7 Tips Memulai Bisnis Event Organizer Bagi Pemula Yang Penting Untuk Dibaca

Tips memulai bisnis event organizer – Event Organizer atau yang lebih sering dikenal dengan singkatan EO makin diminati kalangan anak muda. Angan – angan mendapatkan keuntungan yang berlipat menjadikan bisnis event organizer kian menjamur diberbagai sudut kota.

Namun perlu diketahui, gak semua pelaku bisnis event organizer selalu sukses seperti apa yang mereka harapkan sebelumnya. Banyak kejadian dimana kegagalan dan kerugian besar justru menimpa para pebisnis ini.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum dan saat mengerjakan bisnis event organizer, terkhusus untuk para pemula. Simak deh ulasan berikut ini, semoga bermanfaat. Kalau emang info ini bermanfaat, jangan lupa ceritakan ke yang lain yaa.

Tentukan Terlebih Dahulu Jenis Event Yang Akan Kamu Garap, Jangan Serakah!

recruiters-vs-contractorsjpg1
Foto via www.inc42.com

Menentukan jenis event yang akan kamu garap terlebih dahulu adalah langkah awal yang sangat penting dalam memulai bisnis event organizer yang anti gagal.Ini berkaitan dengan fokus yang akan kamu kerjakan, tim yang akan kamu bentuk dan juga target yang kamu harapkan.

Banyak pebisnis EO pemula terlalu rakus dan tidak terlalu memikirkan hal ini sebelum memulai. Mereka menanggap bahwa bisnis event organizer itu memiliki strategi yang sama untuk menyukseskannya, padahal nggak loh guys.

Sebagai contoh nih, manajemen event pernikahan pasti sangat berbeda dengan event seminar atau event lainnya. Kalau kamu masih pemula, sebaiknya tentukan satu jenis event terlebih dahulu. Kalau kamu seorang mahasiswa, kamu bisa memulainya dengan mengelola event seminar dikampus kamu.

BACA JUGA:  Contoh Proposal Usaha Yang Akan Sukses Dilirik Investor

Mulailah Mengelola Event Kamu Sendiri, Learning By Doing.

wpid-just-do-it

Setelah kamu menentukan jenis event yang akan kamu jadikan core business kamu, maka mulailah membuat event kamu sendiri. Kamu gak akan pernah sukses dalam bisnis apapun kalau kamu Cuma belajar dan gak mempraktikkan ilmu kamu, terutama dalam mengelola bisnis event organizer dengan baik dan benar.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum eksekusi adalah mempersiapkan rencana kegiatan atau business plan nya terlebih dahulu. Misalnya saja core business kamu adalah sebagai penyelenggara seminar. Kamu harus mempersiapkan tema kegiatan, tujuan kegiatan dan target market kegiatan kamu. Hal ini bertujuan agar fokus kamu gak berantakan ditengah jalan.

Selain tema, tujuan dan target, kamu juga harus mempersiapkan estimasi dana yang akan diperlukan untuk kegiatan tersebut. Kalau kamu sudah punya tim yang solid, kamu bisa meminta tim kamu untuk melakukan hal – hal tersebut. Tapi kalau kamu baru memulai dan belum memiliki tim, kamu tetap bisa melakukannya sendiri kok.

Bentuk Tim Kepanitiaan Yang Solid Dalam Event Oraganizier

Teamwork Makes the Dream Work card with colorful background
Foto via www.temaworkandleadership.com

Setelah rencana kegiatan sudah kamu persiapkan secara matang, mulailah merekrut tim kepanitiaan untuk membantu kamu dalam menjalankan sebuah event. Membentuk tim yang solid adalah bagian tersulit dalam sebuah bisnis, apapun jenis bisnis atau usahanya. Karena ini menyangkut kemampuan leadership yang kamu miliki. Tapi jangan khawatir, semakin lama kemampuan kamu dalam mengelola SDM akan terasah melalui bisnis event organizer.

Sebelum membentuk tim kepanitiaan, terlebih dahulu kamu harus menyiapkan job description untuk masing – masing divisi yang akan kamu bentuk. Jangan lupa siapkan juga job list what to do atau list pekerjaan yang harus diselesaikan dalam proses pembuatan event tersebut.

BACA JUGA:  5 Model Bisnis Modal Dengkul, Kamu Bisa Memulainya Walaupun Gak Punya Duit.

Buatlah Konsep Acara Yang Menarik Dan Penuh Kreasi

Foto via www.lgi-consulting.com

Banyak event yang terlihat membosankan dan membuat peserta terkantuk – kantuk, apalagi dalam kegiatan seminar, hal ini sering sekali dijumpai. Kamu harus belajar dari situasi ini, jangan membuat kegiatan kamu sama seperti kebanyakan, karena ini merupakan branding kamu kedepannya.

Kamu mau dicap event planner yang pas – pasan atau justru kreatif dan mengesankan. Ciptakan kegiatan – kegiatan yang rugi untuk dilupakan. Ciptakan event yang menjadi ciri khas kamu sebagai event planner, kamu bisa belajar dari event organizer profesional, amati – tiru dan modifikasi.

Kamu bisa menambahkan gimmick – gimmick menarik yang gak disangka – sangka oleh pengunjung atau peserta event kamu. Manjakan mereka dengan hal – hal yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

Berfokuslah Pada Kualitas, Bukan Pada Profit

Foto via www.senegambiademocracy.org

Kesalahan – kesalahan pebisnis pemula dalam menyelenggarakan sebuah event adalah mereka terlalu fokus pada keuntungan yang akan mereka dapatkan. Padahal itu salah.

Kamu harus fokus pada kualitas event yang akan kamu buat, semakin menarik dan kreatif event yang kamu buat, orang – orang akan memberikan apresiasi yang lebih dan menarik pula.

Perjuangan tidak akan mengkhianati hasil

Pepatah tersebut harus kamu tancapkan di mindset kamu dalam membangun sebuah usaha, terutama bisnis event organizer. Karena orang lain menilai kesuksesan kamu bukan dari uang yang kamu dapat, tapi dari nilai yang kamu berikan kepada orang lain, yaitu kualitas.

Bangun Relasi Tanpa Pandang Bulu

Foto via www.ridoua.nl.ogena.net

Sebagai pemula, kamu pasti belum memiliki jaringan relasi yang luas guys. Nah, jangan malu untuk membangun relasi kepada siapapun dan dimanapun. Saat ini orang – orang mungkin belum membutuhkan jasa kamu, tapi mungkin suatu saat nanti mereka justru menghubungi kamu dan mengajak kamu bekerjasama.

BACA JUGA:  7 Tanaman Herbal Yang Ampuh Merawat Kecantikan Dan Kegantengan Ini Harus Ada Di Pekarangan Rumah Mu

Siapkan kartu nama dan media – media yang akan selalu mengingatkan mereka tentang kamu. Jangan sungkan untuk berteman dengan siapapun. Belajarlah dari mereka yang sudah lebih dulu terjun ke bisnis ini.

Pengalaman Adalah Guru Terbaik, Evaluasi Adalah Cara Memaknai Pengalaman Tersebut

Foto via www.lodestar.asu.edu

Evaluasi adalah bagian tak terlupakan dalam memulai bisnis event organizer yang sukses. Saat proses persiapan berjalan, evaluasi harus tetap dilakukan, begitu juga pasca event berlangsung.

Evaluasi adalah cara kita untuk memantaskan diri, apakah sebagai pelaku bisnis kita layak untuk naik ke level yang lebih tinggi atau justru harus belajar lebih banyak lagi di level bawah. Evaluasi juga alat untuk mengukur kesuksesan masing – masing individu dalam tim, mengetahui kelebihan dan kelemahan masing – masing.

Selamat mencoba!!