Nikah Itu Gak Ribet, Ini 7 Langkah Mudah Bikin Momen Sakral Pernikahan Jadi Lebih Khusyuk. Kamu Wajib Tau!

Pernikahan adalah suatu kegiatan sakral yang di nanti – nanti setiap orang, tak terkecuali siapapun. Sakin sakralnya banyak yang galau saat menghadapi moment bersejarah ini, detak jantung gak normal bahkan ada yang sampe stres lho guys.

Namanya juga moment sakral yang dilakukan sekali seumur hidup, pastilah setiap orang menuntut kesempurnaan. Tapi gimana mau sempurna kalau dalam mempersiapkan segala sesuatunya aja kita terburu – buru, grasa grusu dan was was, yah bisa jauh dari kesempurnaan dong.

Kalau kamu punya fulus lebih, kamu bisa dengan mudah memilih jasa wedding organizer. Gak perlu pusing – pusing, semua agenda pernikahan kamu akan dipersiapkan matang oleh pihak WO. Gampang kan?

Tapi kalau duit nya nge-pas gimana? Tenaang, buat kamu yang kebelet nikah dan pengen kegiatan nikahan kamu itu lancar jaya dari awal hingga akhir. TempatAsik bakalan kasih kamu tips penting dalam mempersiapkan pernikahan. Disimak yaah!

7 Langkah Mudah Bikin Momen Sakral Pernikahan Kamu Sukses Dan Penuh Kekhusyukan

1. Tentukan terlebih dahulu konsep pernikahan kamu. Settingnya seperti apa dan tamu undangannya mau berapa

Step #1 membuat konsep pernikahan – via Instagram @andienaisyah

Menentukan konsep pernikahan adalah langkah awal yang harus kamu lakukan. Diskusikan hal ini dengan calon pasangan kamu atau keluarga kamu. Selesaikan obrolan mengenai konsep ini paling lama 2 hari. Jangan berlarut – larut yah.

Sekalian tuh jumlah tamu undangan yang bakalan kamu undang ditentuin. Apakah mau ngundang 1000 orang atau 5000 orang. Supaya kamu bisa mempersiapkan langkah – langkah selanjutnya.

BACA JUGA:  Cara Mempertahankan Hubungan Dengan Pasangan. Konyol Sih, Tapi Ada Benernya Juga

2. Siapkan administrasi secepat mungkin, apalagi buat kamu yang beda daerah

Step #2 mempersiapkan berkas pernikahan – via Instagram @adenigus

Administrasi pernikahan seperti data – data yang harus kamu minta dari Kepala Desa/Lurah, Kantor Urusan Agama dan berkas – berkas lainnya harus kamu persiapkan sedini mungkin. Kalau domisili kamu sama urusannya sih gampang. Tapi kalo beda daerah gimana? Ya persiapkan sedini mungkin.

Pastikan di tanggal pernikahan kamu ada penghulu yang siap menikahkan. Begitu juga dengan saksi – saksinya.

3. Hunting gedung pernikahan. Sesuaikan antara jumlah tamu undangan dengan kekuatan dana ya

Step #3 cari gedung pernikahan – via Instagram @theweddingsarea

Langkah berikutnya setelah ngobrolin konsep, kamu udah bisa melakukan eksekusi tahap awal. Yaitu pilah pilih tempat lokasi pernikahan. Kalau kamu nikahannya dirumah, langkah kedua ini gak perlu kamu lakukan.

Sama seperti manusia, gedung pernikahan pun gak ada yang sempurna

Nah, tips pertama buat kamu yang lagi nyari – nyari gedung untuk tempat resepsi pernikahan, pertimbangkanlah antara jumlah tamu yang akan di undang dan ketahanan dana.

Jangan karena gengsi gede – gedean kamu rela ngutang sana sini hanya untuk sewa gedung mewah. Iya kalo yang ngasi kamu kado berupa uang cash berlebih, kalo minus gimana? Malam pertama kamu jadi gak nikmat lah bro/sis karena mikirin utang disekeliling pinggang. Ahahaha

Tips kedua dalam memilih gedung, pilihlah gedung yang gak terlalu jauh dari tempat tinggal kamu. Kenapa? Kamu pasti punya sodara yang datang dari tempat jauh yang nginep dirumah kamu kan? Jadi mereka akan lebih hemat tenaga karena gedung pernikahan kamu juga deket rumah.

Tips ketiga dalam memilih gedung, pilihlah gedung yang punya fasilitas lengkap. Semua yang kamu butuhin seperti pelaminan, kursi dan pernak – pernik lainnya udah tersedia. Jadi gak repot – repot lagi harus sewa jasa dekorasi.

4. Cetak kartu undangan jangan terlalu mahal, toh juga ujung – ujungnya masuk tong sampah

Step #4 cetak undangan pernikahan – via Instagram @riskibokeh

Langkah ketiga dalam mempersiapkan pernikahan adalah cetak kartu undangan. Eh tau gak? Dulu itu sebenarnya gak ada loh undangan pake – pake kartu beginian. Dulu kalo ada pernikahan itu ngundang nya secara langsung, face to face.

BACA JUGA:  Hey, Buat Kamu Yang Sedang Nyari Pendamping Hidup, Ingat 4 Kriteria Pendamping Idaman Ini, Biar Hidupmu Bahagia!

Wajar kalo orang jaman dulu itu solidaritasnya kuat banget. Ngundang aja harus tatap muka, maklum lah jasa percetakan hampir gak ada, kalo pun ada mahalnya gak ketulungan.

Sebelum kamu cetak kartu undangan pastikan terlebih dahulu berapa jumlah tamu undangan yang akan di undang menggunakan kartu undangan. Karena setiap lembar kartu undangan itu punya nilai rupiah lho.

Bagaimana dengan harga? Harga kartu undangan sebenarnya berbanding lurus dengan bahan dan desain yang kamu pilih. Tapi saran dari TempatAsik buat kamu, pilih lah desain yang sederhana saja. sesuaikan dengan kemampuan keuangan juga.

Ingat, semewah – mewahnya kartu undangan yang kamu sebarkan, ujung – ujungnya nasib kartu undangan tersebut adalah tong sampah. Lebih baik keuangan kamu di maksimalkan untuk hal lain, seperti makanan atau souvenir misalnya.

Catatan penting, banyak kesalahan penulisan baik nama, alamat ataupun tanggal pernikahan ditemukan setelah kartu undangan siap cetak. Untuk menghindari hal ini, persiapkan matang dan detail kata – kata yang akan kamu tuangkan di dalam kartu undangan kamu. Jangan ada kesalahan sedikit pun.

Cetak secukupnya saja, kalaupun kartu undangan minus masih bisa diatasi dengan cara lama. Mengundang lewat tatap muka atau ikutin trend masa kini, via facebook. Hehe

5. Hunting vendor catering, pilih yang berkualitas. Supaya resepsi mu gak jadi bahan olokan tamu undangan

Step #5 cari jasa catering pernikahan – via Instagram @putuheriyantowijaya

Daripada kamu habisin duit buat cetak kartu undangan super mahal, mending kamu maksimalin untuk poin yang satu ini.

Hal yang sering di ingat dan dibicarakan orang – orang terkait sebuah pesta pernikahan selain konsep pernikahan adalah makanan dalam hajatan tersebut. Enak apa ngga, dagingnya lembut atau malah kaya sendal jepit, jajanan nya banyak atau sedikit, macem – macem deh.

Gak bisa kita pungkiri, resepsi pernikahan itu identik dengan acara makan – makan. Jadi, kamu harus pastikan bener – bener pada poin yang satu ini. Kalau band penghibur acara pernikahan kamu jelek, itu masih bisa di tutupi oleh makanan yang lezat. Tapi kalo nasi yang kamu sajikan aja banyak batunya, wah orang bakal gosipin acara kamu. Amit – amiiiit.

BACA JUGA:  5 Alasan Kenapa Bidan dan Perawat Banyak “Diburu” Oleh Aparat

Catatan dalam memilih catering, pilih lah catering yang sudah terbukti berpengalaman. Kamu bisa tanya ke teman atau saudara yang udah pernah pakai sebelumnya. Untuk makanan jangan pelit – pelit yah, kalau kartu undangan kamu boleh cetak terbatas, untuk makanan JANGAN.

Order lah minimal 2 hingga 4 kali dari jumlah tamu undangan, karena bisa jadi tamu yang datang bawa rombongan. Seandainya pun berlebih, kamu bisa berbagai ke orang – orang yang membutuhkan kaan?

6. Berburu kostum pengantin, hal yang paling disukai calon mempelai wanita dan paling dihindari mempelai pria

Step #6 fitting baju pernikahan – via Instagram @anomali.pictures

Berburu kostum pengantin adalah bagian tak terpisahkan dari langkah sukses menjelang nikah. Sesi ini adalah sesi yang paling disukai calon mempelai wanita tapi biasanya hal ini paling dihindari si mempelai pria. Hahaha

Bolehkah bikin kostum pengantin dengan jasa designer dan dengan biaya puluhan bahkan ratusan juta? Jawabannya boleh – boleh aja, kalau kamu punya duit berlebih. Kalau nge- pas gimana? Yah bikin satu aja deh untuk dipakai saat akad nikah.

Ingat, kostum ini hanya kamu gunakan sekali aja loh. Jadi sebenarnya kamu gak perlu bikin baju banyak – banyak, bikin satu aja udah cukup. Sisanya sewa di jasa penyewaan kostum. Gampang kan?

7. Bentuk tim kepanitiaan untuk suksesi acara kamu. Acara maulid aja ada panitianya, konon lagi pernikahan kamu

Step #7 bentuk kepanitiaan pernikahan – via www.aib.edu.au

Suksesnya sebuah acara tergantung siapa orang – orang yang ada dibelakang layar pernikahan kamu. Setelah konsep acara rampung dibicarakan, kartu undangan siap cetak, sewa gedung udah dibayar, jasa catering udah fix, step berikutnya adalah membentuk kepanitiaan.

Layaknya sebuah organisasi, suksesnya sebuah acara pernikahan juga membutuhkan koordinasi yang baik. Maka kamu bisa menunjuk beberapa orang yang kamu percaya untuk menjadi koordinator untuk masing – masing posisi. Terkait ini akan dibahas di artikel berikutnya yaa.

Pastikan semua roda kepanitiaan berjalan sesuai rencana yang kamu buat, agar ke khusyu’an pernikahan kamu bisa tercapai. Gak perlu banyak orang, kamu hanya butuh beberapa orang saja yang berkomitmen untuk menyukseskan acara kamu.

Dalam mempersiapkan pernikahan yang penuh khusyu’ itu masih banyak lagi lho detil – detil yang harus kamu kerjakan, seperti sewa jasa photography, belanja souvenir dan lain – lain. Tapi yang terpenting dari itu semua adalah yang 7 poin tadi.

Gimana bro en sis? Udah siap menikah? Lebih baik kita sendiri yang nyiapin segala sesuatunya, supaya orang tua gak repot – repot lagi. Kan yang mau malam pertama kita, kok yang repot orang lain. Hehe

Ditunggu undangannya yaaaa!