Taman Bunga Nusantara dengan Berjuta Keindahan yang Mempesona

Taman Bunga Nusantara adalah salah satu wisata favorit yang berada di daerah Jawa Barat. Tempat cantik satu ini bisa menjadi tujuan wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di kota ini.

Tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri jika hanya ingin melihat banyak jenis tumbuhan dan bunga cantik yang beragam jenis dan warna, karena di Indonesia juga ada taman bunga yang sangat indah.

Indahnya bunga di taman ini juga tak kalah indah dengan bunga lampion warna-warni yang ada di Malang Night Paradise di Jawa Timur.

Penasaran seperti apa indahnya Taman Bunga Nusantara ini? Tempat Asik akan membahas lebih lengkap disini.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Bunga Nusantara

French Garden
French Garden di Taman Bunga Nusantara viaWina Van Dijk

Lokasi taman indah ini berada di Jl. Mariwati km. 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Jika kamu dari arah Jakarta, perjalanan ke lokasi bisa ditempuh sekitar 4 jam. Untuk medan jalan menuju lokasi sudah cukup bagus dan bisa dilalui dengan kendaraan pribadi.

Rute cukup mudah, cukup melewati tol Jagorawi mengarah ke kota Bogor lalu menuju kawasan Puncak. Dari Puncak bisa lurus menuju daerah Cianjur dan ikuti papan petunjuk menuju lokasi.

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan umum dari Jakarta bisa naik kereta lalu turun di stasiun Bogor. Lalu naik angkot ke arah terminal Barangsiang, lalu naik angkot lagi jurusan Cianjur dan turun di Cipanas. Lalu naik angkot yang mengarah ke simpang Mariwati – Cipanas dan turun di Taman Bunga Nusantara ini.

Tapi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena lebih efisien dan nyaman.

Secara geografis, taman ini berada di ketinggian 750 meter diatas permukaan laut dan suhu udara sekitar 20 – 26 derajat celcius. Berjarak sekitar 9 km dari Jl. Raya Jakarta – Bandung dan bisa ditempuh dari arah mana saja.

display karpet
Display karpet via http://www.tamanbunga-nusantara.com

Secara topografis, luas taman ini sekitar 35 hektar. 23 hektar untuk lokasi bunga dan tanaman berbunga, 7 hektar untuk lokasi wahana Alam Imajinasi, 2 hektar untuk lokasi pembibitan, 3 hektar untuk lokasi vila Saung Nini dan Saung Aki (restoran dan ruang pertemuan).

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

taman bunga nusantara merak
Taman Bunga Nusantara viadeny_chirs

Bagi kamu yang berencana kesini bisa datang sewaktu-waktu karena tempat ini buka setiap hari dari pagi-sore hari. Hari Senin – Jum’at (weekday) buka dari jam 08.00 – 17.00 WIB, untuk hari Sabtu – Minggu & hari Libur Nasional (weekend) buka dari jam 08.00 – 17.30.

BACA JUGA:  Pantai Depok Jogja, Piknik Asik Sambil Wisata Kuliner
Area Parkir
Area Parkir via http://www.tamanbunga-nusantara.com

Untuk biaya parkir kendaraan sepeda motor Rp 5.000,-, mobil Rp 10.000,-, minibus Rp 15.000,-, bus Rp 20.000,-/kendaraan.

Untuk bisa menikmati indahnya tempat ini pengunjung cukup membayar tiket masuk (usia 4 tahun ke atas) Rp 30.000,-/orang. Jika kamu ingin membeli paket tiket dengan berkeliling naik Dotto Trains atau Garden Tram kamu cukup bayar Rp 40.000,-/orang.

Maze
Maze via www.tamanbunga-nusantara.com

Untuk tiket wahana wira-wiri seharga Rp 10.000,-, tiket masuk rumah kaca Rp 2.000,-, tiket masuk peta Maze/Taman Labirin Rp 2.000,-.

Dengan harga terjangkau ini kamu bisa puas menikmati keindahan warna-warni bunga-bunga disini. Sampai di pintu masuk ada baiknya mengambil peta karena taman ini cukup luas, jadi akan lebih mudah menjelajah semua tempat disini.

Untuk harga ke depan mungkin bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Lokasi Menarik yang Wajib Kamu Nikmati di Taman Bunga Nusantara

Rumah Kaca Gaya Belanda

Rumah Kaca
Rumah Kaca via http://www.tamanbunga-nusantara.com

Luas rumah kaca ini sekitar 2.200 meter persegi dan sekitar 3.000 panel lebih kaca di bangunannya. Pembuatan rumah kaca ini dilaksanakan oleh perusahaan dari Belanda, Bosch Adeco.

rumah kaca taman bunga nusantara
Rumah kaca taman bunga nusantara via @lanisyah0209

Sekitar bulan Desember 1994 mulai pengerjaan pembangunan dan dibantu pekerja setempat. Rumah kaca ini difungsikan untuk jenis tanaman yang membutuhkan perawatan khusus.

Lokasi ini menjadi tempat berteduh berbagai macam jenis tanaman yang sensitif dengan panasnya terik matahari dan derasnya hujan tropis.

Taman Khusus

taman air
Taman Air via http://www.tamanbunga-nusantara.com

Disini ada taman khusus seperti Taman Air, Taman Mawar, Taman Gaya Perancis, Taman Gaya Amerika, Taman Gaya Bali, Taman Rahasia (Labirin), Taman Gaya Mediterania, Taman Gaya Jepang, dan Taman Mawar.

taman amerika
Taman amerika via http://www.tamanbunga-nusantara.com

Danau Angsa

danau angsa
Danau angsa via http://www.tamanbunga-nusantara.com

Di danau seluas 8.000 meter persegi di tengah taman yang mengelilingi amphiteater/panggung terapung bisa menambah pemandangan menjadi lebih indah. Nuansa menjadi lebih menawan dengan adanya angsa yang sedang berenang.

Ada angsa putih berasal dari Eropa, angsa hitam dari Australia dan terkadang ada kawanan burung air yang sedang bersantai disini. Pengunjung juga bisa melihat ribuan ikan jinak disekitar.

Menara Pandang

menara pandang
Menara pandang via@aaz_hasanah

Bagi kamu yang ingin melihat indahnya pemandangan dari atas bisa langsung ke menara setinggi 28 meter ini. Menara ini ada 4 tingkat dan memiliki lift maupun tangga, jadi pengunjung bisa seru-seruan melihat pemandangan dari menara ini.

Jam Taman Raksasa

jam tangan raksasa
Jam taman raksasa via@ida_krit

Taman unik ini berupa jam ukuran besar berdiameter 10 meter. Uniknya, setiap setengah jam sekali mulai jam 09.30 – 17.00 WIB jam ini berdentang dengan alunan lagu-lagu yang sudah akrab di telinga masyarakat. Jam Taman ini didesain oleh Hamana Yosuke, seorang perancang dari Jepang dan juga perancang Taman gaya Jepang.

Candi Bentar, Bale Kul-Kul dan Patung Dewa Umat Hindu

candi bentar
Candi Bentar via@neelampiliank

Candi Bentar (gapura pintu masuk) adalah ornamen khas Taman Bali. Disini juga bisa menemukan Bale Kul-Kul, Bale Bengong berupa tempat yang biasa digunakan untuk kemasyarakatan Bali). Ada juga patung-patung Dewa umat Hindu yaitu Dewa Siwa & Wisnu berada di belakang Taman Bali. Patung Dewi Sri berada di dapan pintu masuk ibarat patung penyambut kedatangan wisatawan.

Air Mancur Musikal

Air Mancur Musikal
Air Mancur Musikal via http://www.tamanbunga-nusantara.com

Uniknya disini, gerakan air mancur akan menyesuaikan ritme musik yang ada. Air mancur ini diresmikan oleh Ibu Ani Bambang Yudhoyono saat HUT Taman Bunga Nusantara yang ke 11, tanggal 6 September 2005.

BACA JUGA:  Benteng Vredeburg, Museum Jendela Sewu di Jogja dengan Saksi Sejarah Perjuangan Indonesia

Aneka Topiari

aneka topiari
Topiari burung merak via @jumpingcartle

Topiari terbesar disini adalah topiari yang ada di area depan yaitu topiari burung Merak. Di lahan sekitar 300 meter persegi ada sekitar 20.000 tanaman untuk menghiasi topiari ini. Ada juga topiari yang menarik lainnya seperti topiari kelinci, bebek dan panda yang berada di sekitar air mancur musikal. Pemandangan yang unik dan menarik ini bisa kamu jadikan background untuk berfoto.

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Taman ini adalah taman bunga pertama di Indonesia yang menampilkan beragam koleksi tanaman dan bunga yang cukup unik dan terkenal di seluruh penjuru dunia. Di area yang luas, taman ini ditumbuhi bunga-bunga dari Australia, Amerika Selatan, Afrika dan Asia. Disini ada area display bedding plants dengan luas sekitar 50.000 meter persegi.

Pemakarsa taman ini adalahIbu Suhardani Bustanil Arifin yang juga merupakan Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara. Tahun 1992 mulai merintis pembangunan taman, dan tahun 1993 pembangunan awal dimulai.

Tujuan pokok dibangun taman ini adalah sebagai salah satu aset wisata yang berbasis wisata agro Nasional dengan skala Internasional dan untuk menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat pada lingkungan terutama terhadap bunga dan tanaman hias.

Selain itu, tempat ini bisa bermanfaat bagi semua orang seperti para pecinta tanaman hias, fotografer, dan juga para masyarakat yang bisa membantu program pemerintah di bidang pariwisata dan peningkatan perekonomian sekitar.

Pengembangan taman jenis bunga sudah dikenal dunia saat ikut parade kendaraan hias Tournament of Roses di Pasadena, California. Hal ini menjadi kebanggan bagi Indonesia untuk menunjukkan pada dunia karena mampu menumbuhkembangkan tanaman hias terutama bunga.

Karena partisipasi sekitar 5 tahun dan menghasilkan karya-karya yang berharga, munculah ide untuk membuat taman bertaraf Internasional di Indonesia ini.

Tanggal 10 September 1995 upacara pembukaan Taman Bunga Nusantara dipimpin oleh Bapak Presiden Soeharto sekaligus melakukan penandatanganan sebuah batu peringatan/prasasti. Ibu Tien Soeharto juga meresmikan menara pandang dengan tinggi 28 meter.

Saat ulang tahun genap 1 tahun tanggal 10 September 1996, taman ini juga membuka area taman bermain yaitu Alam Imajinasi dengan luas 7 hektar.

Alam Imajinasi
Alam Imajinasi via http://www.tamanbunga-nusantara.com

Selain menjadi obek wisata, taman ini juga menjadi lahan percobaan pembudidayaan tanaman/jenis bunga dengan hasil positif. Jenis tanaman ini berasal dari wilayah subtropis dan negara yang memiliki 4 musim.

Taman wisata ini menyediakan informasi kepada pengunjung berupa brosur dalam 5 jenis bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, Arab dan Jepang.

Desainer Taman Bunga Nusantara

Mungkin hanya sedikit orang yang penasaran siapa yang mendesain taman indah ini. Taman ini didesain oleh beberapa orang terkenal dari berbagai negara. Berikut adalah para desainer taman bunga yang terkenal ini.

  • Zain Rachman (PT Exotica) sebagai desainer Arsitektur dan landsekap taman.
  • Sansan Widjaja sebagai desainer Taman Air, Taman Gaya Mediterania, dan Taman Gaya Bali 1.
  • Darmasto Kusumaningrat sebagai desainer Taman Palem, Taman Bali, Taman Air Baru, Rumah Kaca, dan lansekap seluruh taman.
  • Russell Autrey sebagai desainer Taman Gaya Amerika, Taman Mawar, Taman Gaya Perancis, Maze, dan konsultan taman.
  • Hamana Yosuke sebagai desainer Gaya Jepang dan Jam Taman.
  • Emil Arifin sebagai desainer Taman Rekreasi Anak Alam Imajinasi.
BACA JUGA:  Inilah 10 Tempat Wisata Yang Akan Menyaingi Bali Di Masa Depan

Fasilitas di Taman Bunga Nusantara

Fasilitas Penunjang

1. Area parkir
2.Toilet
3.Mushola
4.Pos keamanan
5.Ruang informasi
6. Rafflesia Mini Theater

Fasilitas ini berupa audiovisual yang menggambarkan tentang inti taman bunga disini. Sekitar 15 menit para wisatawan bisa melihat lokasi taman, tanaman dan fasilitas di tempat ini.

7. Kereta Dotto/Dotto Trains & Garden Tram
Dotto Trains
Dotto Trains via http://www.tamanbunga-nusantara.com

Kereta ini adalah fasilitas untuk mengantar para pengunjung yang ingin berkeliling dengan kereta dengan tiket Rp 40.000,-/orang untuk usia diatas 4 tahun.

8. Mobil Wira-wiri

Dengan membeli tiket Rp 10.000,- kamu bisa berkeliling taman dengan mobil terbuka berkapasitas 14 orang per mobilnya. Di mobil ini pengunjung bisa mendapat info tentang fasilitas di wisata taman disini.

9. Menara Pandang

Dari atas menara ini pengunjung dapat menikmati pemandangan taman.

10. Klinik P3K

Fasilitas untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu pada kesehatan/keselamtan pengunjung.

11. Toko Souvenir

Ada pula toko aksesoris/souvenir yang bisa dibeli pengunjung sekedarar untuk oleh-oleh.

12. Cafe Marigold
Cafe Marigold
Cafe Marigold via www.tamanbunga-nusantara.com

Jika perut lapar usai berkeliling, bisa langsung menuju cafe ini. Disini bisa menikmati keindahan taman sambil menyantap menu makanan.

13. Bursa Bunga dan Tanaman

Bagi pengunjung yang ingin mengoleksi tanaman bunga ataupun tanaman berdaun indah bisa membeli di area tempat parkir. Disini pengunjung bisa langsung membawa pulang karena dekat dengan kendaraan.

14. Gedung Serbaguna Saung Aki
Saung Aki
Saung Aki via http://www.tamanbunga-nusantara.com

Merupakan wahana untuk kegiatan meeting ataupun resepsi pernikahan lengkap dengan fasilitas acara

Tempat ini bisa menjadi lokasi acara pernikahan, meeting atau lainnya dengan fasilitas lengkap.

Gedung Restoran Saung Aki berlantai dua yang berada di depan Taman Bunga Nusantara ini bisa menjadi lokasi acara pernikahan, meeting atau lainnya dengan fasilitas lengkap.

15. Wisma & Camping Ground Saung Nini

Bagi pengunjung yang ingin menginap ataupun berkemah/camping, bisa langsung ke seberang taman indah ini. Dengan fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman tentu pengunjung akan merasa dimanjakan.

Fasilitas Pelengkap

1. Tenda Eleghan

Tenda Elegan
Tenda Elegan via http://www.tamanbunga-nusantara.com

Tenda ini diimpor dari Eropa dengan bentuk dan bahan eksklusif dan bisa mendukung berjalannya acara rombongan disini.

2. Panggung Kecil

Panggung berukuran 5mx5mx30cm bisa digunakan unutuk event perpisahan sekolah, gathering atau sebagainya dengan jumlah tamu 100 – 1.000 orang.

3. Kursi dan Meja

Kursi dan meja disini sudah menyiapkan jumlah yang cukup banyak sebagai fasilitas.

4. Lokasi Piknik

Area Piknik
Area Piknik via http://www.tamanbunga-nusantara.com

Ada sekitar 8 lokasi piknik yang asik untuk mengadakan acara rombongan. Tiap lokasi piknik berkapasitas beda-beda, mulai dari 50 orang – 3.500 orang.

5. Gazebo (saung/pendopo)

Gazebo
Gazebo via http://www.tamanbunga-nusantara.com

Ada sekitar 18 gazebo di sekitar area wisata ini yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai/beristirahat sambil menikmati pemandangan.

6. Amphiteater (Panggung Terapung)

Panggung yang ada di lokasi danau bisa digunakan untuk acara event atau yang lainnya.

7. Danau Angsa

Danau angsa ini bisa membuat refresh karena perpaduan pemandangan yang indah.

Tips Berkunjung di Taman Bunga Nusantara

  • Jika perjalanan dari Jakarta saat weekday bisa ditempuh sekitar 2,5 jam, weekend bisa sampai sekitar 3 jam.
  • Ada baiknya maksimal jam 08.00 pagi sudah keluar tol Jagorawi.
  • Jika pengunjung ingin lebih puas berfoto-foto dengan nyaman sebaiknya datang saat hari biasa/weekday. Saat hari libur & weekend tempat ini selalu ramai pengunjung.
  • Datanglah saat cuaca cerah agar hasil foto bisa lebih bagus.
  • Selalu mejaga kelestarian lingkungan dengan tidak merusak tanaman/bunga yang ada disini.
  • Jika berencana mengadakan acara/event, ada baiknya survey lokasi dulu dan konfirmasi dengan pihak pengelola setempat agar acara berjalan lancar.

Selain disini, di Jogja juga bisa menemukan taman bunga dengan spot miniatur Landmarks dunia di wisata terbaru Merapi Park.

Jadi pengen ke Taman Bunga Nusantara yang indah ini? Yuk susun jadwal piknik ke tempat seru ini.

Selamat berlibur dan salam piknik.