5 Model Bisnis Modal Dengkul, Kamu Bisa Memulainya Walaupun Gak Punya Duit.

Bisnis tanpa modal alias modal dengkul adalah idaman setiap orang yang pengen buka usaha tapi Cuma punya niat dan semangat doang, sementara modal uang gak punya.

Orang seperti ini harus kita apresiasi setinggi – tingginya, sebab disekitar kita sangat banyak orang yang punya uang tapi justru berfoya – foya. Miris banget kan?

Kamu yang punya mental pengusaha tapi gak punya modal uang untuk memulai usaha, hari gini bukan saatnya lagi pusing tujuh keliling, saatnya kamu keliling cari ide untuk mewujudkan mimpi kamu untuk menjadi seorang pengusaha.

Berikut ini 5 model bisnis modal dengkul yang kreatif dan boleh kamu pilih sebagai langkah awal kamu dalam memulai karir sebagai pengusaha. Jangan lupa berbagi ilmu dengan manusia yang lain yah, supaya hidup kamu makin bermakna.

1. Dropship adalah model bisnis terkini yang bisa kamu jadikan pilihan untuk terjun ke dunia bisnis.

via www.wave2wellness.biz

Dropship adalah model bisnis kekinian yang semakin menjamur dikalangan masyarakat, khususnya anak muda. Bisnis Dropshiper biasanya disandingkan dengan Reseller.

Bedanya, sebagai reseller kamu perlu modal untuk membeli barang yang untuk dijual kembali, sementara dropshiper tidak perlu membeli barang.

Kamu cukup promosikan barang yang ingin kamu jual ke siapa saja, setelah closing atau terjadi transaksi kamu pergunakan uang yang dibayarkan oleh pembeli untuk membeli barang yang kamu promosikan tadi ke pihak suplier.

BACA JUGA:  5 Jurus Jitu Penangkal ‘Laper’ Anak Kos kosan Di Akhir Bulan

Ngomong – ngomong soal keuntungan, yang jelas penghasilan dropshiper itu gak pasti, namanya juga bisnis, mana ada yang pasti. Yang jelas ada yang punya penghasilan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah perharinya dari model bisnis ini.

2. Menjadi Affiliate Marketer mungkin adalah pilihan tepat buat kamu yang doyan online.

via no1ejuice.com

Affiliate Marketing juga merupakan model bisnis kekinian yang bisa kamu jadikan tangga awal dalam memulai karir kamu sebagai pengusaha.

Affiliate marketing sebenarnya agak mirip – mirip dengan dropship, bedanya di affiliate marketing biasanya kamu bekerja sama dengan marketplace seperti Amazon.com , Lazada.com dan situs jual beli lainnya yang menyediakan fasilitas kerjasama ini.

Setelah mengajukan diri sebagai affiliater dengan melakukan registrasi pada form yang disediakan oleh perusahaan tersebut, maka kamu bisa mempromosikan produk yang dijual oleh marketplace tersebut di media online kamu, bisa berupa sosial media ataupun blog.

Kalau ada yang klik iklan kamu tersebut, dan dia berbelanja maka kamu akan mendapatkan prosentase keuntungan yang telah ditetapkan oleh perusahaan sebelumnya.

Untuk sukses di affiliate marketing, kamu harus haus akan ilmu, terutama digital marketing. Karena kesuksesan di model bisnis yang satu ini memang harus didasari pengetahuan terhadap ilmu tersebut.

3. Bekerjasama dengan investor bisa kamu lakukan kalo memang gaptek di teknologi.

via feedthebeast.berlin

Bekerjasama dengan investor dalam membangun sebuah bisnis adalah cara lama yang paling sering digunakan dalam bisnis konvensional. Tapi pilihan model bisnis yang satu ini diperlukan integritas dan kredibilitas diri kamu guys.

Karena investor hanya mau meberikan uangnya dengan orang – orang yang memang dianggap memiliki integritas dan kredibilitas yang tinggi.

BACA JUGA:  Untuk Calon Pengusaha, Please Deh Jangan Lakukan 7 Kesalahan Konyol Ini! Nanti Kamu Gagal Loh!

Apa aja sih yang harus kamu persiapkan selain integritas dan kredibilitas tadi?

Yang jelas business plan yang baik, unik dan profitable adalah kunci berikutnya kalo mau dapetin investor. Selain itu kemampuan public speaking kamu juga harus punya, karena proposal bisnis kamu tadi gak mungkin bisa ngomong sendiri.

Kamu harus menjelaskan dari A sampe Z tentang konsep bisnis kamu, jangan Cuma kasih iming – iming ya guys, kasih tau juga risiko yang akan terjadi saat bisnis mulai berjalan.

4. Ambil dulu, bayar kemudian. Model ini juga bisa kamu pakai untuk memulai bisnis.

via keouneulaes.org

Model bisnis ini juga membutuhkan integritas tinggi guys, karena sebagai suplier mereka dihadapkan dengan 2 kemungkinan, sukses atau barang dagangannya dibawa kabur.

Produk – produk fashion biasanya banyak yang bisa diajakin kerjasama dengan model bisnis seperti ini, kamu ambil dulu barang dagangan mereka senilai 5 juta misalnya, dalam waktu dua minggu kamu datang lagi untuk melakukan pembayaran atau retur barang.

Kalau beruntung, kamu bisa ketemu suplier yang emang punya program beginian, tapi jarang sih yaa. Rata – rata mereka maunya kamu bayar dulu baru bawa barang. Hehe

5. Bisnis Kreatif, bisnis yang cuma ngandelin kreatifitas namun punya keuntungan tanpa batas.

via www.digitalcatapultcentre.org.uk

Bisnis kreatif saat ini banyak banget macamnya guys, kamu bisa mendaur ulang barang – barang bekas dan dijual kembali. Atau kamu juga bisa memanfaatkan daya imajinasi kamu.

Misalnya doodleart, kalo kamu punya kemampuan menggambar ilustrasi doodleart bisa kamu jadikan bisnis yang menghasilkan fulus. Janga main – main dengan yang satu ini, kalo kamu serius, jutaan rupiah bisa kamu dapet perbulannya.

BACA JUGA:  7 Tanaman Herbal Yang Ampuh Merawat Kecantikan Dan Kegantengan Ini Harus Ada Di Pekarangan Rumah Mu

Bisnis kreatif lainnya adalah melukis ataupun jasa desain, kedua keahlian ini adalah bisnis yang bisa kamu lakukan tanpa modal uang. Atau kamu jago photography? Kamu bisa memulai jasa photography dengan menyewa kamera teman, bayar sewanya setelah jasa kamu dibayar.

Gimana guys? Udah punya ide untuk memulai dari mana dong? Kalau iya, lakukan dari sekarang. Kalau kamu tunda, biasanya akan gagal sebelum berkembang.

Semoga sukses yaa!