Curug Ciherang Bogor yang Populer dengan Rumah Pohonnya

Curug Ciherang merupakan salah satu wisata air terjun yang populer di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Daerah Bogor memang terkenal dengan suasana alamnya yang sejuk dengan pemandangan yang indah, tak heran jika banyak tempat wisata yang selalu ramai pengunjung saat akhir pekan maupun musim liburan.

curug ciherang
Menikmati Curug Ciherang via @dannytau212

Curug ini tak seperti Curug Bidadari ataupun Air Terjun Sri Gethuk yang dibawahnya terdapat kolam khusus untuk bermain air. Tetapi di kawasan wisata ini kamu akan menemukan sesuatu yang unik dan berbeda yaitu adanya rumah pohon dan jembatan gantung diatas ketinggian.

rumah pohon curug ciherang
Rumah Pohon Curug Ciherang via @haryadihrd

Adanya rumah pohon ini merupakan daya tarik utama bagi para wisatawan dari wisata air terjun Ciherang yang menyegarkan ini.

Bagi masyarakat Bogor tentu sudah akrab dengan tempat wisata ini, tetapi bagi kamu yang ada di luar Bogor dan belum pernah ke sini tentu penasaran seperti apa keunikannya.

Mau tau seperti apa Curug Ciherang di Bogor ini? Tim Tempat Asik akan mengulas lengkap di sini.

Lokasi dan Rute Menuju Curug Ciherang

spot curug ciherang
Spot Curug Ciherang via @ekapuji.lestari

Lokasi wisata unik ini berada di Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jarak ke lokasi air terjun dari Jakarta sekitar 40 km, atau 20 km dari Kec. Citeureup Cibinong dengan perjalanan sekitar 2,5 jam. Ada baiknya ke sini menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada transportasi umum menuju lokasi, namun akses jalan sudah beraspal.

BACA JUGA:  5 Spot Ini Harus Kamu Jalani Saat Wisata Di Danau Toba, Kalau Tidak??? Rugi!!!

Rute bisa melalui Citeureup, Cianjur atau Cipanas karena melalui jalur alternative Jakarta – Cianjur via Jonggol. Rute lain dari Jonggol dan Sentul (lewat jalan baru Puncak 2). Jika dari Jakarta (masuk dari Citeureup) kendaraan keluar di pintu Tol Jagorawi lalu belok kiri ke Citeureup lewat Jl. Raya Mayor Oking Jaya Atmaja. Lalu mengarah ke daerah Tarik Kolot atau Lebak Pasir yang akan melalui kawasan Wisata Pasir Mukti.

Lalu sampai di pertigaan jalan Jonggol Cipanas ke arah Cipanas. Ikuti jalan sampai menemukan papan petunjuk menuju lokasi air terjun.

Dari plang pintu masuk masih berjalan lagi sekitar 1,5 km untuk sampai di lokasi parkir kendaraan. Untuk sampai di air terjun kamu pun harus berjalan kaki sekitar 500 m lagi.

Harga Tiket Masuk Curug Ciherang

bersantai di curug ciherang
Bersantai di Curug Ciherang via @niiaaneea

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini kamu cukup membayar tiket masuk Rp 15.000,-/orang saja. Untuk biaya parkir kendaraan roda dua cukup bayar Rp 5.000,-/unit dan mobil Rp 20.000,-/unit.

Untuk melintasi ke rumah pohon dengan melewati jembatan cukup bayar Rp 2.000,-/orang.

Wisata ini buka setiap hari, mulai pagi jam 07.00 WIB sampai sore jam 18.00 WIB. Bagi kamu yang berencana ke sini bisa datang sewaktu-waktu tanpa harus menunggu liburan. Jika kamu ingin lebih puas berfoto-foto dan tidak antri, ada baiknya datang lebih awal atau datang di hari biasa.

Keunikan dan Pesona Curug Ciherang

curug ciherang joggol
Bermain air di curug ciherang joggol via @nafsia_paramita

Curug atau air terjun yang dikelola oleh perhutani ini cocok bagi kamu yang ingin mencari kedamaian sejenak dan melepas bisingnya suasana perkotaan. Kesejukan dan pemandangan di sini tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri bersama orang yang tersayang.

BACA JUGA:  Lokasi, Rute dan Tiket Rumah Pohon Kampung Enam Wajak Malang

Untuk menuju lokasi air terjun, kamu harus berjalan kaki melewati jalan setapak sekitar 15 menit atau sekitar 500 meter. Di perjalanan, kamu akan melihat pemandangan nan hijau ala pegunungan.

Curug ini berketinggian sekitar 30 meter dan air tidak langsung jatuh ke dasar tetapi melalui beberapa undak-undak/ bertingkat sehingga pengunjung tetap bisa bermain air di bawahnya. Debit air di sini cukup besar dan jernih sesuai dengan nama dari Ciherang (bahasa Sunda) berarti air jernih/bening.

curug ciherang bogor
Ketenangan Curug Ciherang Bogor via @eko_susanto18

Meski kamu hanya berdiri di sekitar air terjun, kemungkinan besar baju bisa menjadi basah. Ada baiknya membawa baju ganti jika ingin bermain air yang segar dari guyuran air terjun ini.

Lokasi curug ini berada di ketinggian sekitar 900 m dari permukaan laut, jadi ada baiknya membawa jaket atau baju tebal untuk menghangatkan badan seusai bermain air.

Pemandangan di sini pun nampak indah karena lokasi curug ini berada di celah tebing gunung dengan paduan hijaunya pepohonan.

Adanya bebatuan di sekitar air terjun pun bisa menambah keindahan pemandangan yang bernuansa alami khas pegunungan. Bebatuan di sini termasuk licin, jadi saat menginjaknya harus tetap hati-hati agar tidak terpeleset.

Nah, keunikan curug ini adalah adanya rumah pohon yang dibuat menyatu dengan pohon besar lengkap dengan sebuah jembatan penghubungnya. Dari spot rumah pohon maupun jembatan inilah para pengunjung bisa melihat keindahan alam sekitar dari ketinggian.

rumah pohon di curug ciherang
Rumah Pohon di Curug Ciherang via @bambang.hermanto55

Rumah pohon ini berada di atas tebing yang di bawahnya adalah jurang yang cukup dalam.

Umumnya, di lokasi ini sering digunakan pengunjung untuk berfoto selfie. Tak heran jika di akun instagram banyak jepretan foto dengan latar spot unik ini.

BACA JUGA:  Demam Aek Sijornih, Air Terjun Bertingkat Dan Terkenal Dari Tapsel Sumut

Sebelum sampai di spot rumah pohon ini, pengunjung harus menyusuri jalan setapak menanjak yang sudah cukup nyaman untuk dilewati pengunjung.

Fasilitas di Curug Ciherang

Bagi kamu yang berencana datang ke sini tak perlu khawatir, karena fasilitas di sini sudah cukup lengkap dan memadai, seperti kamar mandi, toilet, mushola dan warung makan.

Jika ingin menginap, di kawasan ini ada fasilitas penginapan yang berkapasitas cukup besar. Bagi kamu yang berjiwa petualang dan ingin camping, di sini ada camping ground yang sudah tersedia.

camping curug ciherang
Camping ground Curug Ciherang via @dedehsryn13

Jadi pengen ke Curug Ciherang yang unik ini? Jangan lupa juga untuk mencoba mendaki dan camping di Gunung Andong yang menyuguhkan pemandangan yang indah ala pegunungan.

Selamat berlibur dan salam piknik.