Rumah Hobbit Cangkringan, Wisata Hits Terbaru Pendamping The Lost World Castle di Tahun 2017

Rumah Hobbit Cangkringan adalah wisata rumah hobbit kedua di Jogja setelah Rumah Hobbit di Mangunan. Tempat unik ini mulai resmi dibuka tanggal 18 Juni 2017 hari Minggu kemarin. Karena baru, tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata saat di Jogja.

Tempat wisata di kawasan lereng Merapi sebenarnya ada banyak sekali seperti Kaliurang, Goa Jepang, Museum Gunung Merapi, Kaliadem, Lava tour Merapi dan lainnya, tetapi yang satu ini bisa dibilang wisata terhangat dan paling baru.

rumah hobbit di jogja
Rumah hobbit yang asik buat spot foto

Keunikan tempat ini tak jauh berbeda dengan rumah hobbit di Mangunan yang menampilkan spot foto rumah ukuran mini dan desain unik ala negeri dongeng. Jika di Mangunan berada di kawasan hutan pinus, spot disini berada di bukit yang tak terlalu tinggi dan berada diantara rumah warga.

Karena penasaran seperti apa, hari Minggu kita langsung capcus ke lokasi untuk menjadi salah satu orang pertama yang datang kesini langsung. Banyak orang yang mungkin belum tau tentang spot baru ini, dan sementara ini baru di share di akun instagram.

Mau tau seperti apa Rumah Hobbit Cangkringan ini? Yuk ikuti Tim Tempat Asik jalan-jalan weekend kali ini.

Lokasi dan Rute Menuju Rumah Hobbit Cangkringan

Rumah hobbit ini berada di Dusun Jambu, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi berada di utaranya The Lost World Castle yang menjadi salah satu tempat hits di Jogja.

BACA JUGA:  Pesona Pulau Rupat, Keindahan Mutiara Di Ujung Utara Indonesia
taman di rumah hobbit
Taman di rumah hobbit yang asri

Rute nya sama dengan rute menuju ke The Lost World Castle, karena lokasi parkir menjadi satu area. Bagi kamu yang sudah pernah ke The Lost World Castle tentu rute nya sudah paham dan bisa lebih mudah. Jarak dari kota Jogja sekitar 25 km dan bisa ditempuh sekitar 45 menit perjalanan.

Dari kota Jogja menuju utara melalui Jl. Kaliurang menuju Kaliadem. Sampai di lampu merah selatan pasar Pakem ke timur/lurus melewati Jl. Cangkringan ke arah Kaliadem. Ikuti petunjuk jalan dan sampai di TPR masuk kawasan Kaliadem kamu cukup bayar retribusi Rp 8.000,- untuk 2 orang dengan 1 sepeda motor. Lalu ikuti papan petunjuk yang sudah ada hingga sampai di lokasi parkir.

tarif retribusi wisata cangkringan
Biaya retribusi masuk wisata Cangkringan

Bagi kamu yang belum pernah kesini bisa searching di google maps atau bisa bertanya pada warga setempat.

Jalan ke lokasi sebagian masih belum cukup bagus, jadi tetap hati-hati saat melewatinya.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Rumah Hobbit Cangkringan

Jika sudah sampai di lokasi parkir, kamu cukup bayar Rp 2.000,- untuk motor, dan untuk mobil Rp 5.000,-/kendaraan.

Harga tiket masuk ke rumah hobbit ini cukup murah, hanya Rp 10.000,-/orang sudah bisa puas berfoto-foto disini.

harga tiket masuk rumah hobbit cangkringan
Harga tiket masuk cukup murah

Tempat baru ini buka setiap hari. Untuk jam buka menyesuaikan jam buka The Lost World Castle. Untuk hari Senin – Jum’at : jam 07.00 – 18.30, Sabtu – Minggu : jam 06.00 – 18.30.

Rumah Hobbit Cangkringan yang Asik Untuk Spot Foto

Rumah hobbit ini hampir sama dengan rumah hobbit yang ada di Mangunan. Hanya saja rumah hobbit di Cangkringan ini berukuran lebih besar dan tinggi dari ukuran yang ada di Mangunan, yaitu tinggi sekitar 2 meter dengan panjang sekitar 4 meter dan 6 meter yang menempel  di tebing tanah.

BACA JUGA:  Menikmati Akhir Pekan Di The Hill Hotel & Resort Sibolangit, WHY NOT? Ini Alasan Kenapa Harus Kesini

Sebenarnya rumah unik ini lebih cocok untuk dihuni sendiri dengan desain minimalis rumah hobbit ala negeri dongeng. Tapi rumah yang berada di area tak begitu luas ini hanya untuk spot foto loh ya.

Menurut salah seorang warga, proses pembuatan spot ini sekitar 2 bulanan lamanya. Dan dibuka resmi bulan Juni ini.

Spot ini bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan tempat wisata di sekitar lereng Merapi yang pernah menjadi korban letusan dahsyat tahun 2010 lalu.

rumah hobbit jogja
Rumah hobbit berdesain unik

Ada 2 rumah hobbit yang bisa kamu jadikan lokasi foto. Di sebelah barat ada rumah hobbit berpagar cokelat dengan tembok bata biasa dengan paduan desain pintu dan jendela bundar.

kursi kayu di rumah hobbit cangkringan
Kursi kayu di rumah hobbit Cangkringan

Di halaman depannya ada kursi kayu unik yang bisa untuk duduk santai sambil berfoto dengan latar rumah ini. Ada juga sumur buatan yang menjadi pelengkapnya agar terlihat alami dan menyatu.

sumur di rumah hobbit cangkringan
Sumur di halaman depan rumah hobbit

Rumah hobbit yang ada di timur ini bertembok bata halus berwarna cokelat muda yang membuat nuansa lebih terang dan cerah. Pintu dan jendela juga berdesain bundar.

spot foto di rumah hobbit cangkringan
Berfoto dengan latar spot unik memang menjadi tradisi

Taman di halaman rumah unik ini masih dalam proses penyuburan dan bunga-bunga juga banyak yang belum mekar karena masih baru. Tetapi sudah ada sebagian tanaman dan bunga yang menghiasi rumah ini. Hasil fotomu tetap bisa keren deh pokoknya dengan adanya pagar di depannya.

rumah hobbit jogja
Taman di rumah hobbit Jogja

Rerumputan hijau di taman ini juga masih dalam tahap perekatan dengan tanah, jadi rumput ini belum sepenuhnya menghijau sempurna. Tapi tenang, lama-lama pasti akan menjadi bagus kok taman ini.

BACA JUGA:  Pinus Pengger, Tempat Asik Nan Romantis dengan Spot Foto Unik

Jika ingin berfoto dengan nuansa ala pegunungan di spot menarik, kamu bisa ke Desa Wisata Kalibiru Kulon Progo.

Fasilitas di Rumah Hobbit Cangkringan

Untuk fasilitas khusus di rumah hobbit ini belum cukup lengkap. Tetapi fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, mushola, warung makan, ruang informasi sudah sekaligus menyatu dengan kawasan wisata benteng/The Lost World Castle.

Jadi bagi kamu yang ingin kesini tak perlu khawatir dengan fasilitas disini.

fasilitas di rumah hobbit cangkringan
Warung makan yang siap melayani pengunjung

Tempat ini masih cukup sepi pengunjung untuk saat ini karena masih terbilang baru, maka dari itu yuk ramaikan tempat unik satu ini. Ajak teman-teman dan keluarga, atau pasanganmu untuk seru-seruan berfoto disini. Usahakan datang kesini saat cuaca cerah agar hasil foto lebih keren.

Jika pulang dari Rumah Hobbit Cangkringan dan melewati Jl. Kaliurang, kamu bisa mampir makan di Lumer Cafe yang bisa bikin kamu ketagihan makan disini. Icipin yuk kesini.

Selamat berlibur dan berakhir pekan, salam piknik. 🙂