? Jadikan tempat ini sebagai salah satu tempat wajib yang akan kamu kunjungi yaah.

6. Pulau Mursala Sibolga, Kingkong Aja Udah Kesini, Kamu Kapan?

mursala
Pulau Tempat Shoot Film Kingkong – via @tiwi_ylnti

Masih di Sibolga guys, salah satu pulau terbesar dan sangat terkenal di Sibolga dan Indonesia adalah Pulau Mursala. Keindahan alam yang luar biasa yang dimiliki Pulau Mursala menjadikannya sangat terkenal hingga ke mancanegara.

BACA JUGA:  Kedung Pedut Kulon Progo, Air Terjun 2 Warna yang Mempesona

Pernah nonton film Kingkong dong yaa, yg di rilis tahun 2005 silam. Nah, keindahan alam yang kamu lihat di film itu ya adanya di Pulau Mursala guys. Salah satu keunikan yang menakjubkan dari pulau ini adalah di pulau Mursala terdapat air terjun yang langsung mengalir ke laut. Keunikan semacam ini hanya sedikit loh di dunia, di Indonesia saja Cuma ada di 2 tempat, yaitu Air Terjun Kahatola di Kabupaten Halmahera Barat dan Pulau Mursala.

7. Pulau Berhala, Serdang Bedagai

berhala
Pesona Pulau Berhala via @busrasikumbang

Pulau eksotis yang satu ini bernama Pulau Berhala. Terletak di Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara. Untuk menuju ke sini kamu harus menyebrang kurang lebih 4 sampai 5 jam loh guys. Butuh perjuangan banget yah, apalagi si pembuk laut.

Karena pulau ini gak berpenghuni, jangan berharap fasilitas layaknya di tempat mu tinggal juga ada di sini. Untuk menginap kamu bisa menyewa mess TNI yang ada di sini, dan untuk makan kamu harus membawa perbekalan dan masak sendiri pastinya.

Tapi tenang guys, dari penuturan orang – orang yang sudah pernah berkunjung ke pulau ini, kamu gak akan pernah menyesali kalau kamu pernah menginjakkan kaki di pulau ini, karena selain pengalaman yang bertambah, keindahan alam di Pulau Berhala ini sangat menakjubkan. Gimana? Tertarik mencoba?

8. Air Terjun Sipiso piso, Salah Satu Air Terjun Tertinggi Di Sumatera Utara

gdf
The Best Of Sipiso piso via @azirandakevin

Ait terjun Sipiso piso adalah sebuah tempat wisata di Tanah Karo, air terjun indah ini berada di Desa Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo Sumatera Utara guys. Air terjun Sipiso piso merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Indonesia loh guys.

Air terjun ini tepat berada di sisi Danau Toba, dari gardu pandang yang ada, kamu bisa menyaksikan keindahan air terjun Sipiso piso sekaligus menyaksikan keindahan Danau Toba.

9. Istana Maimun, Saksi Bisu Kejayaan Kerajaan Deli

istana maimun
Salah satu sudut favorit untuk berfoto via @nrulann

Istana Maimun Medan masih menjadi favorit warga Sumatera Utara khususnya Medan loh guys. Karena lokasinya yang sangat mudah dijangkau, nilai sejarah dan keindahan arsitektur bangunan Istana ini menjadi daya tarik utama warga untuk berwisata ke Istana Maimun. Karena Istana Maimun merupakan tujuan berlibur ke tempat wisata di Medan, jadi kamu wajib banget datang ke sini.

istana maimun
Salah satu sudut di Istana Maimun via @harrypermeiyogi

Istana Mainum Medan berada di Jl. Katamso Medan, posisinya gak jauh dari Mesjid Raya Medan yang berjarak hanya seratus meter saja. Selain kedua tempat wisata tadi yaitu Istana Maimun dan Masjid Raya yang berdekatan, tepat di seberang Istana kamu bisa menemukan Perpustakaan Negeri yang dapat kamu kunjungi.

Berikut cerita selengkapnya mengenai kisah Istana Maimun.

10. The Le Hu Garden, Tempat Wisata Terbaru Di Medan

thelehu
Selamat datang kang mas – via @wieldaanggrie

The Le Hu Garden Medan adalah salah satu tempat wisata di Medan dan Sekitarnya yang terbaru dan sangat populer di media sosial guys. The Le Hu Garden adalah sebuah desa wisata yang berada di Jalan Mariendal I kecamatan Patumbak Medan.

The Le Hu Garden buka setiap hari sabtu dan minggu. Tempat ini menyajikan berbagai menu wisata yang bisa kamu nikmati, seperti bermain perahu di danau cantik, memancing dan juga santap kuliner khas The Le Hu Garden.

Buat kamu yang pengen berwisata murah dan gak jauh dari kota Medan, The Le Hu Garden bisa kamu jadikan salah satu list tempat wisata kunjungan kamu minggu ini yah guys.

BACA JUGA:  Rumah Hobbit Jogja Bagaikan di Negeri Dongeng Wisata Hits

11. Pantai Bali Lestari, Kabupaten Serdang Bedagai

baliles
Another View – via @zhii_dogieldynda

Pantai Bali Lestari Sergai kian menunjukkan pesonanya semenjak dilakukan pemugaran dan pengelolaan secara profesional 2 tahun terakhir ini.

Banyak tempat wisata bahari yang terletak di Kabupaten Sergai seperti Pantai Cermin, Sri Mersing dan pantai yang lainnya. Namun, Pantai Bali Lestari adalah salah satu yang terkenal karena suasananya yang disulap mirip seperti pantai Jimbaran di Bali.

Kamu yang pengen menikmati suasana resto seperti pantai terkenal Jimbaran Bali biasanya tempat ini akan sangat ramai oleh pengunjung pada hari liburan.

12. Kolam Air Terjun Bukit Gibeon Kabupaten Tobasa

bukit gibeon Tempat Wisata Di Medan
Kolam Air Terjun – via @ariyanizsazsa_

Kalau kamu sedang berada di Toba Samosir atau Danau Toba Sumatera Utara, jangan lupa mampir ke Bukit Gibeon. Bukit Gibeon adalah tempat pendidikan bagi calon pendeta yang ada di Toba Samosir dan sangat dekat dengan tempat wisata terkenal Danau Toba.

Apa yang unik di tempat ini? Yang unik adalah kolam air terjunnya. Perpaduan antara kolam buatan dan air yang berasal dari air terjun alami membuat banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini. Jadi wajar banget kalo tempat ini jadi trend di media sosial yah guys.

Lokasi Bukit Gibeon ini gak jauh dari kota Parapat Danau toba, sekitar 10 kilometer perjalanan. Kalau dari kota Medan dibutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk tiba di lokasi ini. Gimana? Tertarik ke sini?

13. Aek Sijornih, Air Terjun Bertingkat Di Padang Sidempuan

aek sijorni Tempat Wisata Di Medan
Segernya Air Terjun Aek Sijorni via @khoirbatubara

Sekitar 35 kilometer dari Kota Padang Sidempuan ada sebuah tempat wisata alam yang juga makin populer di media sosial, Aek Sijorni namanya.

Aek Sijorni memang memiliki keunikan yang membedakannya dari air terjun pada umumnya. Air terjun Aek Sijorni ini memiliki air terjun bertingkat dimana setiap tingkatan menampung air yang jatuh dari tingkatan sebelumnya.

Untuk masuk ke tempat wisata unik ini juga cukup murah guys, cukup membayar 5ribu rupiah saja kamu sudah bisa menikmati segarnya air dan indahnya pemandangan di sekeliling tempat wisata ini. Mau tau seperti apa keseruan di tempat ini? berikut cerita kami di Aek Sirjorni selengkapnya.

14. Tangkahan Langkat, Taman Nasional Gunung Leuser

wisata alam tangakahan
Wisata Alam Tangkahan – via www.travel.kompas.com

Kamu belum kenal tempat wisata yang satu ini? Waaah, kemana aja guys? Tangkahan adalah salah satu tempat wisata yang sudah sangat populer di Sumatera Utara, berada di Kabupaten Langkat, tempat wisata yang satu ini dikenal sebagai habitat gajah.

Selain gajah, tempat wisata Tangkahan juga dikenal sebagai tempat wisata alam yang asri, sungai–sungai yang jernih serta flora dan fauna yang sangat beragam. Selain menikmati alamnya yang indah, di tempat ini kamu juga bisa berwisata olahraga seperti treking dan arung jeram.

Lokasi ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Tempat wisata ini sudah sejak lama dikenal oleh kalangan wisatawan mancanegara, dan kini mulai dilirik oleh wisatawan–wisatawan lokal. Semoga tempat wisata di Medan ini semakin maju dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar.

15. Pulau Salah Namo, Pulau Eksotis Di Kabupaten Batubara

salahnamo tempat wisata di Medan
Bebatuan merah salah namo – via @khairuni_sa

Siapa yang gak kenal dengan nama ini? Namanya yang unik membuat masyarakat bertanya–tanya pulau apakah ini? Pulau Salah Namo terletak di Kabupaten Batubara dan menjadi destinasi kebanggaan masyarakatKabupaten Batubara saat ini, dan ini menjadi salah satu tujuan tempat wisata di Medan.

Keindahan bawah laut Pulau Salah Namo menjadi daya tarik wisatawan yang ingin menjajal pulau – pulau terluar di Indonesia. Bagi kamu yang pengen berlibur ke salah satu pulau terluar yang ada di Sumatera Utara, Pulau Salah Namo bisa kamu jadikan pilihan untuk liburan.

Nah itulah beberapa tempat wisata di Medan dan Sumatera Utara yang bisa kamu kunjungi, pastinya tempat-tempat tersebut tidak boleh kamu lewatkan. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *