7 Cara Menghasilkan Uang Dari Rumah, Diantaranya Bisa Sambil Tidur

Cara menghasilkan uang dari rumah, bahkan ketika kamu sedang tertidur lelap adalah sesuatu yang cukup mungkin untuk diwujudkan. Mungkin tulisan ini terdengar seperti seorang pembicara MLM ya, hehe, tapi pada era internet seperti sekarang, pasti sangat mungkin bisa tercapai.

Berikut ini 7 cara menghasilkan uang dari rumah yang tidak ada salahnya kamu coba.

1. Buatlah Blog

cara menghasilkan uang dari rumah
Buatlah blog – via http://brotherlabs.com

Mungkin cara paling populer untuk menghasilkan passive income adalah dengan membuat sebuah blog. Hal ini hanya memerlukan waktu beberapa menit saja untuk melakukan penyetingan dan modal yang dikeluarkan pun cukup murah. Lebih murah daripada ngajak jalan-jalan si dia ke Mall, hehe. Kamu hanya perlu membeli sebuah Domain dan Hosting.

Setelah memiliki domain dan hosting, selanjutnya menginstall CMS seperti WordPress, yang hanya perlu waktu beberapa menit saja. Setelah itu, jangan tunggu lama-lama lagi untuk membuat artikel yang menarik banyak orang untuk membacanya dan mensharenya di akun sosial media mereka masing-masing.

Sebagai contoh, jika kamu seorang akuntan dan telah membantu banyak pemilik usaha mengenai perpajakan, tidak ada salahnya untuk menuangkan saran-saran perpajakan pada blog pribadi untuk menolong lebih banyak pemilik usaha. Jangan lupa untuk membuat fitur keanggotaan, untuk siapa saja yang tertarik dengan membership berbayar.

Pastikan topik dari yang kamu tulis adalah hal yang populer. Jika kamu hanya menulis hewan peliharaan di blog, saya pribadi tidak terlalu optimis blog tersebut bisa menghasilkan uang seperti yang diharapkan. Tapi tidak ada salahnya juga mencobanya untuk sekedar menulis mengenai tips-tips hewan peliharaan.

BACA JUGA:  Inilah 8 Usaha Rumahan Yang Lagi Trend Di Indonesia

Banyak yang bertanya-tanya jika dijelaskan soal menghasilkan uang dari sebuah blog, dari mana dapat uangnya. Berikut sumber penghasilan yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghasilkan uang dari rumah:

Affiliate Marketing

Ini adalah cara menghasilkan uang dengan memasang produk atau jualan orang lain di blog kamu. Pastikan produk atau layanan yang Anda iklankan sesuai dengan tema blog kamu ya.

Sebagai contoh, jika blog kamu membahas mengenai seputar internet ataupun tutorial mengenai website, produk affiliasi yang dipasang juga harus berhubungan dengan tema tersebut.

Saat ini banyak perusahaan yang memberikan komisi cukup lumayan besar. Contohnya Ratakan memberikan komisi sampai 50%, atau perusahan penyedia Hosting dan Domain Murah Niagahoster sampai 70% untuk hostingnya.

Untuk cara kerja dari affiliasi cukup sederhana, kamu hanya perlu memasang code iklan di blog dan ketika ada pengunjung yang mengklik iklan dan melakukan pembelian, kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan persentase.

Jual Slot Iklan

Jika blog kamu cukup bagus untuk memasang produk affiliasi, maka sama halnya jika kamu memasang slot iklan untuk digunakan oleh perusahaan yang ingin mengiklannya produknya di blog kamu. Diawal kamu bisa memasang tarif sekitar Rp.200K untuk satu slot iklan, tapi jika pengunjung blog kamu mulai mengalami kenaikan, tarif iklan juga bisa dinaikkan.

Cari Sponsor

Hal ini sedikit berbeda dengan menjual slot iklan di blog kamu. Sponsorship dapat berupa sebuah logo dari perusahaan yang dipasang secara permanen pada bagian konten atau di footer.

2. Jual Produk Informatif

cara menghasilkan uang online
Menjual Produk Onformasi – via http://alishacurrywalker.com

Jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, kamu bisa memulai dengan membuat sebuah produk, seperti eBook atau video pembelajaran, dan menjualnya pada blog pribadi. Hal ini mungkin akan memerlukan kerja keras untuk membuat dan memasarkan produk kamu. Tapi, tidak ada salah untuk dicoba karena katanya “siapa yang bersunguh-sungguh pasti berhasil”.

BACA JUGA:  Cara Memulai Usaha Agar Yang Di Usahakan Tetap Bertahan Dan Eksis

3. Dapatkan Royalti

cara menghasilkan uang
Dapatkan Royalti – via twitter.com

Jika kamu memiliki talenta dalam bermusik, aktor, atau penulis, kamu memiliki kesempatan mendapatkan royalti dari hal yang kamu kerjakan. Dalam kata lain, orang lain akan membayar kamu ketika mereka menggunakan karya yang kamu hasilkan.

Jika kamu tidak memiliki cukup talenta, tapi tertarik mendapatkan bayaran dari sebuah royalti, silakan cek Royalty Exchange. Ini adalah sebuah marketplace dimana kamu dapat membeli dan menjual royalti.

4. Buat sebuah keanggotaan berbayar

menghasilkan uang dari rumah
Buat sebuah keanggotaan berbayar – via https://www.aiche.org

Jika kamu termasuk orang yang cukup terbukti memiliki sebuah wewenang, kamu dapat membuat komunitas membership. Jadi setiap anggota akan mendapatkan informasi bernilai dari kamu, dimana selain anggota tidak mendapatkannya. Untuk menjadi seorang anggota diperlukan biaya pendaftaran terlebih dahulu. Tapi perlu diingat, informasi yang kamu bagikan sesuai dengan harga yang mereka bayar.

Salah satu contohnya adalah Timothy Sykes, yang menghasilkan lebih dari $100K passive income per bulan melalui keanggotaan berbayar yang membahas masalah trading.

5. Instal sebuah autoresponder

cara menghasilkan uang online
Instal sebuah autoresponder – via http://mainwpex.wpengine.netdna-cdn.com

Model bisnis online umum lainnya adalah menggunakan autoresponder untuk menjual layanan, produk atau keanggotaan. Ini adalah dimana orang lain mendaftarkan email pada blog kamu untuk mendownload sebuah produk atau informasi yang berkualitas yang kamu tawarkan.

Jika sudah mendapatkan emailnya, kamu bisa melakukan follow up dengan mengirimkan mereka email yang rutin mengenai produk atau hanya sebuah tips yang kamu miliki. Kamu dapat menggunakan OptinMonster untuk blog kamu, supaya dapat membuat autoresponder.

6. Jual Website

cara menjual website
Menghasilkan uang dengan jual website – via http://biddazled.com

Jika kamu memiliki waktu dan semangat dalam pembuatan website dan kamu dapat menghasilkan banyak trafic/pengunjung, kamu bisa menjualnya pada sebuah merketplace khusus penjualan website, salah satu contohnya adalah Flippa. Dengan cara ini, Anda bisa menerapkan cara menghasilkan uang dari rumah.

7. Jual Barang

jual barang online
Jual barang online – via https://talktoind.files.wordpress.com

Sama halnya dengan ngeblog, terdapat beberapa cara untuk menghasilkan uang dari rumah dengan menjual barang. Biasanya yang paling sering dilakukan banyak orang adalah dengan menjual barang di Tokopedia, BukaLapak atau OLX. Tapi jika kamu tidak memiliki barang, bisa memulainya dengan usaha dropship. Artinya kamu untuk barang dan pengiriman diurus oleh pihak yang memiliki barang, kamu hanya perlu mengiklankan produk dan melayani pembelian saja.

BACA JUGA:  Ini Loh 10 Peluang Usaha Sampingan Anak Kosan Yang Menggiurkan

Untuk perusahaan yang cukup lumayan memberikan komisi dropship adalah supplier.id, keuntungan yang bisa didapatkan 20%-70% dari barang yang dijual.

Itulah beberapa cara menghasilkan uang dari rumah yang bisa kamu coba, semua cara yang dibahas tidak ada yang bisa langsung menghasilkan, perlu waktu dan kerja keras yang sungguh-sungguh. Tapi jika kamu mempraktekannya dengan serius, cepat atau lambat akan merasakan hasilnya.

Jika perlu bantuan lebih lanjut, silakan tinggalkan komentar. 🙂

INFO – Untuk beberapa url terdapat link affiliasi saya, jika kamu tidak ingin menggunakan link affiliasi saya silakan untuk menghapusnya ketika akan mengunjungi website yang bersangkutan, tapi jika mau menggunakan link affiliasi saya, saya ucapkan terimakasih :). Ditunggu artikel tentang bisnis menarik lainnya ya.