Membuat Bisnis Plan Yang Mampu Menang Dalam Persaingan

Membuat bisnis plan adalah sesuatu yang cukup penting dalam membangun sebuah bisnis. Bisnis plan atau rencana bisnis biasanya banyak digunakan pelaku usaha dalam mencari parter bisnis ataupun investor, biasanya bisnis plan dituangkan dalam bentuk proposal bisnis yang berisi informasi – informasi terkait usaha yang sedang digeluti dan ingin ditawarkan kepada calon partner atau investor.

Selain dipergunakan untuk mencari rekan bisnis baru, bisnis plan dalam bentuk proposal bisnis juga sering lho dijadikan bahan kompetisi. Kompetisi bisnis plan biasanya banyak dijumpai di tingkat perguruan tinggi dan diselenggarakan oleh berbagai lembaga, baik itu pendidikan maupun lembaga non pendidikan.

Biasanya tujuan kompetisi ini untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam menuangkan dan menggali ide – ide cemerlangnya tentang dunia usaha. Tapi ternyata gak semua orang lho bisa membuat bisnis plan yang baik bahkan mampu memenangkan persaingan.

Kamu yang pengen banget menang dan dapetin hadiah dari kompetisi bisnis plan mungkin bisa nambah wawasan dari informasi yang akan Tempat Asik berikan berikut ini, informasi ini udah kebukti lho dan memenangkan salah satu ajang yang dilaksanakan oleh Kementrian Koperasi Republik Indonesia.

Daftar Isi

Setiap kompetisi bisnis plan punya aturan, tergantung siapa yang menyelenggarakannya. Kuasai terlebih dahulu aturan tersebut.

membuat bisnis plan
Kuasai terlebih dahulu aturan bisnis plan – via travhost.wordpress.com

Kalau mau menang dalam peperangan, kuasai terlebih dahulu bagaimana situasi medan perangnya. Supaya kamu gak mati konyol saat perang sedang berlangsung.

Lain lubuk lain pula ikan nya – Pepatah –

Lain penyelenggara lain pula aturan mainnya. Kamu bakal nemuin perbedaan aturan main yang berlaku pada kompetisi yang diadakan oleh Kementrian Koperasi RI dengan Program Kreativitas Mahasiswa yang digagas oleh DIKTI.

Atau kompetisi yang dibuat oleh Pertamina juga akan berbeda aturan mainnya dengan yang dibuat oleh Bank Mandiri. Jadi kuasai terlebih dahulu aturan – aturan tersebut, jangan main gas poll ajah, ntar kamu sendiri yang kewalahan, baru babak penyisihan aja udah gagal. Kan rugi waktu.

Ikuti peraturan yang sudah ditetapkan sebelumnya, setiap poin nya harus sesuai dengan yang diinginkan oleh penyelenggara, supaya tenaga dan pikiran kamu gak sia – sia nantinya. Ingat, disini kamu yang berkompetisi, kalau mau buat aturan sendiri buatlah kompetisi sendiri. Hehe

Berpikirlah out of the box, tapi dalam pengerjaannya harus inside the box yaa

berfikir out of the box
Berfikirlah out of the box – via youtube.com

Dalam merancang sebuah bisnis plan yang mampu memenangkan persaingan, konsep usaha yang akan kamu rancang harus punya keunikan atau nilai plus dibandingkan produk yang udah ada ya. Gak masalah kalau kamu mau angkat bisnis yang udah ada, tapi jangan lupa menambahkan nilai jual baru pada produk tersebut.

Keunikannya mungkin gak berasal dari produk, tapi bisa kamu munculkan dalam konsep pemasarannya. Yang jelas dalam membuat konsep ini kamu harus punya ide yang liar, pikirkan apa yang orang lain lupakan. Mudah – mudahan kamu memenangkan persaingan.

BACA JUGA:  Cara Memulai Usaha Agar Yang Di Usahakan Tetap Bertahan Dan Eksis

Rajin – rajin gali informasi terkait tips membuat bisnis plan, kamu bisa tanya pak dosen atau searching di Google

cara membuat bisnis plan
Menggali informasi terkait tips membuat bisnis plan – via gordonmccallumresearch.com

Membuat proposal bisnis plan itu ibarat membuat sebuah artikel ataupun buku guys. Kamu harus pinter – pinter dalam hal copywriting, karena penilaian diberikan gak Cuma berdasarkan konsep bisnis yang unik, tapi juga bagaimana kamu menuliskan konsep tersebut.

Kalau kamu nulisnya monoton dan gaya bahasanya terlalu kaku, tim juri yang khusus melakukan penilaian terhadap penulisan akan jenuh baca proposal kamu. Syukur – syukur juri nya mau baca sampe habis, kalau gak alamat deh kamu gagal.

Solusinya adalah kamu harus keluar dari kebiasaan males baca. Kalau mau menang mulai sekarang biasakan baca artikel – artikel seputar bisnis, humor dan wawasan lain. Supaya dalam penulisan kamu juga gak kaku.

Kamu juga bisa riset terlebih dahulu sebelum melakukan penulisan, bisa contek dari proposal lain yang gaya bahasanya menarik dan gak bosenin. Tapi ingat, jangan copy paste yah, kalau ketahuan kamu bisa di diskualifikasi. Malu ah sama Tuhan.

Buatlah data dengan realistis, jangan karena mau menang banyak kamu rela mark up nilai bisnis kamu sampe nilainya gak masuk akal.

sample data membuat bisnis plan

Kompetisi bisnis plan biasanya ditujukan untuk mendanai sebuah usaha, dan biasanya nominal pembiayaan usaha yang akan diberikan sudah diinformasikan sebelumnya.

Kalau mau menang dalam persaingan, kamu harus membuat proposal kamu mengalir seperti air. Alur nya jelas dan tampilkan data yang realistis. Misalnya dana bantuan yang akan diberikan maksimal adalah Rp. 50.000.000,- maka kamu harus membuat rencana anggaran biaya senilai dana bantuan yang akan diberikan tersebut.

Seandainya kamu diberikan uang sebesar Rp. 50juta, maka akan kamu apakan uang tersebut? Nah, tuliskan dengan realistis kemana uang tersebut akan kamu habiskan, misalnya untuk modal produksi, modal kerja, modal investasi dan pengeluaran – pengeluaran lainnya.

BACA JUGA:  Butuh Modal Usaha? Carinya Gampang Kok, Coba 8 Situs Online Ini

Banyak – banyak berdoa, karena yang membolak balikkan hati manusia adalah Tuhan. Berdoa saja agar jurinya memenangkan proposal kamu.

membuat bisnis plan banyak doa
Berdoa saja agar jurinya memenangkan proposal kamu – via http://blog.setiabuku.com

Terakhir yang perlu kamu perkuat dan tingkatkan adalah kedekatan kepada Tuhan. Ingat, seisi dunia ini Dia yang punya, termasuk mata, hati dan pikiran para juri tersebut.

Banyak – banyaklah berdoa agar proposal kamu bisa bersaing dan memenangkan persaingan, jauhi maksiat dan jangan lupa kalau udah menang jangan lupa sedekah yaa. Hehe

Done! Kira – kira seperti itulah tips membuat bisnis plan kamu mampu memenangkan persaingan. Yang terpenting adalah tetap ikuti aturan main yang berlaku, jangan bikin aturan sendiri dan jangan lupa berdoa yaaa.