Seaworld Ancol

Seaworld Ancol dikenal sebagai tempat wisata impian bagi anak-anak, terutama yang berada di luar Ibu Kota. Tapi apalah daya, keinginan untuk pergi ke sana kandas seketika tatkala orang tua bilang, “besok ya nak kalau sudah punya uang”.

Hari berganti tahun pun berlalu hanya bisa memandang album foto tetangga yang sudah pergi ke Seawordl Ancol atau tulisan di kaca belakang mobil ketika menunggu lampu rambu lalu lintas menyala hijau.

Siapa yang tak pernah mendengar kata Jakarta, mayoritas rakyat Indonesia tentulah sudah tahu bahwa Jakarta adalah Ibukota Negara Republik Indonesia, namun demikian tidak semua orang pernah menginjakkan kakinya di Jakarta.

Selain Ibukota Negara, Jakarta juga dikenal sebagai pusat bisnis nya Indonesia, hampir semua perusahaan ternama di Republik ini menempatkan kantor mereka di Jakarta, bahkan perusahaan – perusahaan asing pun juga melakukan hal yang sama.

Namun ada sisi lain dari Kota Jakarta yang masih samar – samar didengar oleh sebagian masyarakat Indonesia, bahwa Jakarta adalah salah satu kota destinasi wisata terbaik yang ada di Indoneisa.

Ketika seorang anak dari kampung ditanya, ke Jakarta apa yang ingin Ia lihat, banyak dari mereka menjawab ingin melihat gedung – gedung tinggi. Wajar karena hal demikian sering mereka lihat melalui media televisi.

Di Jakarta banyak tempat wisata baik itu wisata sejarah, rekreasi, kuliner maupun kebudayaan. Salah satu tempat rekreasi yang paling banyak dicari ketika orang yang baru pertama kali ke Jakarta adalah Seaworld Ancol.

Ancol adalah sebuah nama Kelurahan yang berada di Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Banyak warga luar Jakarta yang menganggap bahwa Ancol adalah nama dari sebuah tempat wisata, tidak sepenuhnya salah.

Di kawasan Ancol terdapat banyak tempat wisata rekreasi seperti Dunia Fantasi (Dufan), Pasar Seni, Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudera, Taman Pantai, Allianz Ecopark, Faunaland, Gondola, Epicable Park dan tentunya yang mau kita bahas ini, Seaworld Ancol.

Sejarah Wisata Terpadu Ancol

Potensi Ancol sebagai tujuan destinasi wisata sebenarnya telah lama menarik Pemerintah, termasuk Gubernur Hindia – Belanda pada saat itu Adriaan Valckenier sekitar awal abad ke – 17. Namun potensi itu terkubur saat perang kemerdekaan terjadi.

Kemudian Presiden Republik Indonesia Pertama Ir. Soekarno menginisiasi untuk membangun dan mengeksplorasi daerah Ancol sebagai destinasi wisata.

Pada akhir Desember 1965 Presiden Ir. Soekarno memerintahkan sekaligus menunjuk Gubernur DKI Jakarta dr. Soemarno Sosroatmodjo sebagai Pelaksana Pembangunan daerah wisata Ancol.

Pada tahun 1966 proyek ini dilanjutkan oleh Gubernur Ali Sadikin yang atas persetujuan Pemerintah DKI Jakarta memutuskan untuk menyerahkan proyek Ancol kepada PT. Pembangunan Jaya

Singkat cerita PT. Pembangunan Jaya mengalami pembenahan dan berubah menjadi PT. Pembangunan Jaya Ancol dengan komposisi kepemilikan saham 20% dimiliki PT. Pembangunan Jaya Ancol sedangkan 80% dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tertuang dalam Akta Perubahan No. 33 tanggal 10 Juli 1992.

Dengan semakin kuatnya badan hukum yang dimiliki PT. Pembangunan Jaya Ancol maka kawasan wisata Ancol pun semakin berkembang pesat, dan pada tanngal 2 Juli 2004 lalu PT. Pembangunan Jaya Ancol melakukan penawaran saham kepada public (IPO) melalui Bursa Efek Indonesia.

Pelepasan saham tersebu sekaligus mengubah status PT. Pembangunan Jaya Ancol menjadi terbuka (Tbk) dengan komposisi kepemilikan saham PT. Pembangunan Jaya Ancol  18%, Pemda DKI 72% dan saham publik 10%.

Seaworld Ancol

seaworld ancol
Sumber: mayangmahesa21

Seaworld Ancol merupakan kawasan wisata yang bisa dimanfaatkan untuk hiburan dan juga edukasi, khususnya pengenalan terhadap dunia laut.

Setiap bisnis pastilah memiliki visi yang akan mereka perjuangkan hingga sukses, begitupula dengan Pemda DKI Jakarta dan PT. Pembangunan Jaya Ancol.

Tujuan adanya wahana Seaworld Ancol ini adalah untuk memberikan pendidikan kepada pengunjung, membuat tempat konservasi baik in situ maupun ex situ dan tentunya memberikan hiburan kepada masyarakat.

Saat ini saham dari Ancol Group termasuk Seaworld Ancol dipegang oleh 3 (tiga) komponen, saham mayoritas dipegang oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebesar 72%, lalu PT. Pembangunan Jaya sebesar 18% dan Saham Publik sebesar 10%.

Oleh sebab itulah kenapa sering kita dengar Pemerintah DKI Jakarta selalu memberikan promo menarik untuk liburan ke Taman Impian Jaya Ancol baik itu gratis maupun diskon bagi warganya, sebab saham mayoritasnya dipegang oleh Pemerintah DKI Jakarta sendiri.

Berdasarkan data yang kami himpun dari laman resmi Ancol, saat ini Seaworld Ancol memiliki sekitar   7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 jenis ikan dan 1 jenis reptil.

Sementara untuk biota air asin atau perairan laut Seawold Ancol memiliki 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata, serta 3 jenis reptil.

Makhluk – makhluk perairan tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium air tawar dan 19 akuarium air laut, serta kolam terbuka.

Disetiap akuariaum ataupun wahana memiliki tema khusus untuk menambah nuasnsa tersendiri dalam menyampaikan pesan yang ingin disampaikan wahana tersebut.

Selain itu, disetiap akuariaum atau wahana juga dibuatkan semacam label yang berisi informasi mengenai biota tersebut agar bisa dibaca oleh pengunjung guna menambah wawasan setiap orang yang melihatnya.

Tak hanya melihat – lihat akuarium, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung yang ada di kolam sentuh. Ingin mengenal lebih dekat dengan ikan – ikan laut dalam juga bisa dengan mengunjungi museum tempat pengawetan ikan, ada juga ikan purba loh.

Wahana dan Aktifitas di Seaworld Ancol

Seaworld Ancol ternyata memiliki pilihan wahana yang cukup banyak untuk dilihat satu per satu, setiap wahana memiliki ciri dan karakteristik nya tersendiri, berikut ini ada 14 wahana yang ada di Seaworld Ancol

  • Magic Aquarium

Pernah nonton film India yang judulnya Taare Zameen Par yang diperankan oleh Amir Khan?

Dalam film ini diceritakan ada seorang anak yang memiliki penyakit disleksia namun Ia punya kelebihan yakni jago menggambar.

Ia selalu membayangkan semua hal yang digambarnya bisa bergerak sesuai imajinasinya. Ketika menonton film tersebut kita akan berfikir itu merupakan hal yang mustahil dan mengada – ada, mana ada gambar seperti itu bisa bergerak.

magic aquarium seaworld ancol
Sumber: antonius_sudianto

Namun ternyata setelah melihat Magic Aquarium yang ada di Seaworold Ancol ini kita akan semakin takjub, ternyata gambar itu bisa bergerak seperti khayalan yang ada di film India tersebut.

Di wahana Magic Aquarium ini setiap anak yang datang boleh mencoba untuk mewarnai gambar biota laut yang kertasnya sudah disediakan oleh pengelola.

Setelah proses pewarnaan selesai, lalu bawa hasil karya tersebut ke bagian panitia yang ada di dekat proyektor, gambar kamu akan di tempat kan di sebuah mesin dan hal luar biasa akan terjadi.

BACA JUGA:  4 Pantai Eksotis Ini Penyebab Membludaknya Wisatawan Di Pulau Weh, Sabang.

Hewan laut yang digambar atau diwarnai tadi akan bergerak – gerak di sebuah layar berbentuk aquarium raksasa.

Permaianan seperti ini tentunya sangat jarang dijumpai, bisa jadi hanya satu – satunya di Indonesia, oleh sebab itu jangan lewatkan wahana ini ketika berada di Seaworld Ancol.

  • Touchpool Sea Turtle, Bintang Laut dan Hiu

touchpool sea turtle seaworld ancol
Sumber: kikimike108gmail.com2

Seaworld Ancol memiliki 3 kolam terbuka yang bisa digunakan untuk menyentuh langsung hewan – hewan yang ada di dalamnya dan juga berfoto.

Hewan – hewan yang ada di touchpool ini juga beragam, kamu bisa menyentuh penyu, bintang laut dan juga hiu yang masih kecil di sini.

touch pool seaworld ancol
Sumber: seaworld.ancol

Anak – anak biasanya akan merasa senang karena ini sesuatu yang baru bagi mereka, biasanya hanya melihat hewan ini di video – video, kini bisa dilihat secara langsung, bahkan dipegang.

Ketika memegang hewan yang ada di touchpool ini diharapkan untuk berhati – hati agar hewan – hewan tersebut tidak stres dan terluka.

  • Antasena Tunnel

Antasena Tunnel adalah wahana yang mirip dengan terowongan, namun berbeda dari terowongan yang menembus gunung, Antasena Tunnel ini merupakan terowogan di bawah air yang ada di Seaworld Ancol.

antasena tunnel seaworld ancol
Sumber: sylvianatifanni

Kamu bisa menyaksikan ragam jenis hewan penghuni laut baik dari sisi kanan, kiri maupun dari atas kepala sepanjang 80 meter terowongan ini.

Di dalam terowongan bawah laut Antasena Tunnel ini sudah disediakan semacam eskalator datar yang akan membawa kamu menyusuri sepanjang terowongan ini tanpa harus lelah melangkahkan kaki. Jika ingin melangkahkan kaki juga ada disediakan di sisi lainnya untuk pejalan kaki.

  • Feeding Sea Turtle

Selain menyentuh secara langsung penyu di Seaworld Ancol, kamu beserta keluarga juga bisa memberi makan penyu – penyu tersebut bila waktu makannya tiba.

Aktifitas ini juga menyenangkan karena belum tentu hal yang seperti ini bisa dilakukan lagi dikemudian hari.

  • Main Aquarium

main aquarium seaworld ancol
Sumber: masha_endeber

Main aquarium yang ada di Seaworld Ancol memiliki ukuran yang sangat besar yakni 38×24 meter dan mampu menampung air laut hingga 5 juta liter.

Main aquarium ini merupakan wahana yang wajib dikunjungi ketika berada di Seaworld Ancol, kamu bisa menyaksikan ikan – ikan cantik dari berbagai jenis.

Di dalam aquarium ini terdapat sekitar 35 ribu ikan laut dari 35 spesies, terdiri dari ikan – ikan cantik dan juga ikan terganas di lautan. Salah satu ikan terganas dan terbesar di sini adalah ikan Hiu Raksasa dengan panjang kurang lebih 3.5 meter.

  • Beware Piranha

beware piranha seaworld ancol
Sumber: seaworld.ancol

Melihat wahana selanjutnya yakni ikan air tawar terganas di dunia yaitu Piranha. Ikan Piranha ini berasal dari perairan Amazon.

Kamu akan mempelajari banyak hal terkait ikan ganas ini agar bisa lebih berhati – hati bila bertemu dangan ikan ini dikemudian hari.

  • Shark Aquarium

shark aquarium seaworld ancol
Sumber: ziyanmaisyah

Di wahana ini kamu bisa melihat ikan hiu yang menyeramkan itu berlalu – lalang. Akuarium nya juga cukup besar sehingga kamu bisa melihat ikan buas tersebut dengan jelas.

  • Feeding Main Aquarium

feeding main aquarium seaworld ancol
Sumber: fathinnaa

Selain melihat ribuan jenis ikan yang ada di Main Aquarium Seaworld Ancol, kamu juga bisa menyaksikan atraksi memberi makan ikan – ikan yang berada di akuarium utama ini.

Jadwal pemberian makan hewan – hewan yang ada di Seaworld Ancol ini akan kami informasikan setelah ini.

  • Interactive Aquarium

Interactive Aquarium adalah salah satu wahana yang paling disukai oleh anak – anak ketika bermain di Seaworld Ancol.

Mungkin kita sering melihat anak – anak suka memasukkan tangan mereka ke akuarium milik tetangga dengan harapan bisa memegang ikan yang ada di dalamnya.

Nah di interactive aquarium ini kamu tidak perlu repot – repot memanjat akuarium yang tinggi hanya untuk menyentuh ikan, karena desain akuariumnya sudah dibentuk sedemikian rupa agar kamu bisa bersentuhan dengan ikan – ikan tersebut.

  • Otter Track

Otter Track adalah sebuah wahana yang mirip seperti gua yang di atasnya terdapat kolam yang berisi banyak ikan dan juga penyu.

otter track
Sumber: antonius_sudianto

Gua ini ukurannya tidak terlalu besar, untuk masuk kedalamnya harus antri, setelah sampai di ujung gua di bagian atas ada kaca bulat yang transparan.

Tujuan sebenarnya adalah sama yaitu melihat kawanan hewan laut, namun melalui otter track ini kamu bisa melihat dari bawah kolam tersebut.

  • Jellyfish Sphere

jellyfish sphere seaworld ancol
Sumber: rossycallistacallula

Jellyfish Sphere adalah wahana khusus yang ada di Seaworld Ancol yang menampilkan lebih kurang 1.000 ubur – ubur dari 5 spesies.

Ada beragam ubur – ubur di wahana ini seperti Blubber, Upside Down dan juga Sea Nattle Jelly Fish. Pengunjung juga akan terhibur melihat warna – warni ubur – ubur yang memancarkan cahaya saat berenang di kegelapan.

  • Glow Theater

Salah satu tempat yang paling cocok untuk mengajarkan anak tentang kehidupan laut ialah Glow Theater.

Glow Theater ini adalah sebuah wahana yang memutarkan film edukasi berjudul Sea Turtle Story. Saat pemutaran film ini berlangsung suasana akan semakin indah karena warna – warna lampu yang indah akan menemani selama pertunjukan berlangsung.

  • Fun Dive

Di Seaworld Ancol kamu yang memiliki syarat boleh ikut berenang bersama ikan – ikan dan juga bisa ikut serta memberi makan ikan saat feeding show.

Akan dikenakan biaya tambahan untuk berenang di wahana fun dive ini, namun kamu akan memiliki pengalaman yang luar biasa.

  • Museum Laut Dalam

Aktifitas menarik lainnya ketika berada di Seaworld Ancol adalah berkunjung ke museum nya. Di Museum Seaworld Ancol ini terdapat beberapa ikan dengan 2 jenis pengawetan.

museum laut dalam seaworld ancol
Sumber: henkypjm

Pengawetan pertama adalam pengawetan basah, dimana hewan laut ini sudah direndam dengan bahan pengawet terlebih dahulu. Kedua adalah pengawetan kering yaitu hewan tersebut sudah dikeraskan.

Hewan laut yang diawetkan juga beragam, ada kepiting, ikan hiu dan hewan laut lainnya. Salah satu yang diawetkan adalah Ikan Purba – Coelacanth (Ikan Raja Laut) yang sudah punah.

Museum ini dapat dijadikan lapak belajar untuk mengenal ikan – ikan laut dalam.

Jadwal Buka dan Pemberian Makan Ikan di Seaworld Ancol

Jadwal Buka

Berikut Jadwal buka Seaworld Ancol

Senin – Jumat    09.00 – 18.00

Sabtu – Minggu  09.00 – 18.00

Jadwal Pemberian Makan Ikan Seaworld Ancol

AtraksiWeekdayWeekend
Akuarium Utama11.00 & 15.30 WIB11.00, 14.00 & 16.30 WIB
Touch Pool10.00, 13:30 & 17.00 WIB10.00, 13.30 & 17.00 WIB
Moray Eel (Kerondong)14.00 WIB15.00 WIB
Arapaima13.00 WIB13.00 WIB
Otter (Linsang Air)10.30 & 16.00 WIB10.30 & 16.00 WIB
Sea Turtle14.30 WIB

 

Harga Tiket Masuk Seaworld Ancol Agustus 2019

Harga tiket berikut ini kami dapatkan dari situs resmi Seaworld Ancol yang bisa kamu jadikan acuan, disarankan untuk selalu melakukan cek ke situs resmi ancol.com untuk memantau jika terjadi perubahan harga tiket.

harga tiket seaworld ancol agustus 2019
Sumber: seaworld.ancol
  • Tiket Reguler

Harga Tiket Seaworld Ancol RegulerSenin – JumatSabtu/Minggu/Libur
Bundling Sea World Ancol – Ocean Dream Samudra

*Harga sudah termasuk tiket masuk Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra pada hari yang sama

*Harga Promo khusus kunjungan periode 01 s.d. 31 Agustus 2019

Rp135,000,00Rp180,000,00
Paket Berempat Lebih Hemat

*Tiket berlaku dari 1 s.d 31 Agustus 2019

*Mendapatkan 4 E-voucher untuk 4 pengunjung di hari yang sama

Rp221,000,00Rp273,000,00
Reguler PREMIUM

*Harga khusus pembelian di www.ancol.com

*Periode kunjungan khusus 10,11,17,18 dan 31 Agustus 2019

Rp115,000,00Rp115,000,00
Reguler Weekday dan Weekend

*Harga khusus pembelian di www.ancol.com

*Periode kunjungan 01 s.d. 31 Agustus 2019

*tidak berlaku pada tanggal 10,11,17,18,31 Agustus 2019

*Pada tanggal di atas hanya berlaku TIKET PREMIUM

Rp80,000,00Rp100,000,00
  • Tiket Annual Pass

Harga Tiket Seaworld Ancol Annual PassSenin – JumatSabtu/Minggu/Libur
Annual Pass Bundling Sea World Ancol – Ocean Dream Samudra

*Pembelian hanya dapat dilakukan langsung di loket tiket Sea World Ancol atau Ocean Dream Samudra

*Annual pass bebas masuk selama setahun sejak tanggal pembelian

Rp300,000,00Rp300,000,00
Annual Pass Sea World Ancol

*Pembelian hanya berlaku selama periode 01 s.d 31 Agustus 2019

*Annual pass bebas masuk selama setahun sejak tanggal pembelian

Rp220,000,00Rp220,000,00

Alamat dan Kontak Seaworld Ancol

Lokasi Seaworld Ancol berada di kawasan Ancol Jakarta Baycity dan lokasinya tidak begitu jauh dari Dunia Fantasi (Dufan)                 Alamatnya di Jl. Lodan Timur No. 7 RW 10, Ancol, Pandemangan, Jakarta Utara.

Jika ingin menghubungi kontak Seaworld Ancol bisa lewat nomor di bawah ini :

Ancol Customer Care     : (021) 29 222 222

SMS Hotline                       : 0812 8799 2222

Instagram                            : @ancoltamanimpian

Youtube                               : Ancol Taman Impian

Twitter                                 : @ancoltmnimpian

Facebook                            : @ancolseaworld

Transportasi dan Rute Menuju Seaworld Ancol

Rute menuju Seaworld Ancol sangatlah mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jika kamu bepergian dengan keluarga kecil disarankan menggunakan Trans Jakarta karena akan lebih mudah, Trans Jakarta memiliki halte tersendiri di kawasan wisata Ancol. Pilih Trans Jakarta rute Blok – M atau koridor 5 yang menuju halte Ancol.

Jika bingung jangan sungkan – sungkan untuk bertanya langsung ke petugas yang ada di halte busway Trans Jakarta tersebut.

Jika menggunakan kendaraan pribadi kamu bisa memanfaatkan fasilitas peta online baik itu google map ataupun GPS agar tidak kesasar.

Fasilitas di Seaworld Ancol

Seaworld Ancol merupakan tempat wisata dengan fasilitas yang sangat lengkap, kamu tidak perlu khawatir jika memerlukan sesuatu, di tempat ini sudah disediakan ragam fasilitas yang dapat membantu pengunjung.

Beberapa fasilitas yang ada di Seaworld Ancol dapat kamu lihat di bawah ini :

  • Toko Souvenir

merchandise seaworld ancol
Sumber: merchandise.ancol

Sama seperti Dufan, di Seaworld Ancol juga terdapat toko souvenir yang menjual barang – barang bertemakan Searowld Ancol.

Di sini kamu bisa berbelanja souvenir seperti kaos, gelang, boneka ikan, tas, replika kura – kura, topi dan souvenir menarik lainnya yang bertemakan Seaworld Ancol.

  • Ruang Baby Care

Jika kamu membawa anak bayi yang masih menyusui atau memiliki kebutuhan tertentu di Seaworld Ancol juga disediakan ruang baby care.

Kamu bisa mengganti popok, menyusui bayi ataupun keperluan lainnya terkait perawatan baby di sini.

Jika kamu bingung di mana lokasi ruang baby care ini, jangan malu untuk bertanya kepada petugas Seaworld Ancol yang sedang berjaga, mereka akan dengan senang hati membantu.

  • Fish Spa

Pernah dengar fish spa? Di Seaworld Ancol juga ada fasilitas fish Spa, selama 30 menit kamu bisa melakukan treatment bersama ikan Garru Ruffa.

Ikan Garru Ruffa berukuran kecil ini akan memakan sel –sel kulit mati pada kaki kamu.

  • Perpustakaan

Jika gemar membaca buku, di lantai atas Seaworld Ancol ini terdapat perpustakaan yang memiliki ragam buku yang berkaitan dengan biota laut

Kamu bisa bereksplorasi dan menambah wawasan dengan membaca buku – buku yang ada di perpustakaan ini.

  • Foodcourt

Jika kamu merasa lapar, di Seaworld Ancol juga sudah tersedia foodcourt yang menyajikan ragam menu yang bisa kamu santap bersama keluarga atau teman – teman.

Kamu bisa bersantai sejenak kemudian lanjut kembali untuk menjelajah dan mempelajari hewan – hewan lautan yang ada di Seaworld Ancol ini.

  • Toilet

Toilet tentulah fasilitas yang wajib ada di setiap tempat wisata, sama juga dengan Seaworld Ancol. Jika kamu bingung lokasi toilet ada di sebelah mana, tanyakan saja langsung ke petugas yang sedang berjaga ya.

  • Musholla

Jika sudah masuk waktu Sholat, kamu tidak perlu keluar dari kawasan Seaworld Ancol hanya untuk melakukan sholat. Kamu dapat beribadah dengan tenang di Musholla yang sudah disediakan di Seawold Ancol.

Jika bingung keberadaan mushollanya ada di mana, sekali lagi jangan sungkan – sungkan untuk menanyakannya langsung ke petugas yang sedang berjaga yaa

  • Ruang P3K

Jika ada butuh pengobatan ringan, di Seaworld Ancol sudah tersedia ruang P3K yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

Jika tidak menemukan informasi atau papan petunjuk ke ruangan ini, tanyakan saja kepada petugas yang sedang berjaga yang ada di lokasi Seaworld Ancol.

  • Photo Shop

Photo Shop adalah gerai di mana kamu bisa mencetak foto tesebut ke wadah seperti baju kaos, gelas ataupun gantungan kunci.

Mungkin kamu ingin mengabadikan foto keluarga sedang berada di depan gerbang Seawold Ancol, kamu bisa cetak menjadi baju kaos.

Hotel di Sekitar Seaworld Ancol

Jika sedang berada di Jakarta dan ingin mengunjungi tempat – tempat wisata yang ada di Jakarta seperti Kebun Binatnag Ragunan, Monas, Kota Tua atau belanja di Tanah Abang, tempat terbaik untuk menginap adalah di daerah Jakarta Pusat.

Namun bila kamu hanya ingin menikmati wisata yang ada di kawasan utara Jakarta khususnya Kawasan Wisata Terpadu Ancol, maka berikut ini kami informasikan hotel terbaik yang ada di sekitar Ancol.

  • Mercure Convention Center Ancol

Hotel berbintang empat ini sangat dekat dengan Seaworld Ancol, lokasinya berada di Jalan Pantai Indah Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Jaraknya sekitar 900 meter saja.

Hotel ini fasilitasnya tergolong sangat lengkap, seperti kolam renang, pusat kebugaran, spa, bar dan lokasinya berada dekat dengan pantai.

Kamu bisa memesan room di hotel ini dari situs penjual online, sangat mudah ditemukan. Harga juga sangat kompetitif jika dilihat dari lokasi dan fasilitas yang tersedia.

  • Discovery Ancol

Discovery Ancol ini juga hotel berbintang empat yang jaraknya cukup dekat dari Seaworld Ancol. Lokasinya berada di Jalan Lodan Timur No. 7 Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Sekitar 1.3 kilometer dari Seaworld Ancol.

Fasilitas juga tergolong sangat lengkap seperti kolam renang, antar jemput bandara dan fasilitas penunjang hotel berkelas lainnya.

  • Smarthomm Hotel

Jika kamu ingin menginap di hotel yang masuk kategori terbaik dari segi harga, kamu bisa memilih Smarthomm Hotel yang berada di Jalan R.E Marthadinata No.12, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Jaraknya sekitar 700 meter dari Taman Impian Jaya Ancol.

Hotel berbintang dua ini termasuk hotel dengan layanan lengkap, dengan biaya yang murah sudah termasuk sarapan untuk 2 orang.

  • D’Prima Hotel Mangga Dua

Jika ingin menginap dekat dengan pusat perbelanjaan namun tak begitu jauh dari Ancol, kamu bisa menginap di d’Prima Hotel Mangga dua ini, jaraknya sekitar 900 meteran dari Taman Impian Jaya Ancol

Lokasinya berada di Jalan Gunung Sahari, Komplek Marinatama Blok A No 26, Mangga Dua, Jakarta Utara. Hotel ini tergolong hotel bintang dua.

Fasilitas juga cukup lengkap dan dengan harga yang kita bayarkan sudah termasuk sarapan.

  • D’Arcici Hotel Sunter

Hotel yang juga tidak terlalu jauh dari kawasan wisata Ancol adalah d’Arcici Hotel Sunter, jaraknya sekitar 3 kilometer dari Taman Impian Jaya Ancol.

Hotel ini terbilang hotel bintang 3 namun dengan harga yang sangat terjangkau. Fasilitas nya pun sangat lengkap, seperti kolam renang, wifi, sarapan dan fasilitas standard hotel lainnya juga lengkap di sini.

Masih banyak hotel – hotel lainnya yang ada di sekitar Seaworld Ancol, kamu bisa menggunakan situs pencarian google untuk menemukan hotel terbaik versi kamu.

Jangan lupa pesan lah jauh hari sebelumnya agar mendapatkan harga yang kompetitif dan tentunya tidak kehabisan kamar.

Kuliner Enak di Sekitar Seaworld Ancol

Ketika berwisata tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kelezatan kuliner dari tempat yang kita kunjungi, oleh sebab itu kami akan informasikan tempat kuliner enak yang ada di sekitar Seaworld Ancol.

  • Jimbaran Resto Ancol

Ingin menikmati kuliner lezat dengan nuansa khas Bali yang kental maka tapi masih berada di Jakarta tepatnya di seputaran Seaworld Ancol, maka Ancol Jimbaran Resto ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Resto ini sengaja di desain khusus semirip mungkin dengan bangunan – bangunan yang ada di Bali, dan arsitektur nya pun juga dirancang oleh orang Bali yang bernama I Nyoman Suarjana.

Tak Cuma bangunannya saja yang bergaya Bali, konsep dan pelayanannya pun dibuat semirip mungkin seperti yang ada di Bali.

Setiap malam jumat, sabtu dan minggu disajikan tarian khas Bali seperti Barong dan Legong. Resto ini lokasinya berada di Jl Lodan Timur No. 7 Pantai Carnaval, Taman Impian Jaya Ancol.

  • Crapoe Seafood Restaurant

Crapoe Seafood Restaurant adalah restoran yang terletak di Ruko Marinatama Blok C No. 12 A Jl. Gunung Sahari Raya 2 Jakarta Pusat.

Restoran ini menyajikan menu seafood yang diolah dengan rempah – rempah asli Indonesia. Sesuai namanya, menu andalan dari restoran ini adalah olahan ikan kerapu.

  • Seafood Restaurant Sarang Kepiting

Restoran yang satu ini juga menyajikan menu seafood yang lezat, tentu menu andalannya adalah olahan kepiting.

Tapi tak Cuma kepiting, menu di sini juga variatif, ada kerang, kepiting telur, cumi bakar, udang dan menu – menu lainnya.

Lokasinya berada di Jalan Ampera Jl Gunung Sahari No 4 Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

  • Bite n Chat Vegetarian Restaurant

Bite n Chat Vegetarian Restaurant ini adalah restoran khusus kamu yang diet daging atau pecinta buah dan sayur saja.

Banyak menu olahan vegetarian yang lezat disini. Ini merupakan solusi bagi kamu yang vegetarian ketika sedang liburan di Jakarta.

Lokasinya berada di Jalan Danau Sunter Utara Blok B1B No. 11, Sunter, Jakarta Utara (sebelah Ratu Durian)

  • Restoran Sederhana Sunter Griya

Bagi kamu pecinta nasi Padang yang lezat, maka restoran Sederhana Sunter Griya ini adalah pilihan tempat makan yang tepat ketika kamu sedang liburan ke Ancol.

Menu lauk nya banyak pilihan, mulai dari rendang, ayam gulai, ikan dan macem – macem. Lokasi Restoran Sederhana ini berada di Ruko Griya Inti Sentosa, Blok A No. 37 Jalan Griya Utama, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Tempat Wisata Populer dekat Seworld Ancol

Liburan biasanya tidak cukup kalau hanya berkunjung ke satu tempat wisata saja. Kalau kamu lagi main di Seaworld Ancol, jangan lupa untuk mengunjungi tempat – tempat wisata menarik lainnya yang dekat dengan Seaworld Ancol.

Berikut ini kami informasikank tempat wisata seru lainnya yang dekat dengan Seaworld Ancol Jakarta.

  • Taman Pantai

Untuk menikmati keindahan pantai sebenarnya tidak harus pergi ke Bali, di Jakarta juga ada tempat wisata pantai yang tak kalah menarik dari pantai yang ada di Bali ataupun Yogyakarta.

Ancol Taman Impian memiliki pantai yang indah sepanjang 6.5 kilometer. Kamu bisa bermain – main di Pantai Lagon, Pantai Festival, Pantai Indah, Beach Pool dan juga Pantai Carnaval serta Danau Impian.

Kamu bisa menikmati deburan ombak sambil menikmati sajian di restoran yang ada di sepanjang pantai, seperti Jimbaran Resto, Le Bridge, Starbucks, Segarra, Talaga Sampireun dan lain – lain.

Banyak aktifitas menarik juga yang bisa kamu lakukan di sini, seperti bermain di Aquafun, Swan Pedal Boat, dan lain – lain.

  • Dunia Fantasi (Dufan)

Siapa yang tak kenal Dufan, wahana – wahana ekstrem nya tentu membuat kamu penasaran untuk mencobanya kan.

Dufan juga berdekatan dengan Seaworld Ancol, banyak wahana yang bisa kamu eksplorasi di sini. Tak Cuma yang ekstrem, wahana edukatif juga lengkap di sini.

  • Atlantis Water Adventures

Atlantis Water Adventur atau dulunya dikenal dengan Gelanggang Renang Ancol inimerupakan  wahana air tematik dengan konsep peradaban kota – kota kuno yang ada di wilayah Mediterania yang lenyap akibat letusan gunung api dan gempa bumi.

Atlantis Water Adventures ini lokasinya juga berdekatan dengan Seaworld karena masih berada di kawasan Ancol.

Atlantis Water Adventures ini mengajak kamu merasakan berpetualang ke dunia yang hilang dengan mengarungi 9 jenis kolam.

  • Ocean Dream Samudra

Ingin melihat atraksi seperti Singa Laut dan Lumba – Lumba, atau pengen menonton atraksi Scorpion Pirates yang menyajikan pertempuran bajak laut dengan efek yang mengagumkan?

Jika ya, maka jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini, Ocean Dream Samudra namanya, diresmikan oleh Gubernur Ali Sadikin pada Juni 1974 dan hingga kini tempat wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wistawan.

Selain atraksi menarik tersebut tempat wisata ini juga sebagai tempat wisata edukasi terkait potensi laut beserta isinya.

Ocean Dream Samudra ini juga lokasinya masih satu komplek dengan Tempat Wisata Terpadu Taman Impian Jaya Ancol.

  • Pasar Seni Ancol

Ingin melihat benda – benda seni atau karya seniman – seniman profesional maka berkunjunglah ke Pasar Seni yang lokasinya masih di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Kamu bisa melihat karya lukis, alat musik dan semua hal yang berkaitan dengan seni.

  • Allianz Ecopark

Sarana rekreasi terbaru yang dekat dengan Seaworld Ancol adalah Allianz Ecopark. Allianz Ecopark ini memiliki lahan seluas 34 hektar dan merupakan hasil dari alihfungsi Padang Golf Ancol.

Di Allianz Ecopark ini kamu bisa bermain dan juga berpetualang. Ada banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan diantaranya bermain Paint Ball, bermain ke Rumah Lebah, mengeksplorasi Learning Farm, dan kegiatan lainnya.

  • FaunaLand

Fauna Land adalah salah satu tempat wisata berupa kebun binatang yang ada di kawasan Ancol dan sangat dekat dengan Seaworld Ancol.

FaunaLand berdiri diatas lahan seluas 5 hekar dan mengusung konsep Papua pada setiap arsitekut bangunannya.

Disini kamu bisa menyaksikan ragam jenis hewan baik hewan darat maupun air dalam satu kawasan.

  • Gondola Ancol

Gondola Ancol adalah sarana rekreasi yang terpisah dari tempat – tempat rekreasi yang ada di kawasan Ancol. Gondola ini adalah sarana kereta gantung pertama di Indonesia yang menggunakan sistem kontrol teknologi canggih.

Gondola Ancol memiliki 37 armada dengan muatan hingga 6 orang dan hingga kini telah melayani sekitar 2.7 juta sejak pertama kali diresmikan pada 20 Desember 2003 silam oleh Gubernur Sutiyoso.

Sensasi menaiki Gondola Ancol ini adalah pemandangan tempat – tempat rekreasi yang ada di sekitar kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Masih banyak lagi tempat – tempat wisata yang dekat dengan Seaworld Ancol, ini hanyalah sebagian saja yang paling dekat dengan Seaworld.

Kamu bisa melakukan pencarian melalui online terlebih dahulu sebelum berangkat untuk liburan ke Seaworld Ancol agar liburan kamu semakin maksimal bahagianya.

Tips Berlibur ke Seaworld Ancol

Setiap orang pasti mendambakan liburan mereka itu memberikan kesan luar biasa baik lahir dan juga bathin. Nah oleh sebab itu ada hal – hal yang perlu kamu ingat kembali sebelum liburan kamu dimulai :

  1. Cek terlebih dahulu tiket masuk wahana – wahana atau tempat wisata yang ingin kamu kunjungi, apakah ada perubahan atau tidak, agar dana kamu tidak terganggu nantinya.
  2. Sebisa mungkin carilan diskonan tiket melalui situs – situs terpercaya, semakin rajin kamu mencari maka kemungkinan dapat diskon besar akan ada.
  3. Jika kamu dari luar Pulau Jawa maka perhatikan barang bawaan kamu, jangan melebihi ketentuan penerbangan, karena bisa kena denda.
  4. Jika memungkinkan bawalah barang secukupnya, tidak usah bawa isi satu lemari, karena akan memperlambat gerak kamu nantinya.
  5. Orang cerdas adalah mereka yang tau kalau jorok itu tidak menyehatkan, oleh sebab itu selaku orang cerdas jangan buang sampah di sembarang tempat.
  6. Jangan lupa siapkan powerbank jika ponsel kamu batrenya cepat habis, karena kalau bermain di taman rekreasi seperti dufan kamu akan rugi kalau hanya duduk diam menunggu batre hp penuh.

Nah demikian dulu pembahasan kita tentang artikel Seaworld Ancol . Jika kamu punya pengalaman menarik tentang liburan di Ancol, yuk ceritain di kolom komentar. Jangan malu – malu, siapa tahu kisah kamu inspiratif loh.

Sampai ketemu di artikel berikunya, salam satu bumi!

Tinggalkan Balasan