14 Makanan Ini Yang Bikin Kamu Pengen Balik Lagi Ke Medan

Medan memang terkenal dengan kelezatan kulinernya. Gak heran kalau banyak makanan – makanannya yang digandrungi masyarakat. Kali ini TempatAsik.Com akan mengulas beberapa kuliner khas Medan yang harus kamu coba ketika berada di kota ini. Here We Go!!

1. Bika Ambon

resep-bika-ambon
Bika Ambon – pict from sabunwanita.wordpress.com

Yeaah, siapa yang gak kenal dengan kue ini. Tekstrur nya yang lembut dan arsitektur nya seperti bangunan sarang lebah serta rasanya yang unik membuat lidah selalu ketagihan untuk mencoba.

Banyak yang tanya, kenapa yah namanya bika Ambon? Ya itu dikarenakan makanan ini dulunya pertama kali hadir di jalan Ambon Medan. Bika ambon sering digunakan wisatawan yang mampir ke Medan sebagai oleh – oleh khas dari Medan.

Kalau kamu mau nyobain kue ini, sebenarnya sebagian besar toko kue yang ada di Medan udah menyediakan kue ini. Tapi, TempatAsik.Com kasih saran buat kamu nih, tempat yang kami rekomendasikan untuk nyobain bika Ambon adalah Bika Ambon Zulaikha yang berada di jalan Majapahit Medan. Selainbrand yang melegenda, disini kamu bisa nyobaintester aneka rasa dari bika Ambon yang ada.

2. Bolu Gulung Meranti

IMG_0034
Bolu Meranti – pict from medan.panduanwisata.id

Setelah masa keemasan bika Ambon, beberapa tahun terakhir muncul nih oleh – oleh baru khas Medan, bolu meranti namanya. Bolu gulung dengan brand Meranti ini cuma ada di kota Medan loh guys, kamu gak bakal nemuin di tempat lain. Yaaah paling di kabupaten Deli Serdang adanya cuma di Bandara Kualanamu aja.

FYI, bolu gulung ini rasanya nikmaaat banget, apalagi yang rasa coklat dan keju, hmm yummi. Beberapa waktu lalu tim TempatAsik.Com sempat nyobain kedua rasa ini, kalo dibandingin dengan kue sejenis, bolu Meranti emang juaraguys.

Untuk harga relatif murah kok, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp. 50.000 aja udah bisa bawa pulang 1 kotak bolu. Untuk outlet penjualan, bolu Meranti cuma punya 2outlet resmi guys, yang pernah tim TempatAsik.Com cobain di Jalan Sisingamangaraja Medan pas di seberang Hotel Garuda Plaza. Kalo kamu mau mampir kesini harus sabar – sabar ya guys, karena outlet nya yang terbatas membuat pengujung selalu membludak.

BACA JUGA:  De Ranch Lembang, Wisata Unik dan Seru di Bandung

3. Mie Aceh

resep membuat mie aceh
Mie Aceh

Di Medan makanan ini menjamur dimana – mana, hampir disetiap sudut kota Medan kamu bisa nemuin penjual mie Aceh.By the way, mie Aceh merupakan kudapan asli dari tanah rencong Aceh. Namun pada faktanya saat ini, mie Aceh lebih populer dan nge-hits di Medan daripada daerah asalnya sendiri.

Mie Aceh punya rasa yang unik, pedas dan nikmat yang bakal bikin lidah kamu bergoyang.  Jika kamu yang bukan warga Aceh nyobain buat mie ini, sudah bisa dipastikan rasanya jauh beda, bahkan gak layak disebut mie Aceh. Hahaha, ini adalah fakta. Mie Aceh yang sedap itu adalah mie yang dijual oleh abang – abang yang asli dari Aceh.

Kalo kamu lagi mampir di Medan gak ada salahnya noybain makanan yang satu ini, hampir semua penjual mie Aceh menyajikan cita rasa yang nikmat. Kalau mau makan mie Aceh ditempat yang terkenal juga ada, Mie Aceh Titi Bobrok namanya. Terletak dijalan Setia Budi Medan tepat disebelahnya ada sungai dan jembatan bobrok.

Tapi kalo kamu mau makan disini kudu harus punya jiwa yang penyabar, rendah hati dan tidak sombong, kenapa? Sebab, saking membludaknya pengunjung, kamu mungkin akan bisa menikmati kelezatan mie Aceh Titi Bobrok setelah ½ Jam hingga 1 jam dari sejak pertama order. Berani nyoba? Kalo gak berani, kami sarankan agan – agan bisa nyobain di tempat lain yang banyak berjejer di sepanjang jalan kota Medan, rasanya juga ga jauh beda kok.

4. Roti Tisu

http://icystory.blogspot.co.id/2014_06_01_archive.html
Roti Tisu – Icystrory.blogspot.com

Roti tisu merupakan salah satu kuliner medan yang layak kamu coba. Keunikan dari bentuk roti ini membuatnya semakin hari semakin tersohor lohguys. Rasanya yang manis dan gurih membuat lidah kamu semakin dimanjakan.

Di Medan, ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati roti tisu ini. Yang paling nge-trend saat ini adalah roti tisu yang terletak di Jalan Perniagaan Medan. Kalo kamu bingung lokasi ini berada dimana, kamu bisa berkunjung ke Merdeka Walk Jalan Balai Kota, dari lokasi itu tak jauh kamu bakal nemuin warung India yang menyajikan menu ini. Warung ini tepat berseberangan dengan lapangan merdeka dan berada persis di samping gedung Bank Mandiri Kanwil Sumatera Utara.

BACA JUGA:  Kamu Doyan Foto? Pas Lagi di Medan Jangan Lupa Kunjungi 13 Spot Hunting Ini! (Bag.2)

5. Pokat Kocok

575e68406f125-pokat-kocok-glugur-legenda-minuman-dari-medan_663_382
Pokat Kocok Glugur

Buah yang satu ini sebenarnya sudah gak asing lagi buat siapapun. Namun, pengolahan pokat kocok yang begitu fenomenal sepertinya lahir dari kota ini. Ada satu tempat yang di gadang – gadang cikal bakal booming nya pokat kocok dengan berbagai brand di Medan. Dialah Pokat kocok simpang glugur Medan, sejak beberapa media meliput kegiatan di pokat kocok glugur ini, sejak saat itu pula gerai – gerai pokat kocok bermunculan di hampir setiap sudut kota Medan.

Kalau agan – agan mau nyobain pokat kocok, tim TempatAsik.Com sangat merekomendasikan pokat kocok glugur ini. Rasanya yang eksotis dan pembuatannya yang tradisional akan membuat sensasi tersendiri di lidah kocokers.FYI guys, beberapa waktu lalu tim TempatAsik.Com pernah ngobrol dengan pemilik pokat kocok glugur, Ia mengatakan bahwa dalam sehari mereka bisa menjual sampai 100 kilogram buah alpukat. Wow!! Tertarik untuk nyobain? Kedai pokat kocok glugur di Jalan KL. YOS Sudarso ini biasa buka setiap hari nya mulai dari jam 11 siang, tapi ini bukan jadwal yang fix loh guys, kadang mereka baru buka sekitar jam 3 sore.

6. Durian Medan

indonesian-food-blogger-moinblog-ucok-durian-19
Durian Ucok – pict from Indonesian food blogger

Siapa yang tak kenal durian Medan. Durian Medan terkenal dengan rasanya yang khas dan nikmat serta harganya yang relatif murah, sehingga banyak orang yang berbondong – bondong memburu si raja buah ini.

Ngomong – ngomong guys, kamu sudah pada tau gak sih kalau ternyata Medan itu bukan penghasil durian. Mungkin masyarakat sekitar Medan sudah tau soal ini, tapi buat kamu yang belum tau, ini adalah informasi yang harus kamu ketahui. Durian – durian yang ada di Medan sebenarnya didatangkan langsung dari daerah – daerah sekitar medan penghasil durian. Durian yang dipasarkan di Medan berasal dari berbagai daerah, diantaranya Sidikalang,  Langkat, Tapanuli Tengah hingga Tapanuli Selatan.

BACA JUGA:  Grojogan Watu Jonggol di Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Untuk menikati si raja buah ini, ada beberapa tempat yang asik buat makan durian baik itu dengan teman, pacar ataupun keluarga. Yang pertama adalah Ucok Durian Jl. Wahid Hasyim Medan, lapak durian ucok yang ini bisa dikatakan lapaknya kelas – kelas menegah keatas alias golongan elit.

Banyak pejabat, artis, bahkan Presiden Republik Indonesia Bapak SBY pun sudah mampir kesini. Yang kedua adalah Ucok Durian Jl. Pelajar Medan, tepat berseberangan dengan sekolah Taman Pendidikan Islam, lapak ini merupakan lapaknya orang sederhana.

Hehehe. Kenapa sederhana, karena dari dekorasi ruang nya saja sudah menunjukkan demikian. Tapi, untuk rasa Ucok Durian Mewah dan Ucok Durian Sederhana menyajikan menu yang sama kok. Selain Ucok Durian ada ga? Banyak, Medan memang surganya durian kalau pas lagi musim. Kamu bisa nemuin di banyak tempat dan berjejer di pinggir jalan, seperti di Jalan Brigjen Katamso, Jalan Adam Malik dan banyak lagi.

7. Soto Medan

Soto Medan - klikhotel.com
Soto Medan – klikhotel.com

Soto adalah makanan khas Indonesia yang rasanya nikmat dan lezat. Uniknya, setiap daerah di Indonesia memiliki soto dengan nama yang berbeda, dan rasa pun berbeda loh guys. Di Jawa Tengah dan sekitar misalnya, soto disana punya kuah yang encer tapi punya rasa yang khas, penyajiannya pun unik, nasi dan kuah nya dipadukan menjadi satu didalam satu mangkuk.

Soto Medan adalah salah satu makanan yang sudah dikenal kelezatannya, santan nya yang kental dan rempah – rempah nya yang melimpah membuat soto Medan terasa gurih saat masuk ke rongga mulut kamu. Medan memang terkenal dengan kelezatan wisata kuliner nya, oleh karena itu kalau kamu lagi main di kota ini, jangan lupa nyobain menu yang satu ini yaguys.

Naah, untuk lapak yangrecomended banget untuk kamu, kamu bisa nyobain soto Medan di dekat Stadion Teladan Medan, gak jauh dari stadion tersebut ada warung soto Medan yang udah melegenda sejak lama. Selain itu kamu juga bisa nyobain salah satu tempat lagi yaitu di Jalan Eka Surya Medan Johor, warung nya tepat di Simpang Jalan Sidodadi. Tapi, kalau kamu mau nyobain yang disini, harus datang sebelum jam 10 pagi. Karena, bisa dipastikan kalau lewat dari jam tersebut, kamu bakal gak kebagian. Hehe

Selanjutnya KLIK DISINI