Blue Lagoon Jogja, Segarnya Pemandian Alami yang Wajib Kamu Coba

Blue Lagoon Jogja atau Pemandian Tirta Budi merupakan salah satu tempat wisata air yang ada di Kecamatan Sleman yang bisa menjadi alternatif tujuan berlibur di akhir pekan.

Blue Lagoon yang sebenarnya ada di Pasifik Selatan. Tapi tak perlu jauh-jauh kesana untuk menikmati hal serupa, karena di Jogja istimewa juga ada Blue Lagoon yang tak kalah menariknya.

blue lagoon jogja
Tulisan Blue Lagoon di area taman

Berwisata di tengah kota yang cukup panas seperti di Benteng Vredeburg, Sindu Kusuma Edupark mungkin menjadi hal biasa dan mungkin merasa bosan juga. Jadi, tempat satu ini bisa kamu coba untuk menemukan sensasi baru yang menyenangkan.

Selain mandi dan basah-basahan di kolam alami yang tak begitu luas, bernostalgia dengan nuansa pedesaan yang asri dan damai bisa kamu temukan disini.

Mau tau seperti apa Blue Lagoon Jogja ini? Tempat Asik akan mengulas lebih lengkap disini.

Alamat dan Rute Menuju Blue Lagoon Jogja

Pemandian favorit ini berada di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. Dari pusat kota Jogja sekitar 15 km atau bisa ditempuh sekitar 40 menit perjalanan.

rute menuju blue lagoon jogja
Plang petunjuk masuk Desa Wisata Blue Lagoon Jogja

Untuk ke lokasi, rute perjalanannya cukup mudah. Dari kota Jogja menuju ke Jl. Kaliurang km 13 (Jl. Raya Besi – Jangkang) dan sekarang menjadi pertigaan lampu merah. Belok kanan/ timur dan ikuti jalan utama sampai menemukan Pasar Jangkang. Dari pasar ada pertigaan ambil kanan/selatan sekitar 50 m sampai ada plang petunjuk masuk ke lokasi sekitar 300 m. Ikuti papan petunjuk melewati jalan kampung dan diujung jalan sampai di lokasi parkir.

area parkir di blue lagoon jogja
Memasuki area parkir di Blue Lagoon Jogja

Jika bingung karena belum hafal jalan di Jogja, bisa searching di google maps atau ajaklah teman dari Jogja.

Asal Mula Nama Blue Lagoon Jogja

Awalnya, tempat ini hanya aliran sungai biasa tanpa nama. Lalu dinamakan Tirta Budi yang semakin terkenal karena adanya peristiwa yang pernah terjadi di tempat ini.

Tirta artinya air/sumber air, Budi adalah nama orang. Menurut cerita, Budi tenggelam dan meninggal di pemandian ini sekitar 20 tahunan lalu. Sebabnya karena penyakit ayan yang dideritanya kambuh saat berenang dan terlambat untuk menolongnya.

BACA JUGA:  Watu Goyang Dlingo Dengan Keindahan Sunset di Atas Bukit
pintu masuk blue lagooon jogja
Pintu masuk ke lokasi yang cukup unik ala pedesaan

Blue Lagoon adalah nama baru setelah Pemandian Tirta Budi. Sebutan ini adalah ide dari mahasiswa KKN yang sedang berada di daerah ini dan ingin mengembangkan lagi pemandian yang lama tidak terawat.

Karena hal ini, mahasiswa tersebut mengajak teman-temannya untuk mandi disini dan mengunggah foto ke akun media sosial dan banyak orang yang penasaran. Lama-lama tempat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Namun anak-anak muda kekinian sekarang ini lebih populer dengan sebutan Blue Lagoon karena airnya yang begitu jernih dan kebiru-biruan seperti yang ada di Iceland.

Beberapa artis Indonesia juga pernah menyempatkan mandi disini seperti Boy William, Erros Sheila On 7 dan Caesar. Ibu Titik Soeharto juga pernah mengunjungi tempat ini. Keren kan. Artis aja kesini, masak kamu enggak. 😀

Tempat wisata ini mengemas konsep pemandangan alam berupa wisata sungai dan mata air alami di daerah pedesaan. Blue Lagoon ini adalah daya tarik utama dari Desa Wisata Blue Lagoon Tirta Budi yang dibentuk sekitar awal tahun 2014 lalu, dan mulai ngehits di pertengahan tahun 2014.

Pemandian Tirta Budi (Blue Lagoon) ini diresmikan menjadi tempat wisata oleh Bupati Sleman Drs. Sri Purnomo saat Peringatan Hari Air Sedunia tanggal 22 Maret 2015. Peresmian ini mulai dilakukan dengan pemecahan kendi, penandatanganan prasasti, gunting pita, dan pelepasan balon ke udara.

Harga Tiket Masuk Blue Lagoon Jogja

Tempat asik satu ini bisa menjadi referensi tempat liburan di akhir bulan yang kantong sudah menipis. Karena buka setiap hari, kamu bisa kapan saja capcus kesini tanpa harus menunggu hari libur. Buka dari jam 06.00 pagi sampai menjelang Maghrib/ jam 17.00 WIB.

harga tiket masuk blue lagoon jogja
Harga tiket masuk lokasi yang cukup murah

Kamu bisa seru-seruan mandi disini cukup bayar tiket masuk Rp 5.000,-/orang saja. Jika kamu naik sepeda motor, parkirnya juga cukup bayar Rp 2.000,-/kendaraan, mobil Rp 5.000,-. Murah kan, dengan biaya gak sampai Rp 10.000,- kamu bisa menikmati mandi asik disini.

Pesona Blue Lagoon Jogja

Dahulu, kolam ini hanya sebagai tempat pemandian para warga sekitar. Berjalannya waktu, tempat ini disulap menjadi lokasi wisata pemandian yang bisa memanjakan para pengunjung.

BACA JUGA:  Bukit Bintang Jogja

Sebelum sampai ke lokasi utama, pengunjung akan disuguhi pemandangan khas pedesaan yaitu persawahan, aliran sungai/kali dan pepohonan asri serta rumah-rumah warga setempat.

Sudah puluhan tahun lalu warga Desa Dalem dan sekitarnya menggantungkan hidup dari air yang melimpah dari 3 mata air/sendang yang terdapat di kawasan ini. Ketiga mata air ini bernama Sendang Wadon (putri/wanita), Sendang Belik Kluwih dan Sendang Lanang (putra/pria). Semua mata air ini berada di aliran Kali/sungai Tepus.

Uniknya, semua mata air ini tak pernah mengalami kekeringan meski saat musim kemarau datang.

pemandian tirta budi blue lagoon
Anak-anak juga asyik bermain air di kolam alami yang berair segar

Selain diEmbung Nglanggeran, wisata alam yang disajikan di kolam ini juga tak kalah bagusnya dengan tempat wisata lainnya.

Pesona dan daya tarik dari tempat ini terlihat dari kolam alami yang berair jernih kebiruan berhiaskan pantulan cahaya matahari yang bisa membuat siapa saja ingin mengusiknya. Adanya pohon bambu di sekitar kolam membuat tempat ini menjadi sejuk dan asik untuk mandi saat cuaca panas.

Saat musim hujan datang, air di kolam ini menyatu dengan aliran air dari Kali Tepus dan menjadi keruh.

Sebaiknya datang kesini saat cuaca cerah di musim kemarau agar bisa melihat kejernihan airnya. Air disini cukup dingin tapi menyegarkan. Dan usahakan datang di hari biasa saat pagi hari sebelum ramai pengunjung. Jadi, kamu bisa lebih puas berenang seru-seruan disini.

sendang wadon di blue lagoon jogja
Sendang Wadon yang berair jernih

Di bagian pertama/kiri ada Sendang Wadon yang berupa kolam kecil yang bermata air dengan aliran kecil. Dulunya di kolam ini sebagai tempat terapi ikan, tetapi sekarang ikan-ikan tinggal sedikit sekali karena ikannya kena setrum para pencari ikan.

sendang lanang di blue lagoon jogja
Pemandangan di Sendang Lanang

Di selatan/kanan ada Sendang Lanang yang terdapat pancuran dari tepian tebing sungai yang bisa dijadikan alternatif pijat alami. Di sepanjang sungai ini batu-batu kali dicat dengan warna-warna cerah seperti hiasan sungai.

keunikan blue lagoon jogja
Keunikan batu sungai yang berwarna warni

Di sisi tengah ada kolam utama yaitu Blue Lagoon yang menjadi tempat favorit para pengunjung untuk seru-seruan mandi di kolam alami ini.

Kamu bisa bermain air sepuasnya dengan berendam di kolam dan bisa menyewa pelampung/ban untuk berseluncur dari bendungan kecil di ujung sungai. Saat kamu asyik berendam di air, banyak ikan-ikan kecil yang suka menggigit kulit kaki dan membuat geli.

BACA JUGA:  Kebun Efi | Harga Tiket, Rute, Jam Buka, dan Aktifitas yang Bisa Dilakukan
pemandian blue lagoon jogja
Serunya bermain air di kolam alami dibawah teduhnya pepohonan

Kolam ini berkedalaman sekitar 1 meter sampai 3 meter. Jika ingin menyewa perlengkapan berenang, disini siap melayani dengan harga sewa yang terjangkau.

harga sewa perlengkapan renang di blue lagoon
Daftar harga sewa di kawasan pemandian

Kamu juga bisa mencoba merasakan pijatan dari pancuran-pancuran yang ada di tepi tebing sungai disini. Rasanya juga sama dengan pijatan dari grojogan di Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul.

Jika pengunjung mandi disini dilarang memakai sabun ataupun sampoo ya, karena busa nya bisa mencemari aliran air disini.

peraturan mandi di blue lagoon jogja
Bermain air tanpa sabun pun tak menjadi masalah

Tak hanya orang dewasa yang berenang disini, tapi juga ada anak-anak yang ikut merasakan segarnya mandi di kolam alami ini.

Gemerciknya air, suara jangkrik dan burung bersautan, mendengar semua di tempat ini terasa berada di Ledok Gebang yang suasananya tak beda jauh.

Ada juga spot foto yang bisa kamu ajak foto dengan latar tebing sungai. Spot foto disini memang tidak banyak karena tujuan utama pengunjung kesini adalah untuk bermain air. Jika ingin berfoto dengan banyak spot foto, kamu bisa datang ke Desa Wisata Kalibiru atau Hutan Mangrove Kulon Progo.

spot foto di blue lagoon jogja
Spot foto ala pedesaan yang alami dan asri

Jika beruntung, kamu juga bisa melihat atraksi dari anak-anak dan anak muda yang asyik mandi dengan melompat dengan gaya masing-masing dari atas tebing kali. Melihat ini mengingatkan pada masa kecil dulu yang juga melakukan hal yang sama rame-rame.

Wilayah ini juga dikenal dengan Desa Wisata Blue Lagoon yang cukup populer di daerah Jogja. Selain bermain air, kamu juga bisa melepas penat dengan singgah di homestay yang tersedia ala pedesaan yang damai dan asri.

Setelah puas bermain air dan belum pengen pulang, kamu bisa bersantai sambil mencicipi cemilan/makanan di gazebo-gazebo di sekitar kolam. Nuansa ala pedesaan akan membuat kamu betah disini. Sambil bersantai, kamu bisa berfoto-foto dengan latar bernuansa alam pedesaan yang asri ini.

Jika ingin melakukan kegiatan outbond bersama teman-teman disini juga bisa sambil menikmati wisata ala pedesaan.

Fasilitas di Blue Lagoon Jogja

fasilitas di blue lagoon jogja
Warung makan yang siap melayani pengunjung

Fasilitas disini juga cukup memadai, seperti :

  • Area parkir yang cukup luas.
  • Toilet/WC umum dan ruang ganti.
  • Mushola.
  • Kantin/ warung.
  • Tempat penitipan barang.
  • Taman dan gazebo untuk bersantai.
  • Penginapan/ homestay.
  • Penyewaan perlengkapan mandi (ban, pelampung, dll)

Pengen coba sensasi mandi di kolam alami Blue Lagoon Jogja ini? Yuk ajak teman-teman kamu kesini, dijamin seru. Setelah puas berendam, kamu bisa mampir menikmati sajian menu yang menggoda lidah di Lumer Cafe daerah Jl. Kaliurang yang bikin kamu ketagihan. Cobain yuk.

Selamat berakhir pekan dan salam piknik. 🙂