Cuma Punya 48 Jam Di Jogja? Jangan Galau, 12 Tempat Wisata Ini Pasti Bisa Kamu Kunjungi

Yogyakarta memang gak habis – habis menawarkan eksotisme wisatanya. Keindahan alam, keramahan penduduk, budayanya yang kental dan pesatnya perkembangan kota ini menjadikannya menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia, baik itu bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Akhir – akhir ini cukup banyak dijumpai penawaran akomodasi pesawat menuju kota ini, dengan harga yang sangat murah dan gak bakal merobek kantong kamu dalam – dalam kamu sudah bisa beli tiket menuju Jogjakarta. Pertanyaannya, buat kamu yang pertama kali mampir ke Kota ini dan tidak menggunakan jasa travel agent, apa yang akan kamu lakukan?

Tim TempatAsik.Com kasih tips buat kamu sebelum memulai tour ini. Pertama, sebelum memulai tour, terlebih dahulu kamu sewa motor atau mobil untuk kamu jadikan tunggangan kamu selama di kota ini. FYI, di Jogja sangat banyak perusahaan yang khusus menyewakan kendaraannya untuk wisatawan yang datang, kamu bisa cari tahu kontak info nya melalui berbagai website. Untuk harga sewa sangat murah guys,sepeda motor mulai dari 25ribu hingga 50ribuan per hari nya. Kalau mobil sekitar 250ribu hingga 400ribu per hari nya.

Kedua, smartphone mu harus selalu standby, karena fasilitas‘peta’ nya akan digunakan sebagai penunjuk jalan. Udah siap untuk tour mandiri? Lets go!!

DAY #01 in JOGJAKARTA

1. Candi Prambanan Dan Kisah Roro Jonggrang (Jam 09.00 – 12.00 Wib)

Candi Prambanan Jogjakarta
Candi Prambanan Jogjakarta

Setiba kamu di Bandara Adi Sucipto Jogjakarta sekitar pukul 08.30 Wib kamu dan temen – temen kamu langsung aja telfon jasa penyewaan kendaraan, mereka akan langsung antar ke tempat dimana kamu berada saat itu. Setelah administrasi sewa menyewa beres, kamu bisa langsung go ketempat wisata yang satu ini. Kenapa candi Prambanan? Alasannya adalah karena lokasi ini merupakan salah satu lokasi terdekat dari Bandara guys. Menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil kamu akan tiba di candi Prambanan ga lebih dari 20 menit.

Candi Prambanan adalah salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia guys. Candi Prambanan begitu terkenal karena keindahannya juga legenda Roro Jonggrang yang melekat pada candi tersebut. Candi Prambanan terletak di antara Jogjakarta dan Surakarta (Solo) guys.

Ketika berada di area Candi Prambanan, jangan lupa mengabadikan setiap moment kalian dengan berfoto ria. Setelah puas berkeliling candi, kamu juga bisa belanja souvenir di komplek candi ini, banyak outlet souvenir yang tersedia disepanjang jalan kamu menuju parkiran.

2. Makan Siang Di House Of Raminten (Jam 12.00 – 14.00 Wib)

Wellcome to The House Of Raminten - pict by
Wellcome to The House Of Raminten – pict by luminatu video production

Setelah puas main di Candi Prambanan dan mengulik semua sejarah yang ada pada Candi Prambanan, pastinya kamu sudah lapar kan guys? Nah, TempatAsik.Com akan ajak kamu ke salah satu tempat makan yang begitu fenomenal di Jogjakarta, House Of Raminten namanya. Pernah dengar nama ini guys?

Yup, Raminten adalah nama dari pemilik tempat kuliner ini. Lokasi nya berada di tengah kota Jogjakarta di Jalan FM Noto 7, Kota Baru Jogjakarta. Kalau dari Candi Prambanan kamu lurus aja mengikuti Jalan solo arah balik ke Jogja (arah barat), House Of Raminten gak jauh dari Kali Code, tempat nongkrong anak muda di malam hari.

BACA JUGA:  Lumer Cafe Jogja, Tempat Makan Di Kota Pelajar Yang Wajib Dikunjungi Ketika Malam Minggu

Kamu bisa menikmati kuliner khas Jogja disini, ada nasi kucing, wedang jahe, sate lilit dan lainnya, semua makanan tradisional ini disajikan ala western loh guys. Selain mencicipi makanannya, kamu juga bisa menikmati gaya bangunan resto ini, bangunannya yang cantik dan kreatif membuat pengunjung betah berlama – lama di tempat ini. Gimana? Sudah siap isi perut?

3. Upside Down World Jogja (Jam 14.00 – 15.00 Wib)

Upside Down World Jogja - pict by
Upside Down World Jogja – pict by 2jogja.com

Puas nyantai sambil menikmati kuliner khas Jogja di House Of Raminten, kamu harus berkunjung ke tempat yang satu ini. Berawal dari kesuksesan Upside Down World di Bali sebagai tempat wisata terbaru, kini Upside Down Wold pun hadir di Jogja.

Kalau kamu bosen foto dengan gaya itu – itu aja, kamu harus nyobain tempat ini. Disini disediakan 8 spot foto yang terdiri dari ruang tamu, kamar mandi, dapur, master bedroom, kids room, ruang makan, laundy room, dan juga ruang 3D. Awesome kan guys..

Uniknya lagi, property yang digunakan semuanya asli guys. Jadi kamu bisa foto dengan dunia terbalik seakan – akan semua itu nyata. Gimana? Tertarik mencoba yang satu ini?

Untuk masuk ke lokasi ini kamu harus menyiapkan uang sebesar 40ribu untuk anak – anak dan 60ribu untuk dewasa. Lokasi Upside Down World Jogja ini terletak di Jalan Ring Road Utara, kalau kamu dari Jalan Gejayan, terus aja ke Utara, pas ketemu perempatan ring road belok kanan jalan terus sampai melewati kampus Amikom di sebelah kiri dan UPN di sebelah kanan. Gak jauh dari perempatan kampus UPN kamu akan ketemu perumahan Casa Grande, Nah lokasi ini berada tepat di seberang Indomaret Casa Grande. Happy hunting guys!

4. Pantai Parangtritis (Jam 15.00 – 19.00 Wib)

Image184
Menjelang sunset pantai Parangtritis Jogja

Setelah puashunting foto di Upside Down Wold Jogja, kali ini kamu akan kami ajak berkunjung ke salah satu pantai yang sangat terkenal di Jogja, pantai Parangtritis namanya.

Sebenarnya masih banyak sih guys pantai cantik lainnya di Jogja, seperti pantai Ngandong di Gunung Kidul, pantai Nglambor, pantai Pok Tunggal dan pantai lainnya yang sangat memesona, tapi mengingat waktu kamu hanya 48 jam di Kota ini, maka kita pilih yang terdekat dan terpopuler saja. Hehe

Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul Jogjakarta. Jarak dari pusat Kota Jogja sekitar 25 kilometer guys. Pantai ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise maupun sunset guys. Selain itu disekitaran lokasi ini terdapat beberapa spot wisata yang bisa kamu kunjungi sekaligus saat berada di Parangtritis.

5. Makan Malam Di Angkringan Lek Man (Jam 19.00 – 21.00 Wib)

Angkringan-Lik-Man-Jogja_2
Angkringan Lek Man Jl Mangkubumi -pict from onzealergi.com

Setelah menyaksikan terbenamnya matahari di pantai Parangtritis, sekitar pukul 20.00 Wib kamu bisa melanjutkan perjalanan kembali ke pusat kota Jogja. Kali ini kamu bisa santap malam di satu tempat yang sudah terkenal sejak lama, apalagi kopi Jos nya.

BACA JUGA:  Berburu Kuliner Medan Yang Terkenal Di Nusantara

Warga setempat menyebutnya angkringan Lek Man, angkringan ini sangat terkenal karena merupakan angkringan tertua dan berdiri sejak tahun 1969 loh guys. Angkringan ini terletak di Jalan Mangkubumi tepat disebelah stasiun Kreta Api Tugu guys.

Banyak anak muda, wisatawan lokal maupun luar mampir kesini khusus menghabiskan waktu malam mereka. Disini kamu bisa menikmati nasi kucing, sate jeroan, mendoan dan yang pastinya kopi Josss yang terkenal itu guys.

6. Bermain Di Alun – Alun Keraton Jogja (Jam 21.00 – 23.00 Wib)

tempat-wisata-malam-dijogja-alun-alun-kidul
Kemeriahan malam di alun – alun Jogja – pict from wisatapedi.com

Perut udah kenyang? Kalau sudah, jangan terlalu lama di tempat tadi, yuk lanjutintour berikutnya. Setelah mampir di tempat Lek Man, kamu harus mampir juga ke alun – alun Jogja.

Alun – alun utara Jogja gak jauh kok dari angkringan Lek Man tadi, lebih kurang 5 menit kamu udah nyampe di alun alun utara. Hampir setiap malam alun – alun Jogja ramai dikunjungi masyarakat dan wisatawan. Banyak permainan disuguhkan di tempat ini. Mulai dari nyobain nutup mata sambil melewati dua pohon beringin tua, hingga naik sepeda unik warna warni sambil mengitari alun – alun.

Ohya guys, sebelum mampir ke alun – alun kamu jangan lupa mampir di kilometer 0 nya Jogja ya, lokasinya ga jauh kok dari alun – alun, sekitar 50 meter. Kilometer 0 Jogja berada di perempatan kantor pos Jogja, tepat diseberang kantor pos ada Benteng Vredeburg yang terkenal itu loh guys. Kamu bisa mengabadikan moment kebersamaan bareng teman mu disini.

7. Foto Eksis di Tugu Jogja (Jam 23.00 – 01.00 Wib) loveheaven07.com

tugu jogja
Ngeksis bareng di tugu Jogja – pict from loveheaven07.com

Puas bermain bareng teman mu di alun alun Keraton Jogja dan sekitarnya. Kalau sudah, yuk mampir ke tugu Jogja, ada anekdot yang mengatakan “Jangan ngaku udah nyampe Jogja kalau belum sentuh dan foto di tugu Jogja”

Hahaha, mungkin anekdot ini yang bikin tugu Jogja selalu ramai saat malam menjelang pagi. Kalau kamu mau mengabadikan moment bareng teman mu di tugu ini, jam 23.00 wib kamu udah bisa mampir kesini, karena mulai jam tersebut akan banyak muda mudi yang nunggutraffic sepi. Biasanya pukul 00.00 wib ke atas mulai rame tuh tugu Jogja, kamu juga jangan ketinggalan yah guys. Tugu ini cuma satu – satunya di dunia guys.

FYI, tugu Jogja berada di lokasi yang gak jauh dari angkringan Lek Man, kalau kamu mau berkunjung ke angkringan Lek Man, sebelum masuk jalan Mangkubumi maka tugu ini yang kamu jumpai pertama kali.

DAY #02 in JOGJAKARTA

8. Sensasi Sarapan Di Soto Sampah (Jam 07.00 – 8.00 Wib)

soto2
Soto Sampah Jalan Kranggan Jogja – pict from rona.metronews.com

Ga sah rasanya kalau ke Jogja tapi belum nyobain soto khas Jogja. Agar tour hari ini maksimal, kamu harus isi perut dulu guys. Soto sampah yang berada di jalan Kranggan tepat di seberang pom bensin Krangganguys. Selain nyobain soto, ada lotek yang bisa kamu jadikan sarapan pagi mu. Lotek ini seperti gado – gado guys, kamu bisa nemuin di pinggiran jalan terdekat dari tempat kamu menginap.

BACA JUGA:  Kebun Teh Kulon Progo Tempat untuk Mengenal Varian Teh

9. Pesona Alam Kalibiru (Jam 08.00 – 11.00 Wib)

Kalibiru-Jogja
Pesona alam Kalibiru dari ketinggian – pict from wukitraveller.com

Kalibiru adalah tujuan wisata berikutnya di hari terakhir kamu di kota Jogja. Kalibiru adalah salah satu tempat wisata alam yang laginge-hits di Jogja, lokasi ini berada di Bukit Menoreh, Kulonprogo Jogjakarta. Desa wisata Kalibiru tekenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Dari ketinggian kamu bisa menyaksikan keindahan alam Waduk Sermo.

Ritual wajib yang harus kamu kerjakan ketika berada disini adalah berfoto diatas sebuah pohon tempat bermain flying fox. Hehe

Baca juga : 19 Alasan Kenapa Kamu Wajib Baca Artikel Ini Sebelum Plesiran Ke Tanah Karo

10. Santap Siang Di Rumah Pohon Mas Dewo (Jam 11.00 – 12.00 Wib)

rumah pohon mas dewo
Uniknya resto berkonsep pohon – pict from klinongklinong.com

Sepulang dari Desa Wisata Kalibiru Jogja, pasti kamu laper lagi kan guys. Nah, sebelum lanjut rute berikutnya, kamu bisa nyobain santap siang di Rumah Pohon Mas Dewo guys.

Lapak makan ini sangat unik, dibangun dengan susunan bambu bertingkat – tingkat dan ditengah bangunan terdapat pohon besar. Uniknya lagi, dari tingkat teratas rumah pohon ini kamu bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi guys. Disini kamu bisa merelaksasikan diri dengan menikmati angin sepoi – sepoi yang menyapa ramah seperti ramahnya orang Jogja.

Lokasi rumah pohon ini gak jauh dari Tugu Jogja guys, tepatnya berada di Jalan Blunyahrejo Tegalrejo II/808 Jogjakarta, kalau sudah nyampe di daerah ini tapi belum ketemu lokasi nya, jangan sungkan – sungkan untuk bertanya yaa, karena untuk menemukan rumah pohon ini agak sedikit sulit sebab masuk sedikit ke dalam gang.

11. Candi Borobudur, Mendut Dan Sekitarnya (Jam 12.00 – 16.00 Wib)

borobudur
Borobudur Temple – pict by Linda

Sehabis makan siang di Rumah Pohon Mas Dewo, kamu bisa melanjutkan perjalanan mu ke salah satu keajaiban dunia, yaitu candi Borobudur. Terletak di Magelang Jawa Tengah kamu bisa menempuh lebih kurang 1 jam ke candi ini.

Di sepanjang perjalanan menuju lokasi candi, kamu akan jumpai banyak pemahat – pemahat batu. Sebelum tiba di Candi Borobudur, kamu akan disambut oleh candi Mendut guys. Candi Mendut hanya berjarak 3 kilometer saja dari Candi Borobudur.

FYI, Saat hari raya Waisak, Candi Mendut akan dijadikan titik awal arak – arakan ummat Budhis sebelum menuju Candi Borobudur.

12. Belanja Oleh – Oleh Di Malioboro Dan Pasar Bringharjo (Jam 16.00 – End)

Wisata belanja Malioboro Jogja - pict from
Wisata belanja Malioboro Jogja – pict from withlocals.com

Aktivitas terakhir yang harus kamu lakukan ketika berada di Jogja adalah belanja oleh – oleh. Pusat belanja oleh – oleh yang terkenal di Jogja adalah Malioboro dan pasar Bringharjo nya. Disini kamu bisa menemukan souvenir khas Jogja, Batik Tulis dan aneka oleh – oleh lainnya. Tak jauh dari Malioboro, kamu juga bisa mampir ke pabrik pembuatan bakpia berbagai merek. Kalau kamu kesulitan untuk mencarinya, minta saja tukang becak untuk mengantarkan mu kesana.

Nah, gimana guys? Sudah puas jalan – jalan nya? Sepertinya belum yaa. hehe
Menikmati Jogjakarta memang gak cukup sehari atau dua hari, bahkan seminggu. Kota ini terlalu indah untuk ditinggalkan begitu cepat, tak heran jika banyak yang ingin kembali lagi kesini.