Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) Dengan Keunikan dan Keseruan Beragam Satwa

Gembira Loka adalah tempat yang pas buat kamu yang lagi bingung akhir pekan mau piknik kemana. Ini adalah satu-satunya kebun binatang yang ada di Jogja. Kebun binatang Gembira Loka (GL Zoo) merupakan kebun binatang terbesar di kota Jogja yang wajib di kunjungi saat liburan. Tak ada salahnya jika menghabiskan waktu akhir pekan bersama anggota keluarga di sini.

gembira loka
Pohon beringin besar, tempat beristirahat setelah berkeliling gembira loka

Adanya pohon besar yang tumbuh di kompleks kebun binatang ini menjadikan suasana sejuk dan teduh. Piknik kamu pasti bakal seru tanpa harus berpanas-panasan dengan sinar matahari.

Di kebun binatang ini kamu bisa melihat banyak sekali hewan langka dan unik yang dilindungi. Diantaranya seperti reptil, mamalia, unggas dan masih banyak lagi. Untuk kamu yang bosen liburan ke Candi terus dan penasaran belum pernah kesini, yuk ikuti jalan-jalan tim Tempat Asik kali ini. Seperti di tempat wisata lainnya di jogja, selain tiket kamu juga mendapatkan sebuah peta lengkap dari kebun binatang Gembira Loka.

Alamat dan Rute Menuju Gembira Loka Zoo

Kebun binatang Gembira Loka beralamat di Jl. Kebun Raya No. 2, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja sekitar kurang lebih 20 sampai 30 menit perjalanan.

Jalan menuju area Kebun Binatang Gembira Loka
Jalan menuju area Kebun Binatang Gembira Loka

Rute cukup mudah karena berada di dekat kota dan bisa dari berbagai arah. Jika dari Jl. Jogja –Solo, ambil arah ringroad selatan sampai lampu merah blok O ke kanan/barat. Sampai di JEC (Jogja Expo Center) lurus sampai lampu merah ambil kanan. Sampai di pertigaan masuk area parkir.

Jika dari arah barat seperti Malioboro atau Tugu Jogja, kamu bisa melalui Jl. Kusumanegara atau pabrik SGM ke timur sekitar 200 meter ada jembatan ambil kanan sampai area parkir kebun binatang.

Gembira Loka Menjadi Tempat Rekreasi Yang Tepat Bareng Keluarga

Banyaknya satwa di kebun binatang ini, pengunjung biasanya di dominasi oleh anak-anak dan rombongan keluarga. Bagi kamu yang belum menikah boleh juga ajak pasanganmu kesini. Selain piknik, bisa menambah ilmu pengetahuan juga.

Di lokasi sebelum memasuki area utama ada diorama flora dan fauna atau laboratorium alam. Setelah masuk area utama, di lokasi pertama ada gajah Sumatera besar yang akan menyapa para pengunjung. Kalian pun bisa mencoba menaiki gajah tunggang cukup membayar Rp 20.000,-.

gajah tunggang di kebun binatang gembira loka
Menaiki Gajah tunggang di Kebun Binatang Gembira Loka

Di sisi kiri ada orang utan Kalimantan yang ada di kandangnya. Di samping nya ada simpanse. Ke arah selatan ada kolam tangkap dan terapi ikan, harga tiket juga cukup murah loh. Ada baiknya ajaklah putra-putri, untuk menambah keceriaan mereka.

BACA JUGA:  One Day Trip To Berastagi, Tips Menarik Buat Kamu Yang Libur Cuma Sehari

Di kolam tangkap, terdapat sebuah kolam berisi ikan besar, ikan arapaima namanya, tapi orang Jogja sudah terbiasa dengan nama paima atau paimo, selain itu terdapat ikan seperti lele berukuran besar disini.

kolam tangkap di kebun binatang gembira loka
Kolam tangkap untuk menambah keceriaan anak-anak di Kebun Binatang Gembira Loka
ikan raksasa di kebun binatang gembira loka
Arapaima, Ikan raksasa di Kebun Binatang Gembira Loka

Ada banyak buaya muara, kanguru, binturong, kancil, dan harimau yang bisa kamu lihat. Ada area khusus untuk hewan reptil seperti ular, kura-kura dll.

reptil di kebun binatang gebira loka
Pintu masuk area reptil di Kebun Binatang Gembira Loka

Untuk oleh-oleh souvenir, disini ada yang menjual boneka hewan, gantungan kunci dan tshirt.

Spot Foto Menarik di Gembira Loka Zoo

Semua sudut di kebun binatang ini bisa kamu jadikan spot untuk foto yang menarik, tetapi ada beberapa tempat yang paling menarik yang kami temui. Di pintu masuk ada pohon beringin besar dengan hiasan-hiasan. Di gapura untuk masuk ke taman juga bisa dijadikan tempat untuk berfoto.

tempat berfoto di kebun binatang gembira loka
Tempat berfoto menarik di Kebun Binatang Gembira Loka

Lanjut ke sisi selatan, ada 2 patung pinguin yang lucu bisa untuk diajak foto bareng. Setelah patung pinguin ada spot yang tidak boleh kamu lewatkan, kamu bisa mengambil foto kepala dengan badan orang utan. Ada juga disamping nya seolah-olah kamu sedang berfoto bareng dengan seekor harimau, walau hanya gambar, :).

tempat berfoto unik dikebun binatang gembira loka
Tempat berfoto unik di Kebun Binatang Gembira Loka

Ada juga spot dengan satu tempat duduk seolah-olah berada di depan sebuah pintu. Di sampingnya ada spot dengan background kayu-kayu. Jadi bagi kalian yang ingin foto, antri ya.

Spot untuk berfoto di Kebun Binatang Gembira Loka
Spot untuk berfoto di Kebun Binatang Gembira Loka

Lanjut ke jalur utama, terdapat tangga menurun menuju lokasi menjumpai kolam besar untuk wahana air. Di sisi kiri ada tulisan dari nama kebun binatang ini yang bisa kamu manfaatkan untuk foto bersama.

berfoto di kebun binatang gembira loka
Berfoto bareng keluarga di Kebun Binatang Gembira Loka

Di area bird park ada spot foto unik yang bisa kalian coba, spot ini bisa dibilang baru karena belum lama ada.

spot foto unik di kebun binatang gembira loka
Spot foto yang unik di Kebun Binatang Gembira Loka

Di area menuju arah keluar kebun binatang ini, ada sebuah taman menuju atas yang tidak boleh kamu lewatkan untuk berfoto. Ada goa berbentuk dinosaurus dan ditumbuhi tanaman yang cantik. Di bagian terdapat sebuah kolam dengan patung gajah kecilnya.

Goa Theranosaurus di Kebun Binatang Gembira Loka
Goa Theranosaurus di Kebun Binatang Gembira Loka

Saat ini terdapat taman kecil yang sudah di percantik, diantara pintu masuk dan pintu keluar.

Taman di area Kebun Binatang Gembira Loka
Taman di area Kebun Binatang Gembira Loka

Harga Tiket Masuk ke Gembira Loka Zoo

Untuk memasuki kebun binatang, pengunjung harus antri dulu untuk membeli tiket di loket. Untuk harga tiket masuknya Rp 30.000,- per orang untuk usia diatas 3 tahun dan sudah termasuk asuransi jika terjadi musibah di lokasi.

harga tiket masuk kebun binatang gembira loka
Harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka

Harga tiket memang cukup mahal tetapi keseruan di tempat ini sepadan dengan harganya.

Serunya Berinteraksi dan Berfoto Dengan Burung di Gembira Loka Zoo

Area bird park adalah area khusus untuk melihat bermacam-macam jenis burung langka. Karena berbagai jenis burung ada di satu tempat, kamu bisa menyaksika berbagai maca warna dan ukuran burung, ada yang kecil dan besar, siapa saja bakal gemes melihatnya.

Bird Park Kebun Binatang Gembira Loka
Bird Park Kebun Binatang Gembira Loka

Halaman pertama, akan disambut para burung lesser flamingo yang kaki satunya suka dilipat jadi cuma terlihat satu kaki, lucu pokoknya, jadi pengen dibawa pulang :). Ada berbagai macam burung elang, seperti elang brontok fase gelap, elang laut perut putih. Ada beluk ketupa, elang setiwel, juga scarlet ibis.

BACA JUGA:  Telaga Biru Cisoka, Tempat Asik di Tangerang
Burung Flamingo di Kebun Binatang Gembira Loka
Burung Flamingo di Kebun Binatang Gembira Loka

Lanjut masuk lory kingdom yang di dalamnya ada banyak jenis burung warna-warni juga. Ditempat ini kalian akan menemui si burung cantik merak yang berkeliaran jalan-jalan dan kadang bertengger di atas.

Pintu masuk lory kingdom
Pintu masuk lory kingdom

Disini kalian bisa lebih dekat melihat jelas kecantikan dari warna burung ini. Mungkin ada yang gemes juga pengen memelihara burung cantik ini.

Burung Merak di Kebun Binatang Gembira Loka
Burung Merak di Kebun Binatang Gembira Loka

Ada pula spot untuk foto dengan burung yang cantik. Cukup membayar dana seikhlasnya ke sebuah kotak di sampingnya. Burung lucu ini tidak galak, jadi jangan cemas kalau takut di patuk si burung.

Tempat berfoto dengan burung di Kebun Binatang Gembira Loka
Tempat berfoto dengan burung di Kebun Binatang Gembira Loka

Disamping spot foto ini ada pinguin jackass atau african pinguin, biasanya pada bertengger di atas kalau lelah berenang. Di samping nya juga ada kios penjual souvenir aneka ragam boneka binatang. Mungkin kamu bisa mencoba untuk membeli untuk kenang-kenangan.

Souvenir di Kebun Binatang Gembira Loka
Souvenir di Kebun Binatang Gembira Loka

Setelah puas berada di Bird Park, kamu bisa lanjut berkeliling lagi, kamu bisa menyaksikan seekor onta yang sedang makan di kandangnya terkadang mereka ini mulutnya nyengir loh. Ada pula rusa dan kijang. Tak jauh dari kandang onta, kalian bisa mencoba naik onta tunggang. Untuk biaya cukup bayar Rp 20.000,- per orang.

Onta tunggang di Kebun Binatang Gembira Loka
Onta tunggang di Kebun Binatang Gembira Loka

Di sela perjalanan kita menjumpai owa kalimantan dan bekantan si hidung panjang yang sedang asik makan dan bergelantungan. Di area tengah kebun ada lokasi yang difungsikan untuk pertunjukan/pentas atraksi para satwa terampil yang bisa di tonton. Ada jadwalnya juga untuk jam pentasnya.

Panggung petunjukan satwa di Kebun Binatang Gembira Loka
Panggung petunjukan satwa di Kebun Binatang Gembira Loka

Di selatan panggung pentas satwa ada beberapa berang-berang lucu yang sedang asik berenang dan mencari ikan di kolam. Di sisi utara ada seekor Kuda Nil yang sedang berendam.

Kuda Nil di Kebun Binatang Gembira Loka
Kuda Nil di Kebun Binatang Gembira Loka

Wahana Seru yang Ada di Gembira Loka Zoo

Buat kamu yang mau mencoba wahana di kebun binatang ini ada banyak yang bisa dicoba. Tim Tempat Asik mencoba speed boat dengan tarif Rp 20.000,- per orang. Beberapa putaran mengelilingi kolam dengan kecepatan cukup tinggi bisa juga untuk melepas penat, apalagi saat berbelok memutar, pokoknya dijamin seru deh.

Harga tiket perahu boot di Kebun Binatang Gemira Loka
Harga tiket perahu boat di Kebun Binatang Gemira Loka

Jika takut, bisa mencoba wahana Katamaran di dermaga yang sekedar naik perahu dengan pelan menyusuri danau bersama keluarga. Tarifnya cukup murah, yaitu sebesar Rp 10.000,- saja per orangnya.

Lanjut ke area lain, terdapat wahana bumper boat yang bisa dinaiki 2 orang. Tarifnya cukup membayar Rp 20.000,- per orang.

Wahan bumper boat di Kebun Binatang Gembira Loka
Wahan bumper boat di Kebun Binatang Gembira Loka

Untuk wahana perahu kayuh dan sekuter air cukup membayar Rp 20.000,- per orang jika kalian ingin mencobanya.

Wahan perahu kayu sekuter air Gembira Loka
Wahan perahu kayu sekuter air Gembira Loka

Untuk tarif masuk dan tarif wahana bagi usia dibawah 3 tahun belum kena biaya ya alias gratis, umur diatas 3 tahun dikenakan biaya.

Waktu yang Tepat Ke Gembira Loka Zoo

Jika kamu berencana pergi ke sini, ada baiknya pagi menjelang siang. Karena selain udara masih segar, pengunjung pun belum terlalu ramai. Jadi masih bisa santai menikmati suasana Kebun Binatang ini.

BACA JUGA:  Inilah 14 Tempat Wisata di Ubud Bali Yang Paling Diminati Wisatawan Dunia
Waktu yang tepat ke Gembira Loka
Waktu yang tepat ke Gembira Loka

Saat tanggal merah, weekend dan musim liburan, hampir semua tempat wisata dimanapun tentu akan dibanjiri banyak pengunjung. Termasuk di sini juga saat musim liburan selalu ramai pengunjung, jadi jangan heran kalau kesini kadang berdesakan. Kalau ingin suasana lumayan sepi, sebaiknya datang di hari biasa.

Fasilitas di Gembira Loka Zoo

Fasilitas disini sudah terbilang memadai. Ada toilet umum, mushola, area parkir yang cukup luas, warung dan penjaja makanan di luar dan di dalam area. Di pintu keluar, terdapat banyak kios berjajar khusus menjual aneka ragam oleh-oleh, mulai dari makanan sampai pernak pernik. Ada cemilan, dodol, souvenir, topi yang bisa kamu borong.

Pedagang di Gembira Loka
Pedagang di Gembira Loka

Ada pula fasilitas gratis penggunaan kursi roda bagi yang membutuhkan. Ada transport berkeliling kompleks kebun jika merasa lelah, untuk 1 stop tarif Rp 8.000,- dan multi stop Rp 25.000,-.

Halte transport keliling Gembira Loka
Halte transport keliling Gembira Loka

Ada gelang identitas anak untuk mempermudah jika terpisah dari keluarganya. Jika berminat bisa didapatkan di petugas pintu masuk, pos keamanan, dan loket wahana. Ada pula kupon akses wifi yang bisa didapatkan di pos keamanan ataupun loket wahana.

Ada juga area bermain di sisi selatan. Di samping nya ada gerbang labirin yang banyak lika-liku memutar yang bisa kalian coba.

Labirin di Gembira Loka
Nyasar di Labirin di Gembira Loka

Di beberapa tempat juga banyak gazebo atau tempat duduk untuk santai sejenak setelah berkeliling. Di atas kolam utama ada resto dan cafe Mayang Tirta untuk memesan makanan atau minuman.

Resto dan Cafe di Gembira Loka
Resto dan Cafe di Gembira Loka

Bagi yang mau foto langsung jadi, disini juga ada, cukup membayar Rp 20.000,- langsung cetak dan gratis bingkai cantik.

foto di gembira loka
Buat yang mau mengabadikan momen, kamu bisa foto langsung cetak

Sejarah Gembira Loka Zoo

Ide awal pembangunan tempat kebun raya & kebun binatang ini adalah keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII tahun 1933, lalu dinamakan Kebun Rojo. Ide ini di realisasikan Sri Sultan Hamengku Buwono IX dibantu arsitek Belanda Ir. Karsten.

Sejarah Kebun Binatang Gembira Loka
Sejarah Kebun Binatang Gembira Loka

Akibat Perang Dunia II pembangunan terhenti. Tahun 1949 setelah selesai perang tersebut, pemerintah pusat dipelopori Januismadi & Hadi, SH memberi kenang-kenangan untuk masyarakat Jogja berupa tempat hiburan. Tapi realisasi belum dirasakan masyarakat.

Tahun 1953, berdirinya Yayasan Gembira Loka Yogyakarta diketuai Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII pembangunan benar-benar direalisasikan.

Tahun 1959 Sri Paduka Paku Alam VIII menunjuk Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan dan terbukti bisa memberi kemajuan pesat.

Tahun 1978 koleksi satwa sudah semakin lengkap dan ramai pengunjung.

Tahun 2009 bulan November Yayasan Gembira Loka bekerja sama dengan PT. Buana Alam Tirta untuk mengelola tempat ini.

Bagi yang bosan piknik di daerah pegunungan seperti Candi Ijo ataupun Tebing Breksi, liburan ke kebun binatang Gembira Loka ini bisa menjadi pilihan tepat untuk wisata bareng keluarga. Selamat berlibur.