9 Tempat Wisata di Jogja Terbaru tahun 2017 Beserta Keindahannya

Tempat wisata di Jogja terbaru tentunya banyak dicari para traveler yang khusus ingin berburu suasana berbeda. Kota Jogja memang sudah ada banyak sekali tempat-tempat wisata asik dan seru untuk dikunjungi saat liburan.

Mau tau apa saja tempat wisata terbaru di kota Gudeg ini? Tim Tempat Asik akan membahas lengkap disini.

9 Tempat Wisata Di Jogja Terbaru Tahun 2017 yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

1. Rumah Hobbit Jogja di Seribu Batu Songgo Langit

rumah hobbit jogja seribu batu songgo langit
Rumah Hobbit Jogja di Seribu Batu Songgo Langit

Rumah Hobbit yang merupakan tempat wisata di Jogja terbaru dan cukup ngehits di awal tahun 2017 ini berada di Jl. Hutan Pinus, Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Dari kota Jogja sekitar 45 menit waktu perjalanan.

Rutenya searah dengan wisata Hutan Pinus Mangunan dan Watu Goyang Dlingo. Dari Jogja ke arah Jl. Imogiri Timur kea rah pasar Imogiri menuju arah Desa Mangunan sampai menemukan lokasi di kanan jalan. Bisa juga lewat Patuk Gunungkidul ke arah Mangunan sampai menemukan petunjuk ke lokasi.

Harga tiket masuk hanya Rp 2.000,-/orang saja, dan buka setiap hari dari pagi sampai sore hari. Untuk tarif parkir sepeda motor Rp 2.000,-/ kendaraan, mobil Rp 5.000,-,bus Rp 20.000,-.

Keunikan tempat wisata di Jogja terbaru ini adalah ada banyak spot foto menarik, unik, dan berbeda dengan tempat lain. Ada taman bunga di halaman depan, jembatan jomblo, batu purba songgo langit, dll. Ikon utama disini adalah spot foto Rumah Hobbit yang selalu antri jika kamu ingin berfoto. Ada pula rumah seribu kayu bagai di negeri dongeng yang unik dan bisa kamu jadikan tempat berfoto.

Ada juga wahana flying fox yang bisa kamu coba cukup bayar Rp 15.000,- per orang. Di lokasi wisata yang luas disini kamu bisa berlama-lama menjelajahi tempat unik ini dengan ditemani banyak pohon pinus yang teduh.

Kamu juga bisa coba mendaki ke puncak gunung seribu batu songgo langit dengan waktu sekitar 20 menit. Di puncak ini kamu juga bisa menemukan spot unik di atas ketinggian dengan pemandangan alam nan hijau.

Fasilitas juga sudah memadai seperti area parkir yang luas, toilet, mushola, jajaran warung dengan berbagai macam menu makanan/minuman dan cemilan.

2. Watu Goyang Mangunan

watu goyang
Watu Goyang di Mangunan

Wisata Watu Goyang juga baru ngehits di awal tahun 2017 ini. Berada di Desa Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari kota jogja perjalanan sekitar 45 menit.

Rutenya juga sama dengan rute ke arah Rumah Hobbit. Dari Jogja ke arah Jl. Imogiri Timur ke selatan sampai di pasar Imogiri. Ambil arah ke kiri menuju Makam Raja-raja Imogiri ambil arah ke Mangunan sampai menemukan gapura lokasi di kiri jalan.

sunset di watu goyang
Sunset di Watu Goyang

Tempat ini buka setiap hari,  seperti tempat wisata di jogja terbaru lainnya, untuk harga tiket masuk sementara masih free alias gratis dan hanya bayar biaya parkir kendaraan saja karena masih wisata baru. Tarif parkir sepeda motor Rp 3.000,-, mobil Rp 7.000,-, minibus Rp 15.000,-, bus Rp 20.000,-.

Sebaiknya datang kesini saat menjelang sore hari dan kamu bisa melihat indahnya sunset dari atas bukit dengan pemandangan yang indah.

BACA JUGA:  Watu Goyang Dlingo Dengan Keindahan Sunset di Atas Bukit

Keunikan tempat ini adalah adanya batu yang cukup besar yang bisa digoyang-goyangkan karena berhimpitan dengan batu lainnya dan dijadikan nama tempat wisata ini.

Selain itu disini ada spot helikopter di dekat tebing dan gardu pandang. Ada juga spot di atas batuan besar yang bisa kamu jadikan tempat berfoto dan tempat menikmati sunset saat cuaca cerah.

Fasilitas disini ada area parkir yang cukup luas, warung, toilet, & mushola.

3. Spot Foto Menara Eifel di Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu

menara eifel di kadilangu
Spot menara eifel di Kadilangu

Belum lama ini ada penambahan spot Menara Eifel yang begitu menarik untuk diajak foto di kawasan wisata Hutan Mangrove Kulon Progo, tepatnya di hutan mangrove Pantai Pasir Kadilangu.

Beralamat di Desa Jangkaran (Pasir Mendit ), Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute dari Jogja ke arah Jl. Wates ke arah Jl. Daendels nanti sampai menemukan petunjuk arah ke wisata mangrove. Perjalanan ditempuh sekitar 1,5 jam.

Spot ini langsung banyak menarik perhatian semua kalangan, karena tak perlu jauh-jauh ke kota Paris untuk berpose dengan menara Eifel. Menara ini terbuat dari rangkaian bambu dan tertata unik dengan tinggi sekitar 10 meter. Walau terbuat dari bambu, tapi spot ini langsung cepat ngehits di sosmed.

Sebenarnya ada banyak spot disini, tetapi spot yang paling menarik dan terbaru adalah menara Eifel satu ini. Jembatan utama yang terpanjang di kawasan mangrove ini juga keren seperti di luar negeri.

Harga tiket masuk cukup bayar Rp 5.000,-/orang dan biaya parkir sepeda motor Rp 2.000,-, mobil Rp 5.000,-,bus/truk Rp10.000,-. Tempat  ini buka setiap hari dari pagi sampai sore.

Fasilitas disini juga sudah memadai, ada area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, jajaran warung dengan harga menu yang terjangkau.

4. Spot Baru dan Kekinian di Waduk Sermo

spot di waduk sermo
Spot taman cinta di Waduk Sermo

Waduk Sermo berada di Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dari kota Jogja sekitar 1-1,5 jam perjalanan tergantung kecepatan kendaraan.

Rute dari Jogja ke arah Jl. Wates sampai di pertigaan sekitar Jl. Wates km 17 ke kanan melewati perlintasan kereta api dan ikuti petunjuk ke arah Waduk sampai di lokasi. Sebaiknya datang kesini saat musim panas, jika musim hujan beberapa titik jalan menjadi licin.

Waduk yang diresemikan oleh Bapak Presiden Soeharto tanggal 20 November 1996 ini membendung Kali Ngrancah yang bisa menampung air 25 juta meter kubik. Dibangun dengan dana Rp 22 miliar selesai dalam waktu 2 tahun 8 bulan.

Selain sebagai bendungan untuk irigasi, juga sebagai tempat wisata. Disini kamu bisa melihat indahnya bukit-bukit nan hijau berpadu luasnya danau/bendungan ini.

Meski waduk ini sudah lama diminati, saat ini sudah ada penambahan banyak spot kekinian yang bisa menjadi daya tarik para pengunjung. Salah satu tujuannya adalah untuk memberi suasana baru dan menambah minat wisatawan agar tidak bosan untuk datang ke waduk ini.

Untuk masuk ke waduk ini kamu cukup bayar retribusi Rp 5.000,-/orang. Untuk parkir belum dipungut biaya karena saat datang kesini cukup sepi.

Di lokasi terpisah-pisah di area waduk, ada banyak spot dengan berbagai macam type dan keunikan. Untuk tarif berfoto di spot disini juga berfariasi harganya. Seperti berfoto di spot Love/ taman cinta kamu cukup bayar Rp 7.500,- per orang. Ada juga spot Tampir dengan tarif Rp 5.000,-, dan spot Anjung Bambu dengan tarif Rp 5.000,- per orang. Kamu juga bisa coba berfoto di spot lain di lokasi yang berbeda.

Fasilitas juga sudah ada area parkir, toilet, dan penjual makanan.

5. Bukit Cendana di Kulon Progo

tempat wisata di jogja terbaru
Spot di Bukit Cendana via @ariewinaya

Bukit Cendana ini berada di Dusun Tegiri 2 RT 48 RW 18, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Suasana juga hampir mirip dengan wisata alam Kalibiru yang menawarkan keindahan alam dengan latar Waduk Sermo.

BACA JUGA:  Taman Bunga Nusantara dengan Berjuta Keindahan yang Mempesona

Rute dari kota Jogja juga searah dengan rute ke Waduk Sermo, hanya saja waktu dan jarak ke bukit ini lebih jauh dan lebih lama. Dari kota Jogja sekitar 1,5 jam atau lebih.

Di awal tahun 2017, wisata baru ini sudah mulai menjadi buah bibir di kalangan umum dan banyak juga yang mulai penasaran.

Keunikan disini kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dengan bersantai di gardu pandang. Bagi kamu pemburu spot foto unik, disini adalah salah satu tempat yang cocok dan fotomu bakal jadi ngehits dan banyak orang yang penasaran dengan lokasi spot ini.

Tempat ini buka setiap hari, untuk harga tiket masuknya belum ditentukan dan kamu cukup bayar biaya parkir motor Rp 2.000,- saja.

Fasilitas masih dalam tahap pengembangan karena tempat ini masih termasuk baru. Namun sudah ada area parkir, warung kecil, dan gardu pandang.

6. Spot Unik di Bukit Mojo Gumelem

bukit mojo
Spot Sarang Burung di Bukit Mojo via @irfabdllah

Bukit Mojo Gumelem berada di dekat Kebun Buah Mangunan dan Bukit Panguk Kediwung. Berada di Pedukuhan Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Dari kota Jogja sekitar 45 menit -1 jam perjalanan.

Rute ke lokasi spot Sarang Burung cukup lewat Gardu Pandang Mangunan ke arah Bukit Panguk. Sebelum sampai di Bukit Panguk ada pertigaan ada papan petunjuk, ambil ke kanan sampai menemukan lokasi.

Biasanya di setiap tempat wisata di Jogja terbaru akan ditemukan keunikan, di tempat ini adalah adanya spot unik Sarang Burung dengan paduan pemandangan alam yang cantik. Selain itu, ada spot gardu pandang bentuk bunga matahari yang unik berpadu dengan pemandangan sungai Oya dan hijaunya perbukitan.

Jika kamu datang sebelum matahari terbit, kamu bisa melihat kabut seperti di negeri atas awan.

Untuk harga tiket masuknya sementara masih gratis, pengunjung cukup bayar biaya parkir kendaraan saja. Untuk sepeda motor Rp 2.000,-, untuk berfoto di spot cukup bayar Rp 3.000,-/spot. Tempat ini buka setiap hari.

Fasilitas disini sudah ada toilet, area parkir, tempat duduk dan warung makanan/minuman.

7. Air Terjun Gedad

air terjun gedad
Air Terjun Gedad via @faisal.nh

Tempat wisata di jogja terbaru yang satu ini belum lama diresmikan menjadi tempat wisata dan belum popular di kalangan umum karena masih terbilang baru. Berlokasi di Dusun Gedad, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak dari kota Jogja sekitar 50 km dan bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Rute ke lokasi bisa berpatokan menuju arah Air Terjun Sri Gethuk, karena lokasinya hanya di selatannya. Jika dari Jogja ke arah Jl. Wonosari menuju rute ke Air Terjun Sri Ghetuk. Sampai pos pertigaan arah ke Sri Gethuk ke kiri sekitar 3 km nanti ada Balai Desa Banyusoco. Ambil kiri ikuti jalan sekitar 1 km nanti ada papan petunjuk ke lokasi.

Tinggi air tejun ini sekitar 10-15 meter. Keunikan yang menjadi daya tarik air terjun ini yaitu dinding tebing cukup lebar dan berundak-undak terlihat artistik dan alami.

Selain itu, kamu bisa mandi dan basah-basahan di kolam air terjun ini. Bagi kamu yang doyan foto selfie disini ada dek khusus di depan air terjun yang bisa kamu jadikan spot foto.

Harga tiket masuk sementara masih gratis, pengunjuung cukup bayar biaya parkir saja. Untuk sepeda motor cukup bayar Rp 2.000,-.

Fasilitas disini masih dalam proses pengembangan untuk lebih lanjutnya karena masih termasuk tempat wisata baru.

8. Pantai Sinden dan Pulau Kalong

pantai sinden
Birunya Pantai Sinden Yang Masih Terjaga via @alanramadhan_

Pantai Sinden dan Pulau Kalong ini berada di timurnya Pantai Jungwok, berada di antara pantai Greweng dan Pantai Sedahan, dan dekat dengan Pantai Wediombo.

BACA JUGA:  14 Makanan Ini Yang Bikin Kamu Pengen Balik Lagi Ke Medan

Lokasi pantai ini berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dari kota Jogja sekitar 80 km dan ditempuh sekitar 2 jam perjalanan tergantung kecepatan. Sebaiknya jika ingin kesini dengan mudah kamu ikuti rute ke Pantai Wediombo dan Pantai Jungwok.

Rute dari Jogja ke arah Jl. Wonosari melewati pasar buah Sambipitu lurus, sampai di pertigaan setelah Lapangan Terbang Gading ke kiri ke arah Kota Wonosari. Lurus ke arah Playen sampai di bundaran Siyono lurus sampai di Pemda Wonosari,di pertigaan sebelum Polres Gunungkidul ke kanan arah jalan Baron. Sampai di pertigaan ke kiri ke arah Pantai Wediombo. Sampai di pertigaan masih lurus sampai Balai Desa Balong, sampai di Jepitu ada pertigaan di depan pasar ke kanan arah Wediombo/Jungwok. Sebelum sampai di Wediombo ambil kiri ke arah Pantai Jungwok lihat petunjuk sampai di lokasi pantai Sinden dan Pulau Kalong.

Tiket masuk ke pantai cukup bayar Rp 6.000,- sudah termasuk wisata ke pantai di kawasan Wediombo. Tiket naik jembatan gantung ini tarif Rp 25.000,- dan biaya parkir sepeda motor Rp 3.000,- dan mobil Rp 5.000,-.

pulau kalong pantai sinden
Pulau Kalong di Pantai Sinden via @andrebelong

Sama seperti tempat wisata di jogja terbaru lainnya, tempat ini memiliki keunikan, yaitu seperti di Pantai Timang yang terdapat sebuah pulau kecil di tengah laut, masyarakat menyebutnya Pulau Kalong (kelelawar). Ada juga yang banyak menyebut dengan Pulau Gelatik karena dulunya juga ada banyak burung gelatiknya. Jembatan dan kereta gantung disini sebenarnya digunakan warga untuk mencari ikan dan lobster di area ini.

Di pulau ini cukup luas, tapi tidak berpasir, yang ada hanya gunung yang banyak semak belukar. Dan di kawasan pantai ini hanya ada tebing tinggi yang berpapasan langsung dengan laut. Pulau Kalong ini berjarak sekitar 40 meter dari Pantai Sinden.

Pantai ini banyak diminati oleh para pemancing karena ikan disini ikannya cukup besar.

Fasilitas masih terbatas, jadi sebaiknya jika kesini harus bawa bekal makanan dan minuman.

9. Merapi Park “The World Landmarks”

merapi park
Merapi Park bernuansa ala luar negeri

Merapi Park adalah tempat wisata baru di Jogja utara yang berada di dekat Museum Gunung Merapi. Beralamat di Jl. Kaliurang km. 25, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari kota Jogja bisa ditempuh sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan.

Rute perjalanan dari Jogja ke utara searah menuju Museum Gunung Merapi. Sebelum sampai di museum sudah terlihat luasnya parkiran kendaraan.

Wisata hits baru ini baru dibuka tanggal 25 Juni 2017 dengan tampilan rekreasi yang unik. Disini terdapat banyak sekali spot foto unik mendunia yang terkenal seperti Menara Eiffel, Menara Miring Pisa, Patung Liberty,Big Ben, dan Pagoda yang wajib kamu ajak foto saat kesini.

Selain itu, ada spot menarik lainnya yang bisa diajak foto seperti patung Masha & the Bear, patung rusa, spot love, telepon umum London,dan Kotak Pos London.

rute merapi park
Rute ke lokasi spot foto unik ini cukup mudah

Tempat baru ini akan memanjakan para pemburu foto hits unik dan kekinian yang tentunya sering update di sosmed terutama instagram. Jangan heran jika kamu kesini banyak dipenuhi pengunjung. Belum lama dibuka, tempat ini makin hari makin ramai.

Untuk bisa berfoto di spot keren ini kamu cukup bayar tiket masuk Rp 15.000,-/orang untuk usia lebih dari 2 tahun. Untuk biaya parkir kendaraan sepeda motor Rp 2.000,-, dan untuk mobil biaya diatas tarif sepeda motor.

Fasilitas juga cukup lengkap seperti area parkir yang luas, mushola, toilet umum, cafe mini yang siap melayani, gazebo, taman yang luas, dan pengunjung akan dimanjakan dengan alunan musik/lagu yang diputar.

Untuk menambah kepuasan pengunjung, tempat ini sedang dalam tahap pengembangan fasilitas seperti Kids Waterpark dan Replika Taman Satwa serta Botanical Garden untuk ke depannya.

Penasaran dengan tempat ini? Yuk segera kesini, dijamin asik.

Nah, semoga 9 tempat wisata di Jogja terbaru tersebut bisa menjadi referensi tempat berlibur di akhir pekan yang menyenangkan.

Selamat berlibur dan salam piknik. 🙂