Ledok Gebang Fishing & Resto, Tempat Makan dan Pemancingan yang Asik di Jogja

Ledok Gebang adalah salah satu tempat wisata kuliner sekaligus tempat pemancingan populer yang ada di Sleman, Yogyakarta. Bagi kamu penggila makanan berupa ikan dan mencari cita rasa lezat dengan suasana tempat yang nyaman dan bersih, di sini adalah tempatnya.

ledok gebang
Pintu Masuk Ledok Gebang

Selain memancing, di tempat ini kamu bisa menikmati sajian menu ikan dengan berbagai olahan. Ada banyak jenis ikan yang bisa kamu cobain, seperti ikan nila, bawal, gurame, patin, dan lainnya. Yang jelas tempat pemancingan ini tidak kalah dengan cafe-cafe di Jogja seperti Lumer Cafe, kalo buat sekedar berkumpul sambil menikmati sajian masakan yang menggugah selera.

Mau tau seperti apa tempatnya, yuk ikuti tim Tempat Asik wisata kuliner di Jogja kali ini.

Jam Buka, Alamat dan Rute ke Ledok Gebang

Tempat ini buka setiap hari, mulai dari pagi jam 09.00 WIB sampai malam jam 21.00 WIB.

ledok gebang wedomartani
Salah satu spot pemancingan keluarga

Ledok Gebang ini beralamat di Jalan Gatot Kaca RT 03/RW 59, Dusun Krajan, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari kota Jogja tak begitu jauh, perjalanan ke lokasi sekitar 20 menit.

Rute dari Jogja ke arah Ring Road Utara sampai pasar Condong Catur melalui kampus UPN Veteran Jogja. Ambil arah ke utara sekitar 2 kilometer dan melewati perumahan-perumahan, sampai di pintu gerbang masuk jalanan menurun menuju tempat parkir.

parkiran ledok gebang
Parkiran di sini cukup luas untuk motor dan mobil

Bagi yang belum pernah datang ke sini dan bingung dengan jalannya bisa searching di google maps atau bisa ajak teman atau saudara yang tinggal di Jogja.

BACA JUGA:  Inilah 14 Tempat Wisata di Ubud Bali Yang Paling Diminati Wisatawan Dunia

Tarif parkir di pemancingan ini cukup bayar Rp 1.000,- untuk sepeda motor, untuk mobil Rp 2.000,- per unit.

Gambaran Tentang Ledok Gebang Fishing & Resto

Ledok Gebang mulai dibangun sekitar akhir tahun 1998, awalnya lokasi ini berupa tanah kosong dengan ditumbuhi semak belukar. Dengan adanya batang Sungai Tambakbayan di dekatnya, tempat ini cocok untuk dibangun kolam. Di sini terdapat sekitar 19 kolam untuk budidaya ikan dan udang air tawar.

tempat makan di atas kolam
Tempat makan di atas kolam cukup unik

Perikanan untuk masyarakat sekitar dibuka sekitar awal tahun 2000, dan difungsikan sebagai restoran sekitar akhir tahun 2000.

Untuk kata Ledok sendiri dalam bahasa Jawa berarti Lembah, memiliki kedalaman kurang lebih 12 meter di atas tanah sekitar sehingga memberikan keunikan tersendiri. Yang membuat tempat ini terlihat berbeda, adanya pondok-pondok yang terbuat dari rangkaian bambu dengan arsitektur yang unik dan menarik.

pemancingan di atas kolam
Kamu bisa menikmati ikan bakar di saung pinggir kolam

Meskipun Ledok Gebang berada di antara padatnya perumahan, saat kami memasuki area parkir sudah terasa sejuk dengan adanya banyak pepohonan yang mengelilinginya seperti sedang berada di pedesaan yang damai. Mungkin karena adanya aliran sungai di samping resto ini menambah nuansa alami.

Ledok Gebang di Pinggir Sungai
Ledok Gebang di Pinggir Sungai

Dengan luas lahan hampir 2 hektare, tempat ini menyuguhkan suasana yang nyaman dan cocok untuk bersantai bersama teman, kerabat, ataupun keluarga.

tempat meeting di ledok gebang
Di sini juga tersedia tempat untuk meeting atau berkumpul

Di tempat ini bisa juga dijadikan lokasi pre wedding maupun acara pernikahan, wisuda, reuni, dinner romantis, atau meeting kantor dan lain sebagainya untuk kegiatan positif.

Serunya Memancing Ikan di Ledok Gebang

Hobi memancing memang bukan hobi semua orang, tetapi tak ada salahnya jika sekedar mencoba merasakan sensasi memancing di tempat ini. Dalam waktu yang tak lama, umpan pun cepat disambar ikan.

BACA JUGA:  Tebing Breksi Ala Garuda Wisnu Kencana, Piknik Asik Gak Pakai Mahal
Pemancingan di Jogja
Tempat ini termasuk Pemancingan di Jogja yang nyaman

Sambil menunggu pesanan makanan datang, pengunjung bisa mencoba memancing sepuasnya. Tak hanya kaum bapak-bapak saja yang memancing di sini, ibu-ibu juga tak mau kalah untuk mamancing. Anak-anak juga bisa belajar memancing dan belajar melatih kesabaran menunggu umpan disambar sang ikan. Karena memancing itu butuh waktu dan kesabaran.

pemancingan keluarga
Tempat paling pas buat pemancingan keluarga

Bagi pengunjung yang dari rumah sudah niat memancing biasanya sudah membawa perlengkapan alat pancing. Bagi yang tidak membawa alat pancing, tenang saja karena di sini bisa menyewa dengan biaya Rp 3.000,-. Untuk beli umpan pelet Rp 2.000,-, umpan cacing Rp 2.500,-. Cukup murah bukan.

Menimbang ikan setelah dipancing
Menimbang ikan setelah dipancing

Ikan hasil pancingan bisa dimasak dan dinikmati langsung disini atau bisa juga dibawa pulang untuk diamasak dirumah. Untuk ikan yang mau dibawa pulang tetap harus ditimbang terlebih dahulu berapa berat nya, kemudian harganya dihitung per kilogram.

Menikmati Sajian Menu di Ledok Gebang

Bagi pecinta kuliner terutama menu ikan segar, di Ledok Gebang adalah tempat yang cocok. Selain ikan yang segar, bahan dan bumbu rempah untuk memasak pun juga alami dan organik sehingga terjamin sehat dan aman.

Untuk harga menunya pun berfariasi, dari harga kelas ekonomi sampai kelas eksklusif.

Daftar harga menu di Ledok Gebang
Daftar harga menu di Ledok Gebang

Terdapat banyak menu yang bisa kamu coba. Ada olahan ikan gurame, nila, bawal, lele, tombro, patin, udang, cumi, kepiting, dan ada ca brokoli/ca kangkung. Untuk sambal juga bervariasi, ada sambal goreng, ijo, kecap, dan sambal mentah.

Gurame bakar pedas manis Ledok Gebang
Gurame bakar pedas manis yang akan menggoyang lidahmu

Untuk menu minuman juga ada banyak macamnya, mulai dari minuman dingin/panas, susu, kopi, wedang jahe, softdrink, soda gembira, jus dan lainnya. Untuk harga juga bermacam-macam.

BACA JUGA:  Berburu Kuliner Nasi Bebek Mak Isa Yang Melegenda Di Jakarta
Cemilan di Ledok Gebang
Cemilan yang bisa di beli

Bagi yang suka dan ingin mencicipi cemilan/makanan ringan, bisa beli ke bagian kasir dan bisa memilih yang disuka. Ada keripik pisang dengan harga Rp 12.000,- per bungkus dengan berbagai varian rasa asin atau manis.

Fasilitas di Ledok Gebang

Bagi para pengunjung yang berencana mengunjungi tempat ini, tak perlu khawatir mengenai fasilitas karena fasilitas di sini cukup memadai. Ada area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, sewa pancing dan umpannya.

Fasilitas di Ledok Gebang
Mushola salah satu fasilitas yang ada di sini

Bagaimana? pengen mencoba sensasi memancing dan mencicipi menu ikan di Ledok Gebang. Yuk datang ke sini saat liburan atau weekend pas liburan ke Jogja, dijamin harimu istimewa. Selamat berlibur dan salam piknik. 🙂