Ini Loh 10 Peluang Usaha Sampingan Anak Kosan Yang Menggiurkan

Peluang usaha sampinganyang bisa dijadikan tambahan pemasukan bagi anak kosan emang selalu dicari – cari guys. Karena gak semua jenis usaha bisa dijalankan anak kosan apalagi anak kuliahan, hal ini disebabkan oleh berbagai macam alasan, salah satunya kesibukan. Mungkin kamu juga salah satunya kaan? Hehe

Anak kosan, apalagi anak kuliahan sudah dikenal memiliki jadwal yang cukup padat. Mulai dari kewajibannya untuk belajar, mengerjakan tugas hingga beraktivitas diberbagai organisasi. Trus gimana dong agar tetap punya duit dari jerih payah sendiri? Tenang, gak usah khawatir! Beberapa info peluang usaha sampingan kreatif akan kami kasih tau ke kamu guys.

Buat kamu yang lagi butuh ide tentang peluang usaha sampingan yang menjanjikan tapi gak bakal mengganggu aktivitas sekolah ataupun kuliah dan yang pastinya dengan modal kecil bahkan modal nol, kamu harus baca artikel ini sampe habis.

Inilah 10 Peluang Usaha Sampingan Yang Cocok Dijalankan Anak Kos – Kosan.

1. Menjadi Reseller atau Dropshipernya Suplier

peluang usaha sampingan
Foto via maxmanroe.com

Menjadi seorang reseller atau dropshiper adalah salah satu jenis peluang usaha sampingan yang bisa dilakukan anak kosan ataupun anak kuliahan. Selain mudah, menjalankan bisnis ini juga relatif murah kok guys. Karena bisnis ini bisa kamu jalankan dimana saja dan kapan saja. Yang terpenting kamu harus punya alat perangnya, yaitu ponsel android beserta paket datanya pastinya.

Sebelum terjun ke bisnis ini, kamu harus ngerti dulu apa itu perbedaan reseller dan juga dropshiper. Reseller adalah kegiatan usaha yang mengharuskan kamu membeli sebuah produk dari suplier dan menjualnya kembali dengan margin yang lebih tinggi.

Nah kalo dropshiper adalah kegiatan usaha dimana kamu sebagai seller melakukan promosi sebuah produk yang dimiliki suplier tanpa membelinya terlebih dahulu, saat terjadi pemesanan kepada kamu, kamu cukup order ke suplier dan si suplier yang akan mengirim barang langsung kepada pembeli atas nama kamu.

Bedanya kalau reseller kamu harus beli barang terlebih dahulu, lalu jual. Dan keuntungan kamu yang tentukan. Sementara dropshiper kamu hanya menjadi promotor dari sebuah produk, tanpa membelinya terlebih dahulu.

BACA JUGA:  7 Tips Memulai Bisnis Event Organizer Bagi Pemula Yang Penting Untuk Dibaca

Nah, kalo udah paham mengenai sistem reseller dan dropshiper, siap deh terjun ke bisnis ini.

2. Jasa Pengetikan Makalah Teman – Teman Sekelas

slingcropimg_1847799209
Foto via www.picSling.com

Jasa pengetikan makalah adalah peluang usaha sampingan ala anak kosan yang paling populer, terutama dikalangan mahasiswa. Banyak anak kuliahan zaman sekarang yang rada males untuk ngerjain tugas, apalagi makalah. Nah, ini bisa kamu jadikan peluang guys. Prinsipnya adalah, dimana ada kesulitan disitu ada kemudahan. Hehe.

Jasa pengetikan tugas – tugas seperti makalah bisa kamu kerjakan dimanapun, termasuk dikosan kamu. Kamu tinggal ngobrol ke teman – teman kampus kalo kamu nawarin jasa pengerjaan tugas tersebut.

Lumayan loh, satu makalah bisa kamu kenakan tarif sebesar 50ribu. Ini gak mahal kok guys, apalagi tugas makalah biasanya dilakukan secara berkelompok, otomatis dong bayarnya juga keroyokan.

Bayangin deh, kalau dikelas kamu ada 5 kelompok makalah, dan dalam satu minggu ada 3 tugas makalah yang harus dikerjakan. Dan kamu pasang jaringan pertemanan disetiap kelas. Wah, bisa kebanjiran order tuh. Bisa – bisa beli mobil bulan depannya. Hehehe

3. Jasa Desain Grafis Untuk Berbagai Produk

Grafica color
Foto via www.frelancingplace.com

Buat kamu yang jago desain grafis menggunakan tools profesional untuk melakukan editing gambar ataupun pembuatan logo, peluang usaha sampingan jasa desain sangat cocok buat kamu. Jangan sia – siakan kemampuan kamu guys. Karena bisnis ini sangat menguntungkan buat kamu kerjakan.

Apalagi kalau kamu pakar dibidang desain logo, satu logo saja bisa dihargai 300ribu hingga jutaan. Kamu juga punya kesempatan ikutan kompetisi pembuatan logo diberbagai situs online yang hadiahnya juga pasti lumayan.

Kalau kamu bingung nyari pasarnya, mampir aja ke komunitas – komunitas bisnis. Tawarin ke mereka jasa pembuatan logo atau desain produk ataupun editing foto atau video untuk usaha mereka. Atau kamu bisa kerjasama dengan dosen – dosen kewirausahaan agar mereka meng-endors kamu.

4. Jualan Makanan Ringan DiKelas – Kelas Kampus / Sekolah / Kantor

lenjongan_20160510_183746
Foto via www.jateng.tribunnews.com

Jualan makanan ringan juga banyak dilakoni oleh anak kosan terutama mahasiswa. Peluang usaha sampingan yang satu ini sering dijumpai dikampus – kampus, banyak anak mahasiswa memasuki kelas – kelas dan menjajakan jualan makanan dan minuman mereka.

Potensinya gimana? Wow, pasti menguntungkan. Namanya juga bisnis, ya harus untung. Kalo impas atau rugi itu bukan bisnis namanya, tapi ibadah. Hehe.

Apa yang harus dipersiapkan untuk jualan makanan ringan ini? Yang harus kamu persiapkan adalah MENTAL. Kamu harus punya MENTAL BADAK, badak dikenal dengan kulitnya yang tebal, begitu juga dengan menjalankan usaha ini, kamu harus bermuka badak. Gak tau malu. Dengan begitu baru bisa berhasil. Hehe

5. Bisnis Event Organizer Untungnya Sampe Jutaan

event-organizer
Foto via www.i-eventplanner.com

Event Organizer adalah bisnis yang bisa dikerjakan anak kosan. Selain bermodal tipis, bisnis ini juga sarat dengan ilmu terapan loh guys. Di awal – awal kamu bisa belajar membuat kegiatan – kegiatan yang bekerjasama dengan UKM dikampus kamu. Setelah kamu mahir dalam berbagai manajemen, seperti manajemen waktu, manajemen keuangan, manajemen konflik dan sebagainya, kamu bisa tuh terjun sendiri dan membentuk tim sendiri pastinya.

BACA JUGA:  7 Tanaman Herbal Yang Ampuh Merawat Kecantikan Dan Kegantengan Ini Harus Ada Di Pekarangan Rumah Mu

Keuntungan dari bisnis yang sering disingkat dengan EO ini sangat menggiurkan. Untuk kegiatan lokalan kampus aja kamu bisa mendapatkan untung bersih 2juta hingga 10juta dalam sekali event, dengan catatan kamu ngerjainnya sepenuh hati yah guys.

Keuntungan lain selain uang dari bisnis EO adalah leadership. Lewat bisnis ini kamu bisa belajar berbagai aspek, seperti disiplin diri, belajar memimpin sebuah tim, negosiasi dan juga ilmu kepemimpinan yang gak akan bisa kamu dapatkan kalau Cuma kuliah dikelas doang.

6. Tukang Foto / Photography Diberbagai Event

d7f25563ce339d8b432a59e7540e9c28

Dulu pekerjaan tukang foto masih dipandang sebelah mata. Kalo sekarang, usaha tukang foto sangat menggiurkan guys. Modalnya yang kecil tapi untung berlimpah menjadikan bisnis ini digandrungi banyak anak muda.

Kamu bisa ngambil job photography diberbagai event, seperti seminar, outbound, pernikahan hingga acara formal. Trus gimana ya caranya supaya dapet orderan jadi tukang foto? Cara simpel nya kamu harus nyiapin kartu nama sebagai brand kamu, dan bagikan kepada setiap orang yang kamu jumpai. Atau kamu juga bisa gabung di komunitas – komunitas pecinta photography, mereka biasanya banyak info tuh tentang job photography.

Kalau kamu gak punya alat foto alias kameranya, gak perlu bingung. Sekarang udah banyak jasa penyewaan kamera, dan kamu bisa menyewanya. Untuk jasa photography dalam sehari saja kamu bisa dapetin duit sekitar 300ribu hingga 500ribuan. Gimana tertarik jadi photographer?

7. Penulis Lepas Diberbagai Media Online

writer-605764_960_720
Foto via www.cheapwritingservice.org

Buat kamu anak kos – kosan yang hobi nulis tapi tulisannya paling mentok dibaca sama si doi, kami sarankan menulislah di media lain seperti website – website yang menerima tulisan – tulisan pendek alias artikel. Selain tulisan kamu bisa dibaca ribuan hingga jutaan orang, kamu juga dibayar loh guys.

Banyak situs – situs yang menerima tulisan dari penulis lepas, baik itu situs asli Indonesia juga situs dari negara asing seperti amerika dan lain – lain. Bayarannya pun variatif, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan per artikel yang berhasil dipublish. Beberapa rekan TempatAsik.Com ada yang bisa biayai hidupnya dari usaha sebagai penulis lepas, seperti biaya kos – kosan, uang jajan bahkan uang kuliahpun bisa kamu biayai sendiri kalo serius. Hehe

Tapi harus hati – hati yah guys, banyak di internet yang ngakunya akan membayar tulisan kamu, tapi nyatanya mereka ngibulin. Kalau kamu bingung mau nulis di situs mana, kamu bisa tinggalkan komentar pada artikel ini, dan akan kami jawab. Hehe.

BACA JUGA:  Untuk Calon Pengusaha, Please Deh Jangan Lakukan 7 Kesalahan Konyol Ini! Nanti Kamu Gagal Loh!

8. Ojek Online, Peluang Usaha Yang Kian Dilirik Anak Muda

ojek_daqu
Foto via www.dahsyat.net

Buat yang suka ngalor – ngidul kesana kemari gak jelas malah ngabisin duit buat isi bensin, kamu bisa manfaatin fasilitas ojek online yang kini kian menjamur di Indonesia. Maka ngalor ngidul kamu akan lebih bermakna. Selain dapat teman baru, kamu juga bisa dapet duit guys.

Ojek online mulai populer di Indonesia, bahkan kepopulerannya sudah menjalar ke berbagai usia, mulai dari anak muda hingga orang tua, yang gak berpendidikan sampe anak kuliahan pun mengambil kesempatan menjalankan usaha ini.

Kamu gak butuh modal duit untuk bisa bekerjasama dengan si penyedia ojek online, kamu cukup punya kendaraan roda dua, surat – surat lengkap termasuk SIM dong guys. Penghasilan dari pelaku ojek online pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per harinya. Dan yang pasti kegiatan ini gak akan menggangu kegiatan kamu kok guys sebagai anak kos sejati. hehe

9. Bimbingan Belajar, Cocok Buat Kamu Yang Doyan Ngomel. Agar Omelan Kamu Lebih Bermanfaat!

baca-quran
Foto via www.ngaji.web.id

Kamu suka berbagi ilmu? Bimbingan belajar juga bisa kamu jadikan sebagai usaha sampingan kamu selaku anak kosan yang juga kuliahan. Kalau belum berani ngajar anak SMA, mulailah dari ngajar anak SD, selain lucu kamu juga bisa latihan mental.

Banyak orangtua yang membutuhkan guru bimbingan belajar untuk anak kesayangan mereka. Kalau kamu bisa ngajar ilmu eksakta dan ngajar ngaji sekaligus, ini akan menjadi nilai lebih. Apalagi bisa ngajar semua pelajaran, pasti jos banget deh.

10. Reparasi dan Instalasi Komputer

fix-pc
Foto via www.gezumi.jp

Peluang usaha sampingan yang bagus dan layak kamu kerjain yang terakhir adalah jasa reparasi dan instalasi komputer. Untuk menggeluti usaha ini kamu memang harus memiliki keahlian khusus, karena untuk memperbaiki ataupun instalasi komputer gak bisa sembarangan.

Berapa ya keuntungan bisnis ini? Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari jasa instalasi komputer saja misalnya, satu perangkat komputer dihargai sebesar 50ribu. Modal yang harus kamu keluarkan juga cukup murah, cukup beli software di toko kaser terdekat dan mulailah beraksi.

Coba hitung, ada berapa orang yang punya laptop di kelas kuliah mu? Ada berapa pemilik laptop di fakultas mu? dikampus mu? doain aja laptop mereka terkena virus dan butuh jasa instalasi kamu. Bisa kaya mendadak deh si anak kos – kosan. Hehe

Yup, itu tadi beberapa peluang usaha sampingan yang bagus dijalankan oleh anak kos – kosan. Saran kami kalau temen kamu lagi butuh ide untuk usaha, share saja ke dia artikel ini. Kalau dia sukses, kan kamu juga yang akan dapat pahala karena sudah sedekah informasi. Hihihi