10 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Eksis Dari Masa Ke Masa, Kamu Harus Tau!

Tempat wisata di Jakarta ternyata banyak digandrungi juga loh oleh wisatawan baik domstik maupun internasional. Daerah Khusus Ibukota Jakarta adalah kota terbesar di Indonesia, wajar banget kalo tanah leluhur warga Betawi ini punya banyak lokasi tempat wisata yang menarik.

Beberapa tempat wisata Jakarta merupakan cagar budaya yang terus dilestarikan oleh pemerintah. Seperti Museum Fatahillah, Kota Tua dan masih banyak lagi.

Mau tau tempat wisata di Jakarta yang trend dari dulu hingga kini? Yuk lihat review nya, jangan sampe kelewat satupun yaa!

10 tempat wisata di Jakarta yang trend dari dulu hingga kini. Udah pernah kesini belum?

1. Monumen Nasional (Monas)

tempat wisata di jakarta
Monumen Nasional (Monas) – via @fattyjo_

Ke Monas yuuk..!

Monumen Nasional (Monas) adalah icon kebanggaan Kota Jakarta dan merupakan tujuan wisata bersejarah yang wajib kamu kunjungi saat lagi di Jakarta.

Tugu Monas sebenarnya merupakan monumen peringatan untuk mengenang jasa para pahlawan dan perjuangan seluruh rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

Tugu Monas memiliki tinggi 132 meter dan dibagian ujungnya diberi mahkota berbentuk lidah api yang dilapisi emas. Menandakan semangat yang berkobar dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Tugu Monas dibangun pada 17 agustus 1971 atas titah Presiden Soekarno.

Banyak hal menarik yang akan kamu temuin ketika di tugu Monas, kamu akan menyaksikan perjuangan para pahlawan Indonesia dari berbagai relief dengan pahatan yang indah. Ketika memasuki lantai dasar tepat dibawah tugu, terdapat begitu banyak diorama yang menggambarkan kehidupan masyarakat nusantara pada masa itu.

Kalau ke Monas jangan Cuma numpang foto aja guys, selain belajar sejarah cobain juga naik ke puncak Monas. Dari ketinggian kamu bisa melihat hamparan gedung – gedung Jakarta.

Kamu perlu tahu jam operasional tugu Monas sebelum berkunjung kesana, supaya gak dapet zoonk. Tugu Monas buka mulai pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore. Setelah istirahat 2 jam, Tugu Monas buka kembali dari pukul 18.00 wib sampe jam 22.00 malam.

Khusus hari sabtu, minggu dan hari libur, wisata malam tugu Monas buka mulai pukul 18.00 hingga tengah malam yaitu 00.00 wib. Kamu jadi bisa lebih lama deh menikmati keindahan malam kota Jakarta dari ketinggian.

BACA JUGA:  Pelem Golek Pondok Makan Bernuansa Alami Di Jogja Yang Wajib Kamu Coba

Tiket masuk ke tugu Monas juga murah kok, untuk anak – anak dibanderol sebesar 4ribu rupiah, untuk mahasiswa 8ribu dan dewasa/umum dibanderol 15ribu. Harga tersebut all in, masuk ke museum diorama dan naik ke puncak Monas.

2. Masjid Istiqlal

masjid istiqlal
Masjid Istiqlal – via @muqaffi97

Masjid Istiqlal adalah satu–satunya masjid nasional negara Republik Indonesia, dan masjid ini merupakan salah satu tujuan wisata di Jakarta yang sangat populer dikalangan wisatawan. Pemimpin negara asing seperti Arab, Amerika dan negara lain saja sampe gak mau melewatkan kunjungannya ke masjid megah ini.

Sama seperti Monas, Masjid Istiqlal juga diprakarsai oleh Presiden Soekarno pada 14 agustus 1951. Uniknya, bangunan rumah ibadah ummat Muslim ini ternyata diarsiteki oleh seorang yang beragama Kristen Protestan bernama Frederich Silaban.

Kamu yang muslim harus mampir ke Masjid Istiqlal, cobain teduhnya hati saat sholat di masjid ini. Ohya, tau gak kenapa dinamakan Istiqlal? Nama Istiqlal dikutip dari bahasa Arab yang memiliki arti “Merdeka”. Kenapa Merdeka? Karena pembangunan masjid ini adalah merupakan bagian dari sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia dari Penjajahan.

3. Taman Mini Indonesia Indah

foto taman mini indonesia indah
Taman Mini Indonesia Indah – via @tamanmini

Kalau pengen menyaksikan keberagaman budaya Indonesia di Jakarta, kamu bisa mampir ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di areal seluas 150 hektar ini kamu dapat menyaksikan berbagai kebudayaan masyarakat Indonesia dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.

Di dalam kawasan TMII terdapat banyak  sarana wisata yang bisa kamu nikmati guys, seperti sarana rekreasi berupa kereta gantung, kolam renang snow bay, taman bunga, taman burung, beraneka museum, rumah ibadah berbagai Agama yang diakui di Indonesia dan masih banyak lagi.

Bangunan unik seperti keong emas juga bisa kamu kunjungi guys, namanya Theatre IMAX Keong Emas namanya. Kamu bisa nonton film dengan layar super lebar, ngalahin lebarnya layar yang ada di bioskop kesayangan Anda. Ahaha

Jam operasional Taman Mini Indonesia Indah dibuka mulai pukul 08.00 sampe pukul 22.00 wib dan tempat wisata di Jakarta yang satu ini buka setiap hari. Untuk wahana bermainnya dibuka mulai pukul 09.00 sampe pukul 16.00 wib.

Tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dibanderol mulai dari seribu rupiah hingga 150ribu. Tergantung jenis wahana yang kamu coba guys, informasi lengkapnya kamu bisa lihat disini Taman Mini Indonesia Indah

4. Dunia Fantasi Ancol

dufan ancol
Dunia Fantasi Ancol – via @milkjcy96

Dunia fantasi alias Dufan Ancol adalah salah satu icon wisata di Jakarta yang sangat populer dikalangan wisatawan lokal. Gak sah rasanya ke Jakarta kalo belum main ke Dufan Ancol.

BACA JUGA:  Kamu Doyan Foto? Pas Lagi di Medan Jangan Lupa Kunjungi 13 Spot Hunting Ini! (Bag.2)

Area rekreasi bermaskot bekantan ini diresmikan pada tanggal 29 agustus 1985, terletak di komplek Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Berbagai wahana bisa kamu mainkan di Dufan, mulai dari yang biasa aja sampe yang ekstreem juga ada disini. Seperti wahana kora – kora, tornado, hysteria dan masih banyak lagi. Keseruan akan semakin terasa kalau kamu kesini bareng teman – teman. Jangan sendirian ya, bisa baper nanti.

Jam operasional Dunia Fantasi Ancol weekday buka mulai pukul 10.00 sampai 19.00 wib dan pada saat weekend mulai 10.00 sampai 21.00 wib. Untuk pembelian tiket, loket mulai buka pukul 9.00 wib.

5. Kota Tua Jakarta

kota tua jakarta
Kota Tua Jakarta – via @arytamara_l

Salah satu tujuan wisata di Jakarta yang menarik dan keren banget dijadikan tempat selfie – selfie adalah kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Kawasan wisata ini juga dikenal dengan Batavia Lama.

Banyak spot menarik yang harus kamu kunjungi di kawasan wisata Kota Tua Jakarta, seperti Museum Fatahillah, Gedung Arsip Nasional, Toko Merah dan masih banyak lagi. Yang paling menarik dari semua tempat ini adalah bangunannya yang khas zaman dulu.

Kamu yang suka sejarah ataupun arsitektur bergaya Eropa gak salah deh memilih Kota Tua Jakrata sebagai tujuan wisata berikutnya saat ke Jakarta.

6. Museum Fatahillah

musium fatahilah
Musium Fatahilah – via @okajaya

Karena sering muncul di Tivi, Museum Fatahillah menjadi tenar dan banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Museum Fatahillah memiliki nama asli Museum Sejarah Jakarta, terletak di Jalan Fatahillah No.1 Jakarta Barat.

Sekali lagi buat kamu yang doyan wisata sejarah, cobalah mampir ke Museum  Fatahillah. Disini kita bisa belajar banyak hal mengenai Jakarta dari masa ke masa.

7. Kebun Binatang Ragunan

kebun binatang ragunan
Kebun Binatang Ragunan – via @ragunanzoo

Kalau mau berkunjung ke tempat wisata di Jakarta yang murah meriah ya mampir ke kebun binatang Ragunan yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kebun binatang Ragunan merupakan taman satwa tertua yang ada di Indonesia loh guys, didirikan pada tahun 1846 diatas lahan seluas 140 hektar, dan terdapat ratusan spesies di taman satwa ini.

Di kawasan kebun binatang banyak arena rekreasi yang bisa kamu coba, seperti naik gajah, mengendarai sepeda, naik onta, dan banyak lagi.

Tiket masuk ke kebun binatang Ragunan dibanderol Rp. 4.000 untuk dewasa dan Rp. 3000 untuk anak – anak. Murah kaan guuys?

BACA JUGA:  Inilah 10 Surga Wisata Kebanggaan Masyarakat Kabupaten Batubara Sumatera Utara

8. Kepualauan Seribu

kepulauan seribu
Kepulauan Seribu – via @ririgoddess

Kepulauan Seribu adalah satu – satunya kabupaten yang ada di wilayah administratif Provinsi DKI Jakarta.

Kepulauan Seribu menjadi bagian tempat wisata di Jakarta yang harus dikunjungi guys. Banyak terdapat pulau – pulau indah di daerah Kepulauan Seribu, seperti Pulau Kotok, Pulau Peniki dan banyak pulau – pulau lainnya.

Banyak wisatawan lokal maupun asing datang berkunjung ke Kepulauan Seribu untuk berwisata bahari, diving dan juga snorekeling melihat secara langsung keindahan alam Kepulauan Seribu.

9. Surga Belanja Tanah Abang

pasar tanah abang
Pasar Tanah Abang – via http://kotawisataindonesia.com

Tanah Abang merupakan satu kecamatan di wilayah administrasi Jakarta Pusat. Di satu kecamatan ini terdapat salah satu tempat wisata di Jakarta buat belanja yang cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Grosir Tanah Abang udah terkenal ke berbagai pelosok bahkan negara. Wajar terkenal, konon Grosir Tanah Abang katanya merupakan grosir fashion terbesar di Asia Tenggara. Perputaran uang di pusat belanja fashion ini bisa mencapai puluhan bahkan ratusan milyar per harinya. WOW!

Tanah Abang bukan lagi sebagai tempat belanja pakaian biasa, tapi sudah menjadi icon wisata belanja yang ada di Jakarta. Selain harganya yang murah, banyak pilihan model bisa kamu jumpai disini. Dan gak Cuma pakaian loh guys, kamu butuh apa? Disini ada.

10. Pecinan Glodok

pecinan glodok
Pecinan Glodok – via @eviefairish

Pecinan Glodok adalah kawasan hunian yang ditinggali oleh mayoritas kaum tionghoa. Pengen merasakan nuansa kehidupan chinesse seperti yang ada di filem filem nya Jackie Chan? Kamu harus berkunjung ke Glodok.

Masih terletetak di kawasan Kota Tua Jakarta, Konon Pecinan Glodok merupakan motor penggerak roda ekonomi di Jakarta. Kawasan yang rata – rata masih sama seperti dulunya ini menyimpan banyak pesona.

Berburu kuliner dengan citarasa tionghoa, disinilah tempatnya. Selain kuliner, disini juga banyak dijual barang – barang lain, contoh nya barang elektronik.

Selain belanja, ngapain aja disini? Yang jelas di Pecinan Glodok kamu bisa banyak belajar sejarah mengenai kehidupan masyarakat Tionghoa yang ada di Jakarta. Di kawasan Pecinan Glodok ini juga terdapat sebuah Klenteng tertua yang ada di Indonesia.

Masih banyak lagi wisata – wisata di Jakarta yang unik dan menarik untuk dikunjungi, tapi untuk yang legendaris dan eksis dari masa – ke masa bisa dikatakan 10 tempat wisata yang udah kita bahas tadi.

Kalau Cuma baca dan tau informasi dari internet, rasanya kurang lengkap deh guys. Seperti BAB lupa cebok, ada yang kurang. Hehe

So, kalau ada kesempatan dan rezeki jangan lupa berkunjung ke tempat – tempat wisata di Jakarta yang bagus dan keren yang udah disebutin di atas tadi ya. Biar makin nambah wawasan dan mudah – mudahan makin nambah juga kesyukurannya. Amiin.

Tinggalkan Balasan