Menara Pandang Tele Itu Keren, Ayo Kesini Biar Tambah Ganteng!

Menara pandang Tele adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati seksinya Danau Toba. Sebenarnya masih banyak tempat asik untuk menikmati keindahan alam Danau Toba, seperti desa wisata Tongging atau bisa juga dari Taman Simalem Resort.

Menara pandang Tele (Tele tower view point) merupakan salah satu tempat wisata disekitar Danau Toba yang wajib dikunjungi yang ada di ketinggian Kabupaten Samosir tepat berada diatas Danau Toba. Banyak wisatawan lokal yang melakukan trip ke Pulau Samosir terlebih dahulu singgah di lokasi ini.

Nah, penasaran ngapain aja sih di menara Tele ini? Yuk simak ulasan yang sengaja disajikan Tempat Asik khusus buat kamu. Iyaaa..kamu..!!

Lokasi dan Rute Menuju Menara Pandang Tele

menara pandang tele
Penampakan Menara Pandang Tele Kabupaten Samosir via www.foodandholiday.com

Menara pandang Tele ini berada di Jalan Tele tepat di pinggir jalan di tepi jurang. Jalan Tele adalah satu – satunya jalan darat yang bisa dilalui menuju pulau Samosir.

Rute menuju menara pandang Tele bisa ditempuh darikota Medan – Dairi menuju sidikalang, ketika di jalan Medan – Sidikalang ada sebuah simpang Tele tepat di sebelah kiri jalan. Simpang tersebut adalah sebuah gerbang menuju desa wisata yang berada di Pulau Samosir.

menara pandang tele
Sisi kanan jalan menuju Menara Pandang Tele

Setelah belok kiri (jika dari kota Medan) memasuki jalan Tele atau kawasan wisata Samosir kita akan disuguhkan pemandangan indah, pepohonan besar di sebelah kiri dan pesona Danau Toba tepat disebelah kanan. Jarak tempuh dari simpang tele ke menara  Tele hanya 10 menit.

BACA JUGA:  Situ Patenggang Bandung dengan Pinisi Cafe & Resto yang Hits

Ngapain Aja Di Menara Pandang Tele ?

menara pandang tele
Titik foto di Menara Pandang Tele

Dari sejarahnya, menara Tele diresmikan oleh Bupati KDH Tk. II Tapanuli Utara Bapak Drs. G Sinaga pada tanggal 22 april 1988 dan tetap eksis hingga saat ini walau usianya sudah mencapai hampir 30 tahun.

Disepanjang perjalanannya menara Tele merupakan persinggahan wajib bagi masyarakat maupun wisatawan yang akan bepergian ke pulau Samosir melalui jalur Tele.

Disini kita bisa menikmati indahnya pemandangan Danau Toba, Pulau Samosir dan juga Pusuk Buhit berupa bukit sakral tertinggi yang ada di Danau Toba yang dikenal sebagai pusat asal muasal keturunan Batak

Di sisi kanan menara kita juga bisa menyaksikan air terjun yang berada dikejauhan. Kesegaran udara dipadu dengan keindahan alam membuat kita betah berlama – lama di tempat wisata yang satu ini.

Kamu yang doyan photography jangan sampai melewatkan momen saat berada di menara Tele. Dari sudut manapun keindahan tetap terpancar dari sini.

menara pandang tele
Nongkrong di Cafe di Menara Pandang Tele via google street

Jika kamu dari kota Medan perjalanan menuju lokasi ini diperkirakan memakan waktu tempuh sekitar 5 jam dengan kondisi jalan normal. Nah, pasti kamu lelah tuh diperjalanan, singgahlah di menara tele, sambil meminum teh hangat dan juga santap makanan ringan yang disedikan di sebuah kafe yang gak jauh dari menara Tele.

Biaya Masuk Ke Menara Pandang Tele

menara pandang tele
Tiket masuk ke Menara Pandang Tele

Walaupun tempat wisata yang satu ini cukup jauh dari pusat kota, namun pengelolaannya bisa dibilang cukup profesional dan didukung oleh pemerintah setempat.

Biaya masuk ke menara pandang Tele berdasarkan peraturan daerah (PERDA) nomor 13 tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha, maka karcis masuk ke menara Tele dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000,- saja untuk dewasa Rp. 1.000,- untuk anak – anak, dan tidak ada pungutan apapun lagi didalam area menara.

BACA JUGA:  Inilah Cerita Pesona Danau Toba Yang Perlu Kamu Ketahui

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

menara pandang tele
Keindahan Danau Toba dari Menara Pandang Tele

Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke menara pandang Tele? Jawabannya adalah saat tidak musim hujan dan saat tidak ada kabut.

Tim Tempat Asik mampir disini beberapa waktu lalu sekitar pukul 10.00 pagi. Dan sepertinya itu merupakan waktu terbaik deh. Karena kabut sudah hilang, cuaca tidak terlalu terik dan biasanya jam segitu hujan belum turun.

Jadi kalau kamu berangkatnya dari kota Medan, disarankan berangkat dari kota Medan pukul 04.00 subuh.