Tips Jualan Di Instagram Yang Berpotensi Menghasilkan Jutaan Rupiah

Jualan di Instagram kini semakin banyak dilakukan oleh para pebisnis, baik itu pebisnis pemula maupun pebinsis besar yang udah punya omset ratusan juta bahkan milyaran rupiah. Setelah media sosial instagram diakuisisi oleh facebook, jumlah pengguna instagram semakin menggurita guys.

Dari situs terpercaya CNN Indonesia didapatkan informasi bahwa pengguna instagram di seluruh dunia sebanyak 500 juta pengguna, dan 300 juta diantaranya aktif setiap bulan. Dan untuk di Indonesia pengguna Instagram sebanyak 22juta pengguna, dan angka tersebut diperkirakan akan terus melonjak. Wow banget kan guys.

Melihat pengguna yang begitu banyak, sayang banget kalo kita cuma update foto doang tapi gak mengambil manfaat lebih dengan meraup untung dengan jualan di Instagram. Nah, kamu yang pengen mengambil keuntungan dari eksistensi Instagram bisa baca beberapa tips jualan di Instagram supaya bisa dapat keuntungan jutaan rupiah.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan uang dari Instagram, seperti jasa paid promote yaitu jasa promosi produk berbayar. Jasa endorse produk, agak mirip lah dengan jasa paid promote dan jualan online via Instagram. Kali ini kita fokus ke jualan online nya aja yah guys!

Buka Toko Online Kamu Sejak Sekarang Untuk Jualan di Instagram

bitebrands-sepatu-sneakers-model-baru6

Jualan di Instagram sama dengan kita harus membuka toko, bedanya toko yang satu ini berbentuk virtual, bisa kamu akses dimana saja dan kapan saja. membuka toko online di Instagram gak seribet dan semahal membuka toko konvensional guys.

BACA JUGA:  5 Jurus Jitu Penangkal ‘Laper’ Anak Kos kosan Di Akhir Bulan

Cukup dengan memiliki akun email gratisan seperti gmail.com ataupun ymail.com dan yang pasti harus punya kuota internet kamu sudah bisa membuat toko online di Instagram sebanyak yang kamu mau.

Ada Aturan Saat Membuat Toko Online Di Instagram

Rules are made to be broken into chaotic pieces of anarchy.
Foto via www.quotegram.com

Bisnis itu punya aturan, sama halnya ketika membangun toko online kamu untuk jualan di Instagram, juga punya aturan yang harus kamu ikuti. Karena ini berkaitan dengan para konsumen kamu kedepannya. Aturan – aturan tersebut diantaranya:

1. Username Adalah Brand Toko Online Kamu

tips jualan di instagram
Foto via www.soldiersystem.net

Gunakanlah username yang unik dan nyelekit diingatan konsumen. Ini bertujuan agar konsumen selalu ingat akan toko online kamu. Disarankan selain unik, username kamu juga harus mewakili apa yang kamu jual. Hindari penamaan username dengan nama – nama alay yang sulit diingat. Ingat, ini zaman modern, bukan zaman alay. Hehe

Contoh : JualAlatBerat , JualBungaBucket , GrosirJilbabUnik

2. Buat Biodata Selengkap Mungkin

maxresdefault
Foto via www.youtube.com

Isi biodata dengan lengkap dan jelas. Kenapa biodata kamu harus jelas dan lengkap? Karena ini berkaitan dengan personal branding toko online kamu. Konsumen hanya mau berinteraksi dengan orang yang emang serius mau jualan. Dan orang yang serius mau jualan ditunjukkan dengan data tokonya yang lengkap.

Dalam biodata tersebut kamu bisa ngejelasin sedikit tentang produk yang akan kamu jadikan barang jualan di instagram, jangan lupa cantumkan juga no kontak kamu yang bisa dihubungi dan selalu aktif 24 jam.

Mengenai nomor kontak kontak kamu, jangan Cuma menampilkan satu kontak aja, kamu harus nampilin beberapa kontak atau chat yang kamu punya. Karena konsumen punya kebiasaan dan hobi yang berbeda – beda. Ada yang senengnya telponan lewat henpon, ada juga hobinya dari media yang lain.

BACA JUGA:  Butuh Modal Usaha? Carinya Gampang Kok, Coba 8 Situs Online Ini

Contoh : No Hp, Whatsapp atau Line.

3. Sematkan Link Id Line Kamu

cara-daftar-line

Pada bagian url jangan lupa isikan dengan link id line kamu guys. Tujuannya supaya konsumen bisa langsung menghubungi kamu via line dengan mengklik tautan tersebut.

Kalau kamu punya website pribadi yang menjajakan barang dagangan mu, kamu boleh isikan url website kamu disitu, tapi dengan catatan website kamu tersebut harus difasilitasi dengan chat yang fast respon. Karena biasanya konsumen akan tanya – tanya dulu sebelum beli produk kamu.

Tips : Jangan kunci/gembok instagram kamu, karena instagram yang kamu buat untuk dipergunakan sebagai toko online, yang namanya toko orang lain harus bisa ngeliat apa yang kamu jual secara realtime.

4. Buka Toko Selesai

welldone
Illustration via www.vidyanext.com

Setelah toko online instagram kamu selesai, langsung ke langkah berikutnya. Posting foto produk kamu sebanyak – banyaknya. Minimal 20 foto setiap hari, dan jangan lupa beri hastag # disetiap foto yang akan kamu posting, minimal 15 hastag# per foto. Setiap hastag# beri penjelasan mengenai produk kamu. Contoh :#JamTanganCantik #JamTanganMurah dan seterusnya.

Semakin banyak foto yang kamu upload per harinya, maka semakin besar kemungkinan kamu closing terhadap konsumen. Kalau bisa upload 50 foto ngapain Cuma 30 kan? Hehe.

Tips #1: Jangan upload foto sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Lakukan uploading foto kamu di jam – jam primetime atau di jam – jam yang biasa dimanfaatkan orang untuk membuka instagram. Jam – jam tersebut yaitu saat jam istirahat kerja, setelah pulang kerja, setelah sholat isya hingga jam 10 malam. Biasanya jam tersebut traffic pengguna instagram akan membludak.

Tips #2 : upload lah foto yang menarik dan jelas. Gunakan tols – tols yang tersedia di playstore untuk mengedit foto produk kamu. Pilih gambar dengan kualitas gambar tinggi, jangan pecah – pecah. Kamu bisa menggabungkan berbagai foto dengan menggunakan tols yang ada seperti pic collage ataupun picsArt. Kamu boleh belajar foto produk terlebih dahulu jika memang diperlukan.

BACA JUGA:  7 Cara Menghasilkan Uang Dari Rumah, Diantaranya Bisa Sambil Tidur

Tips #3 : Hastag # berfungsi untuk mengkategorikan produk kamu. Walaupun kamu belum punya follower yang banyak, konsumen akan mudah menemukan toko online kamu melalui hastag #.

Tips #4 : Agar jualan mu semakin powerfull, kamu harus menuliskan deskripsi produk yang powerfull juga guys. kamu bisa meniru iklan – iklan yang udah profesional dan kamu terapin deh di deskripsi produk mu.

Nah, itu tadi tipsjualan di Instagram yang terbukti ampuh mendatangkan fulus. Semoga bermanfaat dan menjadi keberkahan bagi kita semua yaaa. Kalau artikel ini menurut kamu memberi manfaat, share ke yang lain yah supaya kita dapat manfaat berjama’ah.