20 Surga Tersembunyi Di Kabupaten Labuhanbatu Utara Yang Harus Kamu Kunjungi

Labuhanbatu Utara adalah Kabupaten hasil pemekaran yang masih tergolong baru guys, lebih kurang usiianya sudah 8 tahun sejak pemekaran tanggal 21 Juli 2008. Dulu, daerah ini masuk kedalam pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu sebelum akhir nya di mekarkan menjadi 3 daerah oleh Pemerintah. Kini, Labuhanbatu terbagi menjadi Labuhanbatu Induk, Labuhanbatu Selatan dan Labuhanbatu Utara.

Labura, begitu nama‘beken’ Kabupaten Labuhanbatu Utara. Mungkin karena begitu panjang nya nama daerah ini akhirnya warga setempat menyingkatnya menjadi Labura. Kabupaten Labura berada di Provinsi Sumatera Utara dan berjarak sekitar 250 kilometer dari Ibukota Provinsi Sumatera Utara yaitu Medan.

FYI, Labura menyimpan begitu banyak potensi yang luar biasa lohguys, untuk bidang pertanian misalnya, Labura merupakan salah satu Kabupaten penyuplai beras untuk wilayah Sumatera Utara, kalau kamu mampir ke supermarket di berbagai daerah di Sumatera Utara, kamu bakal nemuin beras hasil produksi dari daerah ini.

Selain itu, Kabupaten Labura juga dikenal sebagai salah satu penghasil sawit dan karet yang cukup besar. Gak cuma ituguys, disini juga tersimpan begitu banyak kekayaan alam yang tersembunyi dan masih tergolong ‘perawan’ guys. Jika dikelola dengan baik, bisa jadi daerah ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menjanjikan di negeri ini.

Buat kamu yang suka travelling ke tempat yang seger – seger, TempatAsik.Com akan mengulas beberapa informasi terkait wisata alam Labura yang tersembunyi, cekidot!!

Baca Juga : 7 Acara Keren Ini Layak Kamu Saksikan Ketika Di Danau Toba, Apalagi Di Bulan Agustus Ini

1. Londut Waterfall (Air Terjun Londut)

air terjun londut
Air Terjun Londut – Foto diambil dari Laburaku

Air terjun Londut berada di Desa Londut kecamatan Kualuh Hulu. Air terjun ini sudah menjadi primadona warga sekitar sejak lama. Keindahan alamnya yang asri membuat banyak orang berkunjung ke tempat ini untuk menghilangkan penat.

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama, cobain deh!!

2. Padang Halaban View

padang halaban2
Padang Halaban View – Foto diambil dari Laburaku

Kita sebut saja Padang Halaban View, sebab di desa ini terdapat satu titik yang bisa membuat kamu takjub. Di sisi kiri dan kanan tempat ini terdapat pohon besar yang sudah berumur ratusan tahun. Selain itu terdapat juga rel tua yang sudah gak berfungsi semestinya lagi, saat ini rel tersebut hanya penghias daerah ini dan hanya dipergunakan oleh perusahaan setempat.

Banyak muda mudi, calon pengantin yang melakukan foto shoot ini, baik itu sekedar untuk eksis maupun keperluan lainnya.

3. Bermain Di Bukit Pamingke

puncak bukit pamingke
Bukit Pamingke – Foto by @aman_sang_p0han diambil dari Laburaku

Bukit pamingke atau orang setempat lebih mengenal lokasi ini dengan sebutan bukit Telekom. Sebab disini ada satu tiang telekomunikasi yang berdiri kokoh menjulang tinggi. Lokasi ini telah banyak dikunjungi oleh muda mudi sejak dulu. Karena ketika kamu berada di puncak, kamu akan melihat keindahan Alam ciptaan sang Khaliq yang luar biasa.

BACA JUGA:  Lumer Cafe Jogja, Tempat Makan Di Kota Pelajar Yang Wajib Dikunjungi Ketika Malam Minggu

4. Pulo Bisky, Tempat Wisata Alam Keluarga

Pulo Bisky - Laburaku
Pulo Bisky – Foto diambil dari Laburaku

Pulo Bisky atau Pulo Wisky merupakan pemandian alam yang cukup tersohor ditahun 1990an. Banyak masyarakat yang berwisata ke tempat ini, baik itu acara perpisahan sekolah, acara keluarga dan aacra lainnya.

Air nya yang jernih, bebatuan yang besar dan udaranya yang masih segar menjadi salah satu alasan kenapa orang – orang tertarik berkunjung kesini. Lokasi ini berada di Desa Simonis Kecamatan Aek Natas. Kalau mampir kesini jangan lupa bawa perbekalan yah guys, di tempat ini sangat asik buat makan – makan. Hehehe

5. Rindu Alam Aek Buru

Rindu Alam Aek Buru - Laburaku
Rindu Alam Aek Buru – Foto by @irsadamsali24 diambil dari Laburaku

Aek Buru sejak dulu memang sudah terkenal dengan lokasi wisata alamnya, sungai – sungai dengan bebatuan besar dan diselimuti alam liar membuat wisata disini menjadi lebih nikmat dan segar. Salah satu wisata favorit masyarakat setempat didaerah ini adalah Rindu Alam Aek Buru. Tempat ini lebih dekat jika kamu datang dari Kota Rantau Prapat. Jika kamutraveller dari luar kota, dari Medan misalnya, kamu bisa naik kereta api dan berhenti di stasiun Rantau Prapat, dari sana kamu bisa menggunakan angkutan umum atau becak menuju lokasi ini

6. Pantai Monyet, Menyajikan Keindahan Alam Luar Biasa

Pantai Monyet - Laburaku                             Pantai Monyet – Foto by faizalamandanasution via Laburaku

Ketika kamu mendengar kata pantai, pikiran liar mu bakal menuju kesebuah tempat dimana terdapat hamparan pasir putih dan ombak laut yang hilir mudik. Yah, memang begitulah pantai pada umumnya guys. Tapi ada sedikit perbedaan nih dengan beberapa tempat, salah satunya di Labura, tidak semua pantai itu adalah pinggiran laut, sungai – sungai indah ini pun sebagian disebut juga pantai oleh warga setempat. Sama – sama air, bedanya satu di pinggiran samudra, yang satunya lagi di tengah – tengah hutan. Hehe

Pantai monyet ini terletak di Desa Padang Mahondang Labura. Kamu wajib mengeksplore wisata alam yang satu ini ketika berada di kabupaten ini.

7. Wisata Salak Pondoh

Kebun Salak Pondoh - Laburaku
Kebun Salak Pondoh – Foto by Mirawati Pasaribu diambil dari Laburaku

Kalau bicara mengenai salak pondoh, kamu pasti inget nya Desa Turi yang berada di Sleman Yogyakarta kan guys. Ternyata, salak pondoh juga dibudidayakan oleh petani di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

BACA JUGA:  Ternyata, 9 Tempat Wisata Ini Menjadi Trending Topic Di Indonesia

Sama halnya dengan salak pondoh Jogja, disini kamu juga bisa merasakan sensai panen salak bak petani sungguhan loh guys. So, buat kamu yang pengen nyobain panen sendiri salak pondohnya, bisa langsung datang ke tempat ini. Lokasi perkebunan salak ini berada di Desa Babussalam Kecamatan Merbau Labura.

8. Air Terjun Jeri

Air Terjun Jeri - Laburaku
Air Terjun Jeri – Foto by @rajuritonga diambil dari Laburaku

Air terjun indah ini merupakan destinasi wisata yang layak kamu kunjungi ketika berada di Labura. Air terjun ini berada Pasar Lori, Berangir Labura. Kamu bisa menikmati kesegaran gemercik air dengan gratis disini. Trust Me!

9. Hadabuan Hill, Surga Yang Tersembunyi

Hadabuan Hill - Laburaku
Hadabuan Hill – Foto by Haray Sam Munthe diambil dari Laburaku

Hadabuan Hill berada di Kecamatan Na IX-X Labura, tempat ini merupakan surga nya para pecinta alam. Hadabuan Hill sangat berpotensi bila dijadikan Hutan Ecotourism guys, yaitu wisata berbasis pelestarian hutan.

Lokasi ini terdapat begitu banyak flora dan fauna langka, namun kini terancam punah disebabkan pengalihan fungsi hutan dan pembalakan liar. Kalau traveller ingin mencoba tracking yang tergolong baru, HadabuanHill merupakan tempat yang cocok untuk dimasukkan kedalamlist wisata kamu berikutnya.

10. Kuala Hatapang, Karya ALam Menakjubkan!

Kuala Hatapang - Laburaku
Kuala Hatapang – Foto by @alwirambe diambil dari Laburaku

Kuala Hatapang adalah sungai yang masih se aliran dengan Pantai Monyet. Kelebihan dari lokasi ini adalah tebing – tebing nya yang sangat indah bak ukiran manusia purba kala. Hehe .selain itu deruan air yang cukup deras dan segar akan memanjakan kamu ketika berada disini.

11. Tebing Batu Napponol, Kolam Misterius!

Tebing Batu Napponol - Laburaku
Tebing Batu Napponol – Foto diambil dari Laburaku

Tebing Batu Napponol salah satu wisata menarik di Labura, terletak di Desa Kuala Beringin kamu bisa menempuh waktu sekitar 3 jam ke lokasi ini dari Ibukota Kabupaten Labuhanbatu Utara, Aek Kanopan. Dengan medan yang cukup ekstreem guys.

Buat kamu yang suka adventure dengan medan yangekstreem, tempat ini layak kamu jadikan tujuan.FYI, dari beberapa sumber yang ada mengatakan, dilarang mandi di tempat ini karena kedalaman air nya belum diketahui. Tapi buat kamu yang suka ilmu alam, cocok nih dijadikan alam penelitian kamu.

12. Turunan Sikkam, Kolam Alami Luar Biasa

Turunan Sikkam - Laburaku
Turunan Sikkam – Foto by @heryazwardin diambil dari Laburaku

Sungai seperti kolam cantik ini berada di Turunan Sikkam yang terletak di Desa Poldung Kecamatan Aek Natas. Untuk menuju kesini kamu harus seperti Ninja Hatori guys, mendaki gunung lewati lembah. Yap, bener sekali, kamu harus memanjat tebing dan melintasi akar – akar yang cukup ekstreem.

FYI, Desa Poldung merupakan desa tertua di Kabupaten Labuhanbatu Utara loh guys. Tertarik berkunjung kesini?

BACA JUGA:  Ini Loh 12 Tempat Wisata Di Deli Serdang Yang Sering Digosipin Orang. Kesini Yuk!

13. Air Terjun Tajopit

Air Terjun Tajopit - Laburaku
Air Terjun Tajopit – Foto diambil dari Laburaku

Tajopit adalah bahasa pesisir yang sering digunakan warga sekitar dan juga warga melayu. Tajopit kalau dalam Bahasa Indonesia nya berarti terjepit guys. Dinamakan air terjun tajopit karena air yang turun dari atas di apit oleh dua tebing bebatuan.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Kuala Beringin Dusun Batu Juguk Kecamatan Kualuh Hulu Labura dan terletak di hulu sungai kualuh guys. Jadikan tempat ini salah satu destinasi mu berikutnya yaa!

14. Air Terjun Bertingkat

Air Terjun Bertingkat - Laburaku
Air Terjun Bertingkat – Foto diambil dari Laburaku

Lokasi cantik ini berada di Desa Hatapang Kecamatan Na IX-X Labura guys. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang pengen bersemedi di bawah cucuran air deras. Yaah, seperti model foto tersebut lah.

15. Aek Ronggas, Potensi Wisata Kelas Dunia

Aek Ronggas - Laburaku
Aek Ronggas – Foto by Rinaldi Hutajulu diambil dari Laburaku

Labura memiliki beberapaspot dataran tinggi yang layak kamu jadikan tujuan wisata berikutnya. Salah satunya adalah lokasi ini, berada di Desa Aek Ronggas Kecamatan Kualuh Selatan Labura dengan pemandangan hijau yang cukup menakjubkan.

Sepertinya tempat ini cocok banget deh dijadiin spot untuk olahraga paralayang kelas dunia. Tertarik mencoba? Hehe

16. Sungai Pirlok, Jernih Dan Menyegarkan

Sungai Pirlok - Laburaku
Sungai Pirlok – Foto by Irma Susanti diambil dari Laburaku

Sungai ini terlihat begitu asri dan indah. Sungai pirlok namanya, terletak di Desa Silumajang Dusun Pulo Hopur Kecamatan Na IX-X Labura. Yang suka mandi – mandi di alam bebas, nah lokasi ini cocok kamu kunjung bareng teman – teman. Gak percaya? Cobain aja sendiri..hehe

17. Puncak Manhalese

Puncak Manhalese - Laburaku
Puncak Manhalese – Foto by @nurhadianwar diambil dari Laburaku

Masih di Kecamatan Na IX-X Labura , ada satu lokasi yang juga gak kalah menarik guys, Puncak Manhalese namanya, lokasi ini letaknya di Desa Batu Tunggal, dari sini kamu bisa menyaksikan sunrise dan juga menikmati keindahan alam. Selain itu dari Puncak Manhalese kamu juga bisa menyaksikan keindahan kabut yang mirip seperti awan lohguys.

18. Hajoran, Bumi Subur Nan Eksotis

Hajoran - Laburaku
Hajoran – Foto by indga diambil dari Laburaku

Hajoran menawarkan view alam yang indah dan gak akan bikin kamu bosan berkunjung kesini. Hajoran berada di Desa Hatapang Kecamatan Na IX-X Labura guys. Main lah kesini, eksplore alam Indonesia kita tercinta.

19. Tangkahan Lobu

Tangkahan Lobu - Laburaku
Tangkahan Lobu – Foto by Nurlelawati Munthe diambil dari Laburaku

Takkahan Lobu ini terletak di Desa Meranti Omas Kecamatan Na IX-X Labura. Kamu bisa ke lokasi ini melalui perempatan Desa Kampung Pajak atau dari simpang koramil Aek Kota Batu.

Keindahan alam sekitar Tangkahan Lobu ini sangat layak kamu nikmati dan jadikan sebagai background selfie kamu guys.

20. Air Terjun Goa

Air Terjun Goa - Laburaku
Air Terjun Goa – Foto diambil dari Laburaku

Air terjun ini merupakan air terjuan yang bermuara ke bibir sungai Aek Natas. Keindahan alamnya membuat lokasi ini mulai di lirik pecinta adventure setempat. Kamu juga boleh kok mampir kesini.

Nah guys, tertarik untuk mengeksplorasi surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Seperti yang di ulas tadi, sebagian besar lokasi wisata ini masih tergolong‘perawan’ dan butuh effort atau perjuangan lebih untuk sampai di tempat tersebut. Tapi kamu gak usah takut, ada pepatah mengatakan seperti ini :

Ibarat mendaki gunung

Semua rasa lelah mu akan terbayarkan ketika kamu tiba di puncak.

Baca Juga : Anak Labura Yang Mau Berobat, Cobain Rumah Sakit Mewah Ini Secara Gratis