Cara Memulai Usaha Agar Yang Di Usahakan Tetap Bertahan Dan Eksis

Cara memulai usaha yang benar perlu diketahui setiap orang yang ingin mencicipi pahit manisnya dunia usaha itu sendiri. Strategi yang sempurna ngga akan punya power atau kekuatan jika cara memulai usaha nya saja ngga bener sejak awal.

Banyak pengusaha pemula yang baru 1 bulan menjalankan usaha atau bisnis nya udah mengalami kegalauan yang luar biasa. Banyak faktor penyebab kegalauan tersebut, mulai dari dagangan ngga laku, hutang yang udah berubah jadi ikat pinggang sampe galau karena pacar ngga setuju dengan usaha yang dijalanin. Hadeeeh.

Berikut ini Tempat Asik sajikan beberapa tips cara memulai usaha yang baik dan benar secara logika. Karena ada pepatah arab mengatakan “faqqir qobla ‘an ta’zim” artinya berpikir lah dulu sebelum bertindak. Mudah – mudahan artikelnya dapat menjadi manfaat yaa.

6 Cara Memulai Usaha Agar Yang Di Usahakan Tetap Bertahan Dan Eksis

1. Milikilah Impian

cara memulai usaha
Cara Memulai Usaha Dare To Dream Big photo via www.icim.edu.my

Impian atau dalam bahasa kerennya“Dream” adalah kunci terbesar dalam menentukan sukses atau tidak, bertahan atau loyo nya bisnis yang kita jalankan.

Impian adalah sebuah pikiran liar yang bisa saja tiba – tiba nongol di otak kita dan membuat kita pengen mendapatkan apa yang ada dipikiran tersebut. Impian juga bisa datang saat kita jatuh hati pada sesuatu, entah itu makhluk, benda ataupun hal lainnya.

Yang jelas menurut banyak ahli impian itu berbeda dengan mimpi, impian membuat setiap orang bergerak karena tak nyaman, sementara mimpi membuat kita tenang dan nyaman, kecuali mimpi dikejar kolong wewe ya, itu sih sereemm.

Yuk coba pahami kutipan dari salah seorang legenda Steve Jobs, ia mengatakan “The ones who are crazy to think that they can change the world, are the ones who do” artinya kira – kira begini, siapa aja yang mikirnya (impian/red) keras (keras dalam arti positif) bahkan mereka berpikir mereka sanggup mengubah dunia, maka dialah orang yang akan dapat melakukannya.

BACA JUGA:  Contoh Bisnis Plan Ini Bisa Kamu Coba Untuk Memenangkan Persaingan
Cara Memulai Usaha
Cara Memulai Usaha – Steve Jobs Quotes via www.postcron.com

Jadi, punya impian itu sangat penting apalagi dalam memulai sebuah usaha. Impian itu seperti antibiotik, kamu bakal kebal terhadap penyakit yang kapan aja bisa datang.

Penyakitnya mungkin bukan dari orang lain, tapi kebanyakan dari orang – orang yang kamu sayangi, misalnya orang tua yang melarang kamu memulai usaha karena mereka menganggap masa – masa muda adalah masa untuk belajar, bukan cari duit. Padahal cari duit kan sama dengan cari ilmu ya.

Atau mungkin penyakitnya dari godaan model bisnis lain yang menawarkan potensi keuntungan lebih gede dari usaha yang udah kamu jalanin. Kalau gak kuat iman (impian man), bisa gagal fokus deh.

Yang lebih parah penyakitnya datang dari orang terkasih, si doi gengsi ngeliat kamu yang masih muda malah jualan. Kalau kamu gak kuat iman (impian man), bisa bubar tuh usahanya. Nah kalo iman (impian man) kamu kokoh, bukan usahanya yang bakal bubar, tapi hubungan kamu dengan si dia bakal segera kamu bubarin.

Belum nikah aja udah ngatur – ngatur, gimana kalo dah nikah bisa kena rumus “Pria di jajah wanita” deh. Hehe

2. Niat Yang Bener

Cara Memulai Usaha
Cara Memulai Usaha Niat Yang Bener Photo via www.quantumbioenergi.com

Kalau udah punya impian jelas, terukur dan setiap ingat impian tersebut semangat kamu naik level, langkah selanjutnya pasang deh niat yang bener.

Banyak pengusaha pemula pas mulai usaha pasang niatnya salah. Mereka niatnya supaya dianggap keren sama teman sekampus/sekomunitas, supaya dapat dana bantuan instan dari pemerintah terus uangnya buat beli motor, ada juga niatnya supaya status sosialnya naik derajat. Itu sih salah.

Niat yang bener itu untuk mewujudkan impian kamu, misal impiannya ngebahagiain orang tua, naikin haji mereka atau beliin rumah buat mereka karena selama ini hidup sebagai “kontraktor” alias ngontrak sana ngontrak sini pindahan pun naik motor.

BACA JUGA:  4 Peluang Usaha Menarik Di Bulan Desember Yang Bikin Kantong Tetap Gemuk

Pasang niat yang bener, dalam sebuah hadits Nabi disebutin tuh “sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya, kalau niatnya karena dunia ya bakal dapat dunia, kalo niatnya untuk ahkirat ya bakal dapet untuk akhirat”. Nah kalo diniatin untuk dunia dan akhirat, mudah – mudahan saat menjalankan usahanya dapat kemudahan dari sang Maha Pemberi Rezeki. Betul tidak?

3. Atur Strategi

Cara Memulai Usaha

Cara Memulai Usaha Mulai Atur Strategi ilustrasi by www.wassexwater.co.uk

Kalau impian udah gede, niat pun udah bulat berikutnya atur strategi. Banyak yang mau memulai usaha pasti kendalanya ngga punya modal kan? Ngaku deeh!

Itu wajar, karena kencing aja bayar. Mau buka usaha pun harus butuh modal. Kalau kita udah punya impian pasti punya banyak cara untuk merealisasikannya, tapi kalo impiannya kecil, baru kena masalah sedikit, hilang deh niat tadi seperti butiran butiran debu. Hehe

Strategi apa yang perlu diatur? Banyak! Mulai dari ide usaha, model usaha, modal usaha dan modul usaha. Strategi cari investor atau pendanaan, strategi pemasaran sampai antisipasi seandainya bisnis mengalami kebangkrutan. Semua harus dipikirkan.

Kalau butuh ide usaha, coba deh baca artikel 5 Bisnis modal dengkul ini.

Tapi ingat, mikirnya Cuma sekali aja, kerjanya yang berkali – kali. Kalau kata mas Ippho dalam seminarnya, “mikirnya 1 kali kerjanya seribu kali”, kalau kata Pak Presiden Joko Widodo “sekarang saatnya kerja kerja kerja!”.

4. Eksekusi Segera

Cara Memulai Usaha
Cara Memulai Usaha Eksekusi Segera ilustrasi by www.born2succeed.org

Jangan terlalu lama mengatur strategi, karena belum tentu strategi yang kita buat sangat sempurna di awal bisa terealisasikan 100% saat dilapangan. Strategi bisa saja berubah sewaktu – waktu, sama seperti harga cabe, bisa berubah sewaktu – waktu.

Setelah strategi sederhana dibuat, segeralah eksekusi. Kemana akan mencari modal, siapa yang harus dihubungi. Jika dalam pelaksanaan eksekusi ternyata kebentur dengan problem yang ngga diprediksi sebelumnya, nah disitulah atur strategi kembali.

Ingat, orang sukses itu bukan karena dia jago dan punya ilmu kanuragan. Orang sukses itu berhasil karena pengulangan, mereka selalu mengulang – ulang hal yang sama sehingga membuat mereka ahli dan sukses deh.

BACA JUGA:  Tips Jualan Di Instagram Yang Berpotensi Menghasilkan Jutaan Rupiah

Presenter hebat seperti Choky Sitohang bisa jago seperti itu karena emang dia kerjaannya setiap hari ngomong alias ngoceh. Coba tanya dia waktu pertama kali nge-MC apakah sehebat sekarang? Kalau udah punya jawabannya nanti sharing dikolom komentar ya. Hehe

5. Jika Gagal, Bangkit Lagi

Cara Memulai Usaha

Cara Memulai Usaha Gagal Bangkit Lagi – ilustrasi by www.redboth.com

Saat mengeksekusi sebuah usaha atau jenis kegiatan apapun, akan banyak kendala yang kita temukan. Entah itu kesalahan yang disebabkan hal teknis atau kesalahan karena human error alias kita sendiri yang kurang fokus.

Hal yang demikian itu sangat diwajarkan kawan, yang terpenting yang harus kita ingat adalah ketika kita gagal, kita harus bangkit, minimal satu kali. Setiap gagal, bangkit satu kali lagi. Begitu seterusnya. Ngga usah bangkit sampe 1000 kali, cukup satu kali aja setiap kali kita gagal.

Saat menemukan jalan buntu, mungkin kamu lupa pasang lampu sein makanya bisa nyasar ke jalan buntu. Tapi itu kan bukan akhir dari kehidupan, kamu harus balik lagi dong ke titik awal, atur strategi yang lebih baik lagi dan mulai jalan lagi.

Yang terpenting jangan melakukan kesalahan yang sama, jangan lupa lagi ngidupin lampu sein nya, ntar kesasar lagi loh ke jalan buntu. Kan cape!

6. Doa Yang Banyak

Cara Memulai Usaha
Cara Memulai Usaha Doa Yang Banyak – foto by www.konsultasisyariah.com

Setelah punya impian yang kokoh, niat yang tulus ikhlas membahagiakan kedua orang tua baik yang masih utuh ataupun yang udah meninggal, bikin strategi yang bagus dan eksekusi tanpa henti, yang memperkuat itu semua agar sampai pada tujuan yang kita inginkan adalah doa.

Dengan doa berarti kita sadar bahwa rezeki itu milik Sang Pemberi Rezeki, karena yang ngga pernah doa itu orang – orang sombong. Dan orang sombong bagusnya dimasukin ke got aja, ya nggak?Jangan lupa juga minta doa dari orangtua, keluarga besar, teman – teman, guru dan siapapun yang kita temuin.

Karena doa itu ibarat sepeda, semakin cepat kita kayuh maka kita akan semakin cepat sampai di tujuan yang kita cita – citakan.

Well guys, itu tadi tips cara memulai usaha yang jituyang bisa Tempat Asik sharing kan. Jika ada kekurangan mohon disempurnakan di kolom yang disediakan dibawah ini. FIGHT!!