Pantai Indrayanti | Harga Tiket, Lokasi, Rute, Foto, Hotel & Fasilitas

Saat mendengar nama Pantai Indrayanti lantas banyak orang berpikir bahwa pantai ini dimiliki oleh seorang yang bernama Indrayanti. Kadang pula ada yang berpikir kalau orang yang pertama kali menginjakkan kakinya di pantai ini adalah seorang perempuan bernama Indrayanti.

Sejarah Pantai Indrayanti

Berdasarkan informasi yang ada terdapat beberapa versi sejarah tentang penamaan dari Pantai Indrayanti. Ada yang berbau mitos dan ada pula yang berdasarkan fakta yang ada.

Pada artikel ini kami tidak akan menuliskan mitos yang beredar karena cerita yang beredar sulit untuk mempertanggungjawabkannya.

Asal Usul Nama Pantai Indrayanti

Pada awalnya pemerintah Gunungkidul menamakan pantai ini dengan nama Pantai Pulang Sawal, dan warga setempat menyingkatnya menjadi pantai PulSa (Pulang Sawal).

Pemberiaan nama ini mungkin dengan harapan sesuai dari namanya Sawal yang berarti peningkatan. Pemerintah Gunungkidul berharap dengan keberadaan pantai ini semakin meningkatkan perekonomian dan kesejahateraan warga di sekitar Pantai Indrayanti.

Namun pada perjalanannya ternyata pengembangan wisata Pantai Indrayanti ini mandek dan tidak terjadi pembangunan.

Bahkan di beberapa bagian kawasan sudah ditumbuhi pandan-pandan liar dan menjadi semak belukar, warga setempat kemudian menjadikan pandan tersebut sebagai pakan ternak.

Barulah sekitar tahun 2009 ada pihak swasta yang mendirikan sebuah cafe dan resto di pinggir pantai Pulang Sawal ini.

resto indrayanti
Sumber: Teguh Nasa

Cafe dan resto tersebut diberi nama Indrayanti oleh pemiliknya, nama ini mereka ambil dari gabungan nama pemilik resto yakni Indra dan Yanti.

Nama Indrayanti itu terpampang di depan restoran sehingga membuat masyarakat berpikir kalau Indrayanti ini adalah nama pantai tersebut.

Kontroversi Nama Pantai Indrayanti

Pemberian nama Indrayanti kepada pantai ini sempat menjadi kontroversi bagi pemerintah Gunung Kidul, karena sebelumnya pantai ini diberi nama Pantai Pulang Sawal atau disingkat PulSa.

Namun karena kepopuleran nama Indrayanti di kalangan wisatawan, maka akhirnya Indrayanti adalah nama pengganti dari pantai ini.

Seperti kata pepatah, bak gayung bersambut. Setelah berdirinya cafe dan resto Indrayanti maka geliat pariwisata di pantai ini mulai muncul. Semakin hari pengunjung terus meningkat dan semakin melekatkan nama Pantai Indrayanti sebagai nama pantai ini.

Tidak membutuhkan waktu yang lama Pantai Indrayanti menjadi primadona baru di dunia pariwisata Jogja. Kota yang kita kenal sebagai kawasan wisata budaya, sejarah dan kearifan lokal kini juga dikenal sebagai tujuan wisata pantai-pantai indah layaknya Bali.

Karena pesatnya pertumbuhan wisatawan yang datang, maka fasilitas di pantai ini pun mulai dilengkapi oleh pengelolanya. Tak sampai disitu, geliat ekonomi masyarakat sekitar pun mulai tumbuh, ditunjukkan dengan banyaknya masyarakat yang beralih profesi dari petani menjadi penggiat pariwisata.

sejarah pantai indrayanti
Sumber: sopyan_wijanarko20

Masyarakat di sekitar Pantai Indrayanti dulunya sebagian besar adalah petani dimana mereka menggarap lahan yang sebetulnya kurang subur.

Mengingat kontur tanah yang ada di Gunungkidul merupakan tanah bebatuan yang minim kadar air, dan hanya mengharapkan air hujan sebagai solusi pengairan pertanian mereka.

Setelah mulai dikenalnya Pantai Indrayanti di kalangan pecinta pantai, menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar. Ada sebuah harapan baru dalam meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan taraf kehidupan warga sekitar.

Masalah Perijinan

Kontroversi lainya muncul saat Pantai Indrayanti mulai berkembang, kali ini bukan dari penamaan pantai ini melainkan dari pengelolaannya.

Dimana menurut pemerintah Gunungkidul pengelolaan pantai ini melanggar undang-undang yang ada di daerah Gunungkidul.

Sebab keberadaan pantai ini dikelola oleh pihak swasta dan ada dugaan bahwa hak pakai pantai ini telah dibeli oleh pihak swasta tersebut ke masyarakat.

mitos indrayanti
Sumber: jalu_aji_

Padahal seluruh kawasan pantai selatan yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan tanah milik Sri Sultan Hamengku Buwono atau disebut Sultan Ground yang tidak bisa diperjual belikan.

Disisi lain pemanfaatan Pantai Indrayanti sebagai kawasan wisata komersil juga tidak memiliki ijin resmi dari pemerintah setempat. Pada akhirnya operasionalnya pada waktu itu sempat ditutup dari berbagai aktifitas pariwisata.

Namun pada tahun 2014, Pantai Indrayanti kembali dibuka untuk umum sebagai kawasan wisata bahkan sejak saat itu dilakukan promosi besar-besaran. Sehingga nama dan keindahan dari pantai ini mulai dikenal secara nasional bahkan dunia internasional.

Keberhasilan ini tak luput dari peran dan komunikasi yang terjalin antara pihak swasta, masyarakat setempat dan juga Pemerintah DIY.

Jangan Lakukan Hal Ini di Pantai Indrayanti

Kebiasaan buruk sebagian besar masyarakat adalah membuang sampah sembarangan, mohon jangan biarkan kebiasaan buruk tersebut dibawa ke pantai ini. Jika tidak kamu akan dikenakan denda sebesar Rp10.000 dari setiap sampah yang kalian buang oleh pengelola Pantai Indrayanti.

Pemberlakuan denda ini sebenarnya sangat baik terutama untuk pendidikan lingkungan bagi masyarakat agar tidak sesuka hati membuang sampah sembarangan.

Pantai Indrayanti ini bisa dibilang pantai terbersih yang ada di Pulau Jawa, warga setempat bahu membahu bersama pengelola pantai dan juga pemerintah daerah untuk terus menjaga kebersihan pantai ini.

BACA JUGA:  EMBUNG TAMBAKBOYO, Tempat Wisata Murah Dan Asik di Condong Catur Jogja

Jadi sebagai wisatawan jangan rusak keindahan alam Indonesia dengan secuil sampah kalian ya.

Keindahan dan Daya Tarik Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai terbaik yang ada di daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai dengan kawasan yang sangat bersih, pasir lembut berwarna putih dan dipadu dengan deburan ombak dengan air laut yang jernih adalah daya tarik utama pantai ini.

Pengelola dan warga setempat sangat sadar kebersihan itu adalah sebuah keniscayaan jika sebuah tempat wisata ingin dicintai oleh para pengunjungnya.

pantai indrayanti
Sumber: ekhakhartika

Oleh sebab itu pengelola pantai dan warga sangat aktif menjaga kebersihan pantai. Bahkan tidak sungkan-sungkan untuk memberikan sanksi kepada pengunjung yang nakal membuang sampah sembarangan.

Pantai Indrayanti merupakan sebuah prototipe tempat wisata dimana antara pengelola dan warga sekitarnya sangat peduli dengan sumber penghidupan mereka.

Jika dibandingkan dengan pantai lain, warga sekitar bahkan pengelola pantai masih acuh jika ada pengunjung dengan seenak udel nya membuang sampah baik itu makanan dan juga puntung rokok di sembarang tempat.

Keindahan di pantai ini semakin sempurna dengan adanya perbukitan yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati keindahaan pantai Indrayanti dan juga samudera luas dari ketinggian.

Payung-payung cantik tempat berteduh bagi wisatawan berjejer seperti khas pantai di Bali sehingga menjadikan suasana di sini semakin romantis.

Pepohonan rindang yang tumbuh di bukit bukit yang mengapit pantai semakin membuat pantai Indrayanti kaya akan warna. Jika menjelang sore hari kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam dari pantai ini.

Selain pemandangan alamnya yang luar biasa, di Pantai Indrayanti banyak aktifitas seru yang bisa kamu saksikan, seperti permainan Jet Sky.

Walaupun kamu tidak menjajal permainan tersebut, namun saat orang lain bermain Jet Ski biasanya adrenalin kita pun ikut terpacu.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Harga tiket masuk Pantai Indrayanti ini bisa dibilang sangat murah karena konsepnya semacam tiket terusan. Tiket masuknya Rp10.000, dengan harga tersebut kamu sudah bisa memasuki pantai terdekat.

Pantai tersebut antara lain Pantai Drini, Pantai Kukup, Pantai Baron, Pantai Sundak, Pantai Krakal, Pantai Sepanjang, dan juga Pantai Pok Tunggal.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Pantai Indrayanti terbilang sudah sangat lengkap, berikut ini kami infokan beberapa fasilitas yang ada:

Musholla dan Toilet

Bagi kamu yang muslim tidak perlu khawatir mencari tempat ibadah, di Pantai Indrayanti sudah tersedia Musholla dan juga Toilet.

Toilet bisa kamu pergunakan untuk buang air kecil, buang air besar hingga mandi dan berganti pakaian. Untuk buang air kecil dikenakan tarif Rp2.000 dan untuk mandi atau buang air besar Rp5.000.

Gazebo

Di pantai ini tersedia gazebo unik yang bisa kamu gunakan rame-rame bersama keluarga ataupun kerabat, sambil menikmati keindahan pantai ataupun sekedar tempat meletakkan barang bawaan. Gazebo-gazebo di sini disewakan dengan harga mulai dari Rp30.000 an per  unit.

Payung Pantai

pantai indrayanti jogja
Sumber: luthfinotabi

Jika kehabisan gazebo kamu bisa memilih untuk berteduh di bawah payung unik ini. Hanya saja payung pantai ini lebih diperuntukkan bagi kamu yang ingin sekedar bermain air dan dikondisi tertentu bisa terkena sinar matahari juga.

Kamu dapat meyewa payung ini dengan harga Rp20.000, harga ini sudah termasuk alas untuk kamu istirahat ataupun duduk sambil menikmati pantai.

Wahana Bermain Anak

Kenapa pantai ini sangat direkomendasikan buat kamu yang sudah berkeluarga dan punya banyak anak, sebab di sini tersedia wahana bermain anak.

Anak-anak biasanya seleranya pasti berbeda dengan orang dewasa, bagi mereka untuk apa pergi ke pantai kalau anak-anak tak boleh berenang sampai ke tengah.

Tapi jangan khawatir, di Pantai Indrayanti sudah disediakan wahana bermain anak yang bisa digunakan secara cuma-cuma alias gratis.

Resto dan Kafe

Mirip seperti kebanyakan tempat wisata lainnya, di Pantai Indrayanti juga tersedia tempat makan yang repersentatif. Menunya pun bervariasi, mulai dari yang standar hingga yang mahal juga tersedia di sini.

Banyak warung-warung yang bisa kamu pilih salah satunya untuk menikmati santap siang di Pantai ini. Jika kamu lupa bawa perbekalan atau jika perbekalan kamu kurang, tidak perlu khawatir lagi soal itu, pesan saja menu-menu yang ada di resto dekat dengan bibir pantai, maka masalah kamu akan beres.

Harga-harga menu sajian di resto pantai ini pun cukup bervariasi, mulai dari Rp10.000 hingga ratusan ribu rupiah juga ada.

Tempat Parkir Yang Luas

Karena tiket yang Rp10.000 itu bisa digunakan untuk memasuki banyak pantai sekaligus, otomatis parkiran di sini pun sangat luas.

Biaya tiket parkir di Pantai Indrayanti juga cukup murah, untuk kendaraan motor Rp4.000 dan Rp15.000 untuk mobil.

Jet Ski

pantai indrayanti jetski
Sumber: Agus views

Kelebihan dari pantai ini kalian bisa memacu adrenalin dengan bermain wahana air berupa Jet Ski.

Untuk bermain Jet Ski di Pantai Indaryanti tentunya kamu harus menyewa dengan biaya yang cukup mahal yakni Rp250.000 dengan durasi waktu hanya 15 menit.

Tapi dengan bermain Jet Ski di pantai Indrayanti kamu akan merasakan sensasi tersendiri yang mungkin saja tidak akan kamu rasakan seperti di tempat lain.

Penginapan

Di sini juga tersedia beberapa penginapan dengan beragam konsep yang menarik. Penginapan-penginapan di sini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari yang biasa-biasa hingga fasilitas layaknya hotel.

Harga yang ditawarkan juga tentunya berdasarkan fasilitas yang akan kamu dapatkan, harga penginapan di Pantai Indrayanti mulai dari Rp100.000 hingga Rp. 2jutaan per malamnya.

Toko Suvenir dan Oleh-oleh

Di mana ada tempat wisata disitu ada penjual oleh-oleh, begitu juga dengan Pantai Indrayanti. Kamu tak perlu risau jika belum belanja souvenir khas Pantai ataupun Khas Jogja.

BACA JUGA:  Bukit Bintang Jogja

Di sini banyak pilihan souvenir dari berbagai penjual yang bisa kamu beli dan bawa pulang.

Fotographer

Buat kamu yang lupa bawa perlengkapan foto tak perlu khawatir, kamu juga bisa mengabadikan keceriaan mu dengan menyewa jasa photography profesional.

Cukup dengan membayar Rp5.000 untuk satu foto profesional dan filenya di kirim ke email atau handphone kamu.

Jika mau hasil cetaknya juga bisa, cukup membayar Rp10.000 saja kamu sudah bisa mendapatkan file softcopy dan juga foto yang sudah dicetak.

Kegiatan Menarik di Pantai Indrayanti

Berkunjung ke sebuah tempat wisata tentu sebelumnya kita sudah memikirkan hendak melakukan apa di tempat tersebut. Nah jika kamu bingung di Pantai Indrayanti bisa ngapain aja, berikut kami infokan buat kamu:

Menikmati Indahnya Pantai Hingga Terbenam Matahari

Kegiatan pada umumnya di sebuah pantai adalah menikmati keelokan pantai tersebut. Sama halnya dengan di Pantai Indrayanti, kamu bisa menyaksikan keindahan Pantai Selatan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Berjalan diatas pasir putih yang lembut ditemani oleh desiran ombak dengan air yang jernih sambil sesekali menuliskan nama mantan kamu di atas pasir merupakan keseruan yang mungkin tidak bisa kamu lakukan jika kamu tinggal diperkotaan.

Jika menjelang sore hari, jangan buru-buru pulang ke rumah, karena menjelang sore ini adalah saat paling romantis di Pantai Indrayanti. Kamu bisa menyaksikan lengsernya sang surya ke ufuk barat atau lebih dikenal dengan sunset.

tiket masuk pantai indrayanti
Sumber: helmywatc7

Jika hari mulai gelap maka lampu-lampu penerangan pun mulai hidup, dengan cahaya redup ditemani bintang-bintang akan semakin menambah nilai romantisme pantai ini. Apalagi kalau kamu berkunjung ke sini bersama istri, pasti seru.

Bermain Air dan Pasir

Bermain bersama ombak di laut sudah barang tentu menjadi hal wajib yang harus kamu lakukan ketika berkunjung ke Pantai Indrayanti.

Terutama bagi kamu warga yang datang dari wilayah pesisir utara pulau Sumatera Utara, cobain deh mandi di sini, air nya beda banget, di sini bersih dan tidak bau amis. Hehe

gambar pantai indrayanti
Sumber: elaaraaaaa_

Hanya saja kamu perlu berhati-hati ketika berenang, karena di waktu tertentu ubur-ubur juga ikutan berenang di pinggir pantai.

Jika kamu ada ketemu hewan seperti balon tersebut, hilangkan sifat penasaran kamu ya. Lebih baik tinggalkan saja hewan tersebut, karena jika kalian terkena sengatannya akan terasa sakit sekali di kulit.

Agar lebih aman usahakan sebelum berenang atau bermain air, tanyakan terlebih dahulu ke warga sepempat ataupun pengelola pantai, apakah kondisi pantai aman terkendali dari hewan ubur-ubur atau tidak.

Bermain Jet Ski

Tidak semua pantai yang ada di Yogyakarta menyediakan permainan Jet Ski, di Pantai Indrayanti kamu bisa menjajal permainan ini tentunya harus mengeluarkan biaya seperti yang sudah kita inforamsikan sebelumnya.

Selama 15 menit kamu bisa sepuasnya menjelajah pesisir pantai dengan kecepatan tinggi. Permainan ini tergolong aman karena tentunya sudah dipersiapkan dengan matang oleh pengelola pantai.

Bermain Layangan dan Volley Pantai

Kamu yang bobi main layangan ataupun bola volley jangan melewatkan permainan seru ini ketika di Pantai Indrayanti.

Kamu bisa persiapkan terlebih dahulu untuk dibawa ke lokasi ini. Jika pada saat weekend bola volley mungkin tidak bisa dimainkan karena padatnya pengunjung, tapi bermain layang-layang sepertinya bisa dilakukan.

Melihat Keindahan dari Puncak Bukit

bukit karang pantai indrayanti
Sumber: andika_putra_str

Di Pantai Indrayanti juga kamu bisa melakukan hal seperti yang dilakukan di Pantai Baron, yakni menyaksikan keindahan ciptaan Tuhan dari atas bukit-bukit yang mengelilingi pantai ini.

Berburu oleh-oleh

Belanja adalah kegiatan seru ketika berada di sebuah tempat wisata, biasanya wisatawan sudah menyisihkan dana dengan nilai tertentu untuk dibelanjakan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Di Pantai ini kamu juga bisa membeli cinderamata tanda bahwa kamu sudah pernah main ke pantai ini. Ada gelang-gelang unik dan juga kaos bertuliskan pantai Indrayanti dengan berbagai ukuran, mulai dari ukuran anak-anak hingga ukuran dewasa.

Lokasi Pantai Indrayanti

Alamat Pantai Indrayanti berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasinya terbilang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta yakni sekitar 70 kilometer dan bisa ditempuh dalam kurun waktu kurang lebih 2 jam. Tergantung kondisi jalan dan kendaraan yang kamu gunakan.

Dari cerita beberapa wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke Pantai Indrayanti, ada tantangan tersendiri saat menuju pantai ini, yakni rute menuju pantai ini yang cukup ekstrem.

Jalannya berlika-liku seperti kehidupan, di beberapa titik ada tikungan tajam dan hanya bisa dilewati oleh satu mobil, serta kondisi jalan yang naik turun membuat sebagian orang akan merasa pusing dan mual.

Namun demikian, infrastruktur jalan sudah sangat baik, jalan yang dilalui mulus dengan aspal. Jadi walaupun kalian merasa puyeng saat di dalam kendaraan, ketika tiba di pantai hampir bisa dipastikan semua kelelahan tersebut akan sirna seketika.

Rute menuju Pantai Indrayanti setidaknya ada 2 jalur yang bisa kalian pilih, berikut informasi rutenya:

  1. Dari kota Jogja ambil menuju jalan Wonosari (ringroad timur) – lalu menuju arah Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangrejek – Hargosari – Tepus. Setiba di Tepus tinggal ikuti petunjuk arah yang menuju pantai.
  2. Dari Jogja menuju jalan Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron, dari pantai Baron lanjut perjalanan ke arah timur kurang lebih 10 kilometer untuk sampai ke lokasi pantai.

Walaupun ada 2 jalur pilihan, namun jalur utama yang direkomendasikan adalah jalur yang pertama. Jalur ini melalui Bukit Bintang dan banyak dilalui warga atau wisatawan dari Jogja menuju kota Wonosari atau sebaliknya.

BACA JUGA:  Ternyata, 9 Tempat Wisata Ini Menjadi Trending Topic Di Indonesia

Ketika sudah berada di desa Tepus sudah banyak papan informasi yang mengarahkan ke pantai. Hanya saja kamu jangan kebingungan jika yang tertulis pantai Pulang Sawal, karena pantai Pulang Sawal adalah nama resmi dari Pantai Indrayanti.

Tempat Wisata di Sekitar Pantai Indrayanti

Jika berpergian ke sebuah tempat wisata dalam waktu yang singkat tentulah kita mempersiapkan terlebih dahulu ke tempat wisata mana saja kita akan berkunjung.

Di sekitar Pantai Indrayanti Gunung Kidul juga ada beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi dihari yang sama, berikut informasinya :

Wisata Pantai

pantai nglambor
Sumber roby.kurniawan888

Gunungkidul terkenal dengan wisata pantainya yang luar biasa dan banyak pilihan, beberapa pantai yang dekat dengan Pantai Indrayanti adalah:

  • Pantai Sepanjang berjarak hanya 7 km;
  • Pantai Ngandong berjarak hanya 1 km;
  • Pantai Sundak berjarak hanya 750 meter;
  • Pantai Sadranan berjarak hanya 2 km;
  • Pantai Drini berjarak 6.5 km;
  • Pantai Jogan berjarak 16 km;
  • Pantai Nglambor berjarak 16 km;
  • Pantai Jungwok berjarak 21 km;
  • Pantai Greweng berjarak 21 km;
  • Pantai Pok Tunggal berjarak 4 km;
  • Pantai Kukup berjarak 9 km;
  • Pantai Krakal berjarak 2.7 km;
  • Pantai Wediombo berjarak 20 km;
  • Pantai Slili berjarak 1.9 km;
  • Pantai Timang berjarak 15 km;
  • Pantai Siung berjarak 16 km;
  • Pantai Ngrenehan berjarak 20 km;

Goa Maria Tritis

goa tritis
Sumber: ocepic_life

Adalah sebuah tempat wisata religi ummat Katolik namun tetap bisa disinggahi oleh ummat beragama lainnya. Goa ini bernama Goa Maria Perantara Wahyu dan lebih populer dengan nama Goa Maria Tritis

Goa yang diresmikan pada tahun 1977 ini berada di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) sekitar 16 kilometer dari Pantai Indayanti

Desa Wisata Bejiharjo

wisata dekat indrayanti
Sumber: yasin_abdillah

Berwisata di Desa Bejiharjo merupakan paket lengkap wisata yang ada di Gunung Kidul, banyak atraksi wisata menarik di sini baik itu wisata budaya dan juga wisata alam.

Wisata Budaya yang dapat dinikmati di desa Bejiharjo antara lain adalah mengunjungi situs megalitikum peninggalan zaman pra sejarah. Menyaksikan pertunjukan seni wayang Beber, Reog dan Doger dan juga melihat kesenian Legenda Gedong Gelaran dimana penduduk masih melestarikan kesenian Jawa klasik hingga sekarang.

Kemudian atraksi seru lainnya adalah menjelajah alam yakni menyusuri sungai oyo dengan tubing juga offroad, susur goa gelatik dan juga cave tubing di Goa Pindul yang terkenal itu.

Penginapan Dekat Pantai Indrayanti

Kamu yang ingin menikmati suasana pantai di malam hari tak perlu khawatir dengan akomodasi penginapan, di Pantai Indrayanti sudah ada berdiri beberapa penginapan yang cukup dekat dengan pantai, berikut informasinya :

Walet Guest House

walet guesthouse
Sumber: Anung Hari Wibowo

Penginapan ini sangat unik karena dibangun menggunakan perpaduan antara kayu dan bambu, lokasinya juga sangat dekat dengan pantai Indrayanti. Penginapan ini memiliki 13 unit room yang bisa kamu booking dan tempati bersama keluarga.

Penginapan Cemara Udang

penginapan cemara udang indrayanti
Sumber: Penginapan Cemara Udang

Penginapan Cemara Udang juga merupakan penginapan yang cukup dekat dengan Pantai Indrayanti. Kelebihan dari penginpan ini adalah memiliki area parkir yang cukup luas dan dapat menampung belasan kendaraan mobil roda empat.

Penginapan Bamboo Lengkung

penginapan pantai indrayanti
Sumber: bamboo.lengkung_indrayanti

Penginapan ini juga sangat dekat dengan pantai Indrayanti, jaraknya sekitar 175 meter. Penginapan unik yang terbuat dari bambu dan dinding tepas ini bisa menjadi salah satu pilihan akomodasi saat kamu ingin menikmati malam di sini.

Pemesanannya pun bisa dilakukan melalui online ataupun datang langsung ke penginapan.

Banyak pilihan penginapan lainnya yang cukup dekat dengan Pantai Indrayanti. Deretan penginapan lainnya seperti Sea View Sundak Indrapastha, Inspio Nature Homestay, Rock Garden Homestay dan lain-lain yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke Pantai Indrayanti.

Tips dan Saran Liburan ke Pantai Indrayanti

Berikut ini tips dan saran buat kamu yang mau berkunjung ke Pantai Indrayanti, agar liburan kamu semakin maksimal dan menyenangkan:

  1. Persiapkan kendaraan yang fit, perhatikan kondisi pengereman. Jjika bermasalah lebih baik bawa ke bengkel terlebih dahulu agar perjalanan kamu aman sentosa.
  2. Sebisa mungkin berangkatlah di pagi hari, bila perlu setelah sholat subuh, untuk menghindari kemacetan dan agar kamu bisa mandi-mandi di pantai lebih lama. Sebab jika air sudah pasang maka ombak semakin besar dan berbahaya.
  3. Sebaiknya berangkat dihari biasa atau weekday agar tidak begitu ramai pengunjung. Sebab Pantai Indrayanti pada saat weekend atau hari libur dan hari besar sangat padat, jadi liburan kamu kurang nikmat kalau tempat wisatanya kurang privat.
  4. Jagalah kebersihan di manapun, terutama di tempat-tempat wisata. Di Pantai Indrayanti kamu akan didenda sebesar 10ribu rupiah tiap kali membuang sampah semabarangan.
  5. Persiapkan perbekalan mulai dari pakaian ganti, makanan dan juga cemilan. Bila kamu ingin bermain bola pantai, maka bawalah bola sendiri. Jangan lupa pula bawa kamera, handphone dan juga chargernya.
  6. Jika kamu ingin menginap, lebih baik persiapkan sejak kamu belum berangkat. Bila perlu booking kamar penginapan beberapa hari sebelum kamu berangkat, untuk menghindari padatnya pengunjung dan kehabisan kamar.
  7. Terakhir dan yang paling utama jangan lupa berdoa sebelum berangkat agar perjalanan kalian diberkahi oleh Tuhan yang Maha Esa.

Segini dulu tulisan kita mengenai Pantai Indrayanti, semoga liburan kamu semakin maksimal dan menjadi liburan yang akan dikenang indah semasa hidup.

Jika punya pengalaman menarik ataupun kritik dan juga saran mengenai Pantai Indrayanti, silakan tuliskan unek-unek kalian tersebut di kolom komentar yang ada dibawah tulisan ini ya.

Akhir kata, selamat berlibur travellers!

Tinggalkan Balasan