5 Jurus Jitu Penangkal ‘Laper’ Anak Kos kosan Di Akhir Bulan

Anak kos kosan identik dengan mahasiswa dengan modal hidup yang pas – pasan. Cuma sedikit anak kosan yang punya uang jajan melimpah apalagi unlimited. Ya gak gan?

Nah, banyak kejadian lucu anak kos kalo udah akhir bulan. Seperti kelaperan karena gak punya uang buat beli makan sampe harus minjem hape temen untuk nelpon ortu dikampung supaya dikirimin doku alias duit. Haha

Yang udah ngelewatin masa – masa jadi anak kos kosan mungkin udah jadi master sekarang, karena punya pengalaman banyak untuk mengatasi defisit anggaran kosan. Buat kamu yang masih ngekos, Tempat Asik mau kasih jurus jitu yang ampuh mencegah busung lapar, jurus jitu ini bisa kamu praktekin disisa – sisa hidup kamu sebagai anak kos kosan, mudah – mudahan kamu jadi master berikutnya.

1. Menej keuangan kamu dengan baik, jangan terlalu mencintai dunia yang fana ini. #eaaak.

20140423_130219_rupiah-menghitung
via www.tribunnews.com

Masa kejayaan anak kos kosan biasanya adalah pada awal – awal bulan, dimulai dari tanggal 3 hingga tanggal 10. Karena pada masa – masa ini anak kos kosan biasanya ditransferin duit dari kampung oleh orangtuanya.

Tapi masa kejayaan ini begitu cepat roboh, hal ini dikarenakan gaya hidup boros anak kos kosan. Gak salah sih boros, tapi akhirnya kan keder sendiri kalo udah memasuki pertengahan hingga akhir bulan, bisa puasa 7 hari 7 malem loh kalo gak ada temen yang mau ngutangin. Wkwk

BACA JUGA:  Kenali 4 Penyakit Yang Menyebabkan Kegagalan Mengelola Keuangan Bisnis

Supaya kejayaan kamu tetep awet hingga bulan berikutnya, menej dengan baik keuangan kamu. Sisihkan uang untuk jajan, untuk makan, untuk operasional sekolah atau kuliah, untuk beli buku dan untuk hangout. Setelah kamu tetapin diawal, jangan coba – coba mengambil uang yang udah kamu sisihkan untuk keperluan lainnya. Waah, bisa hancur deh strategi kamu.

Keuntungannya kalo kamu terapin jurus ini dengan baik dan konsisten, secara gak sadar kamu akan punya tabungan sendiri. Karena bisa jadi gak semua uang yang udah kamu sisihkan terpakai.

2. Stok bahan baku dapur sesaat setelah kamu terima uang transferan. Jangan langsung dihabisin makan di restoran mewah!

daftar-belanja
via penulispro.net

Kalo kamu gak pinter memenej keuangan, jurus ini bisa kamu pake supaya diakhir bulan hidup mu bisa terselamatkan tanpa hutang. Yaitu dengan cara stok bahan baku makanan.

Kalau kamu gak punya dapur itu bukan masalah, tapi usahakan kamu punya rice cooker ya, alias pemasak/pemanas nasi. Alat ini multi fungsi, selain masak nasi, alat ini juga bisa kamu gunakan untuk memasak sayur, merebus telur, bikin bubur hingga menggoreng. Gak percaya? Coba deh!

Nah, bahan apa aja yang harus di stok? Yang jelas bahan yang gak mudah busuk gan. Seperti beras, telur atau mie instan.

3. Tingkatkan kemampuan negosiasi. Bisa kamu pelajari lewat berorganisasi.

getty_rm_photo_of_business_lunch
Anak kosnya yg rambut gondrong nih.. via www.webmd.com

Kemampuan negosiasi emang bisa menyelamatkan kamu dari kelaparan loh gan. Ini udah terbukti. Dengan kemampuan kamu bernegosiasi, kamu bisa makan di warung makan tanpa bayar.

Caranya gimana? Ngutang adalah caranya. Hehe.

Gak semua warung bisa begitu aja ngasi kamu kebebasan untuk melakukan bon alias ngutang. Butuh kepercayaan dari si pemilik warung. Dan ini membutuhkan skill yang mumpuni dan jam terbang yang tinggi dalam hal negosiasi gan. haha

BACA JUGA:  7 Tips Memulai Bisnis Event Organizer Bagi Pemula Yang Penting Untuk Dibaca

Kelebihan lain kalo kamu jago dengan yang satu ini, kamu bisa mendapatkan pinjaman modal hidup dari siapapun yang kamu mau. TAPI, kalo udah minjem atau ngutang, jangan lupa dibalikin yaah. Kesatria sejati itu adalah mereka yang mau bayar hutang.

4. Menghemat pengeluaran, irit bukan berarti pelit.

tips-hemat-ala-anak-kost
via penulispro.net

Menghemat pengeluaran perlu kamu lakukan sejak dini, apalagi buat anak kos kosan yang kiriman bulannya Cuma cukup untuk makan setengah bulan. Haha

Kurangi kegiatan – kegiatan yang gak penting dan mengeluarkan modal. Kalau bisa ke sekolah naik sepeda, buat apa naik motor. Yang jelas dengan bersepeda badan kamu lebih sehat, kantong kamu tetap terawat.

Bagi anak kos kosan, makan itu untuk bertahan hidup, bukan hidup untuk makan. So, makanan juga perlu kamu perhatikan, bukan nilai gizinya loh ya, TAPI nilai ekonomisnya. Dan yang terpenting adalah kesehatan makanan itu sendiri. Kalo makan dengan lauk ayam itu terlalu mainstream, cobalah dengan anak si ayam saja alias telurnya. Selain lebih murah, kantong tetap aman kaan.

5. Mulailah berbisnis ala anak kos kosan, gak menggangu aktivitas utama tapi tetep bisa eksis diakhir bulan.

es-pot-makboy-e1442975234777
via www.balboamusicfestival.com

Udah gak zaman ngarepin duit orangtua doang untuk menopang kehidupan kamu selaku anak kos kosan. Ayolah kurangi beban mereka, paling tidak dengan kamu punya penghasilan walaupun sedikit, akan membuat senyum mereka makin lebar, karena melihat anaknya punya mental pejuang.

Bisnis anak kos kosan banyak kok yang bisa kamu kerjain, kamu bisa menjalankan salah satu dari sekian banyak modelbisnis anak kos kosan. Kamu gak perlu takut gagal, karena banyak model bisnis yang gak butuhin modal, cukup kemauan doang syaratnya.

BACA JUGA:  Tips Jualan Di Instagram Yang Berpotensi Menghasilkan Jutaan Rupiah

Coba deh kamu baca artikel peluang usaha sampingan anak kos kosan ini, mungkin bisa menginspirasi kamu untuk memulai usaha.

Kalo udah punya penghasilan sendiri, pasti kegantengan/kecantikan kamu lebih terjamin. Haha

Begitulah kira – kira jurus jitu penangkal kelaparan bagi si anak kos kosan. Simple tapi ternyata praktiknya gak segampang bacanya loh. Kalo punya ide lain yang bisa menyelamatkan nasib anak kos kosan diseluruh dunia, berbagi lewat komentar yaa.

Tags: