Inilah 8 Usaha Rumahan Yang Lagi Trend Di Indonesia

Usaha rumahan yang lagi trend memang perlu untuk kita ketahui, apalagi jika kita memang ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk menopang hidup yang kian berat di jaman yang serba cepat ini.

Sudah rahasia umum yah guys, kenaikan gaji setiap tahunnya ternyata nggak sebanding dengan kenaikan biaya hidup. Gaji di dunia kerja paling banter naik 20% dalam setahun, sementara harga cabe (bukan cabe–cebean ya) naiknya justru lebih tinggi, bisa nyampe 100%.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup yang terus meningkat, kita bekerja lebih keras untuk menghasilkan pundi–pundi rupiah, salah satunya adalah dengan cara membuka usaha. Tapi, usaha apa yah yang cocok untuk dikerjakan, sementara kita Cuma punya modal dikit dan waktu terbatas.

Salah satu dari 8 ide usaha rumahan yang lagi trend ini mungkin bisa kamu jadikan pilihan guys. Apa aja sih?

1. Usaha jasa PPOB ternyata menawarkan hasil yang lumayan lho

ppob
Usaha jasa PPOB – via arthamadani.co.id

PPOB () adalah usaha rumahan yang lagi trend di Indonesia. Kamu bisa mengadopsi usaha ini dan menerapkannya dirumah kamu. Usaha PPOB menawarkan jasa pembayaran berbasis online seperti tagihan listrik, air, pulsa, cicilan kendaraan dan semua yang berkaitan dengan pembayaran berbasis online perbankan.

Modalnya Cuma butuh satu set komputer saja kok, untuk sistemnya kamu bisa beli ke rekan kamu yang juga punya sistem ini. Jangan lupa pasang spanduk di depan rumah kamu yang berisikan informasi terkait jasa yang kamu tawarkan.

Daripada laptop atau komputer mu nganggur gak kepakai dirumah, mending pekerjakan dia untuk menghasilkan keuntungan buat kamu.

2. Usaha daycare, cuma butuh modal integritas dan kejujuran

usaha daycare
Usaha daycare, cuma butuh modal integritas dan kejujuran – via http://www.kidsu.ca

Karena ibu – ibu muda masa kini pengen disejajarkan dengan laki – laki dengan teori ‘emansipasi wanita’ nya, maka akhirnya banyak ibu muda yang sibuk bekerja diluar rumah mengikuti jejak suaminya.

BACA JUGA:  Tips Jualan Di Instagram Yang Berpotensi Menghasilkan Jutaan Rupiah

Kesibukan mereka ini bisa lho kamu manfaatin dengan menawarkan jasa penitipan anak atau istilah keren nya daycare. Usaha rumahan yang satu ini ternyata kian menjamur di kota – kota besar di Indonesia, bahkan pelosok – pelosok desa pun sudah mulai bersemi lho guys jenis usaha ini.

Usaha daycare sederhana nggak perlu pakai modal, cukup sediakan rumah yang bersih, dan tawarkan ke tetangga kamu, informasikan ke mereka kalau kamu menyediakan jasa penitipan anak untuk mereka.

Untuk diawal kamu bisa memulainya dengan menjaga anak tetangga ataupun sahabat terlebih dahulu. Modal terpenting adalah integritas dan kejujuran. Kamu harus bisa meyakinkan pelanggan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk mengasuh anak mereka selagi mereka bekerja.

Kalau kepercayaan sudah melekat pada diri kamu dan pelanggan semakin banyak, kamu sudah bisa memikirkan untuk meningkatkan fasilitas dan kualitas pelayanan. Kalau orang sudah senang, berapapun akan mereka bayar.

Rata – rata saat ini biaya jasa penitipan anak atau daycare dengan fasilitas lengkap seperti arena bermain, cemilan dan fasilitas lainnya dibanderol seharga Rp. 700ribu – Rp. 1,5juta per bulannya. Woww, menggiurkan bukaaan?

3. Usaha jualan nasi dan catering, marginnya lumayan gede lho

jualan nasi katering
Usaha jualan nasi dan catering, marginnya lumayan gede lho – via https://www.sefa.com

Kalau berpikir mau jualan makanan itu harus punya booth atau sewa ruko, itu tandanya kamu gak kreatif guys. Coba deh manfaatin rumah kamu sebagai lapak berjualan, misalnya warung makan dan juga catering. Itu baru kreatif.

Tapi rumah saya kan di dalam gang om, gang bin gang lagi. Bisa gak? Bisa, kalau kamu mau belajar, tekun, kerja keras dan berdoa semua pasti ada jalannya kok.

Kalau rumah kamu di dalam gang bin gang, tapi tempat tinggal kamu dekat dengan pusat perkantoran ataupun kampus, kamu bisa atur strategi penjualan untuk menarik minat konsumen. Misalnya, kamu kasih penawaran nasi sepuasnya dan bebas ambil makan sendiri seperti layaknya rumah sendiri. Orang pasti berpikir berkali – kali dong untuk menolak tawaran kamu.

Tapi kalau ternyata rumah kamu jauh dari keramaian bahkan dekat kuburan lagi, kamu bisa membuat jasa catering. Bisa berupa catering nasi bungkus ataupun catering hajatan. Kuncinya adalah promosi yang rajin. Saat ini usaha catering termasuk usaha rumahan yang lagi trend dan banyak dijalankan oleh anak muda.

4. Usaha fashion dari rumah, sekarang bisa

usaha rumahan yang lagi trend
Usaha fashion dari rumah, sekarang bisa – via youtube.com

Pesatnya perkembangan teknologi khususnya dibidang aplikasi mobile ternyata berdampak positif bagi pelaku usaha kecil menengah, termasuk yang lagi getolnya jualan pakaian.

BACA JUGA:  5 Model Bisnis Modal Dengkul, Kamu Bisa Memulainya Walaupun Gak Punya Duit.

Hey, yang punya modal pas – pasan! Sekarang itu gak zamannya lagi sewa ruko puluhan juta dan beli ratusan item barang dengan harga ratusan juta hanya untuk berbisnis fashion. Lucunya, udah sewa mahal – mahal eh ternyata pembelinya juga orang – orang setempat.

sekarang kamu bisa usaha jualan fashion dari rumah, bahkan seluruh stok barang yang ada di Tanah Abang jakarta sana bisa kamu pindahkan ke rumah kamu dengan menggunakan aplikasi berbasis ios maupun android.

Banyak mahasiswa yang menjadikan model usaha ini sebagai usaha sampingan mereka. Sungguh menggiurkan lho! Gimana nggak menggiurkan, Cuma dengan modal smartphone dan instal aplikasi toko online dari supplier, kamu bisa menghasilkan doku sekitar 4 jutaan sebulan. Lumayan kan, apalagi bagi pemula.

Kelebihan dari usaha model ini adalah kamu bisa mengerjakannya dimana saja, bahkan sambil tiduran dirumah. Kelebihan lainnya adalah, calon konsumen kamu berasal dari seluruh Indonesia bahkan lintas negara, tergantung cara kamu memanfaatkan teknologi yang ada.

5. Jasa cuci motor atau loundry

usaha cuci motor
Jasa cuci motor atau loundry – via http://cloistercarwash.org

Jasa cuci motor dan loundry adalah usaha rumahan yang lagi trend di berbagai daerah. Buat kamu yang punya pekarangan rumah dan kebetulan rumahnya berada dipinggir jalan, nggak ada salahnya loh lirik peluang usaha yang satu ini.

Tapi kan harus beli mesin semprot nya lagi om, duitnya kagak ada. Tenang, kalau gak punya duit, kamu manfaatin apa yang ada aja, kalau adanya cuma ember, siram pake ember aja, yang penting pada akhirnya adalah kebersihan. Hehe

Kalau nggak punya pekarangan atau rumahnya juga di pedalaman, kamu boleh nyobain buka usaha loundry. Bisa loundry kiloan, bisa juga loundry bulanan. Tergantung mood nya kamu.

Sekedar informasi, keuntungan usaha loundry ternyata bisa nyampe Rp. 4 ribu lho per kilonya, kalau kamu jualnya Rp. 6ribu per kilo. Bisa bayangin kan orang – orang kalau nyuci bisa nyampe berapa kilo. Dan kali berapa orang pula. Hehe

6. Multi Level Marketing, gak bisa dipungkiri ternyata bisnis ini juga masih trend di Indonesia

bisnis mlm
Multi Level Marketing, gak bisa dipungkiri ternyata bisnis ini juga masih trend di Indonesia – via http://tweakyourbiz.com

Bisnis Multi Level Marketing atau MLM ternyata masih banyak diminati di Indonesia. Bisnis yang di identik dengan cari–cari orang (padahal semua bisnis itu nyari orang, hehe) ini bisa kamu lakukan dirumah.

Kamu juga bisa memilih ide usaha yang satu ini untuk menambah penghasilan. Saran penting buat kamu sebelum memilih usaha jenis ini adalah pelajari terlebih dahulu dari segi legalitasnya, karena yang legal dan halal itu yang akan membawa kamu masuk ke dalam surga. Hehe

BACA JUGA:  Contoh Bisnis Plan Ini Bisa Kamu Coba Untuk Memenangkan Persaingan

7. Membuat kerajinan tangan / handycraft

membuat handicraft
Membuat kerajinan tangan / handycraft – via http://cubtab.com

Pertumbuhan UKM di Indonesia ternyata sangat positif lho guys, salah satunya mereka yang bergelut dibidang usaha kerajinan tangan.

Kamu yang punya kreatifitas tinggi bisa menjadikan ide usaha ini sebagai penambah uang jajan. Kamu bisa mengolah barang bekas yang udah dibuang menjadi uang.

Misal, memanfaatkan batok kelapa untuk dijadikan lampu hias. Atau memanfaatkan kain perca sisa jahitan pakaian untuk dijadikan gaun pengantin, kenapa tidak. Hehe

Dibeberapa daerah ada kelompok ibu–ibu yang memanfaatkan limbah plastik diolah menjadi sebuah tas cantik yang bernilai rupiah, mungkin kamu bisa belajar dari mereka terlebih dahulu sebelum memulai usaha yang satu ini. Handycraft termasuk usaha rumahan yang lagi trend saat ini lho.

8. Menjadi blogger, Vlogger atau social media marketer

cara menjadi blogger
Menjadi blogger, Vlogger atau social media marketer – via http://www.becomeablogger.com

Usaha rumahan yang lagi trend dan banyak digandrungi anak muda adalah menjadi seorang blogger, video logger ataupun social media marketer. Sama dengan usaha yang sebelumnya udah kita bahas, cara ini termasuk usaha dari rumah yang dapat dilakukan.

Kamu yang hobi menulis bisa menyalurkan ide tulisan kamu melalui blog, atau kamu seneng shooting video, boleh coba jadi video logger dan upload karya kamu di youtube. Gak punya keahlian menulis ataupun shoot video? Bisa coba jadi social media marketer aja, kamu bisa memanfaatka follower kamu yang jutaan orang itu untuk menghasilkan duit.

Setiap usaha punya kesulitannya tersendiri, kita dituntut untuk terus belajar dan bertumbuh kalau memang pengen menghasilkan uang dari usaha sampingan. Usaha rumahan yang lagi trend saat ini pastinya tidak terlalu sulit untuk dimulai, tapi tidak mudah juga untuk membuatnya berkembang pesat, semuanya perlu kerja keras.

Usaha sampingan adalah usaha utama kedua setelah pekerjaan harian kamu, bukan usaha yang justru dikesampingkan ya. Jika mau mendapatkan hasil seperti yang kita harapkan, jadikan usaha yang udah kita rintis sama pentingnya dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan saat ini.

The end ada sebuah cerita singkat isinya begini. Ada seorang murid ngeyel bertanya kepada seorang mentor bisnis :

Murid : “Pak, ide usaha apa yang bisa bikin kita sukses?”

Mentor :”Usaha yang bisa bikin kamu sukses adalah ide usaha yang dikerjakan, bukan terus dipertanyakan”

Selamat mencobaa!!